5 Pilihan Obat Sakit Telinga Alami yang Mudah Dicari


Beberapa pilihan obat sakit telinga alami yaitu kompres hangat, kompres dingin, jahe, bawang putih, dan permen karet. Sebaiknya Anda tidak memasukkan bahan apa pun ke dalam saluran telinga untuk mencegah infeksi semakin parah.

(0)
05 Dec 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu obat sakit telinga alami adalah dengan memberi kompres es batuKompres dingin maupun kompres hangat dapat dilakukan untuk mengurangi rasa sakit pada telinga
Rasa sakit di bagian telinga terkadang dapat sangat menyiksa dan membuat Anda cemas. Namun ternyata, beberapa kasus sakit telinga yang ringan bisa Anda atasi sendiri di rumah menggunakan bahan alami. Ada beberapa pilihan obat sakit telinga alami yang sangat mudah dicari. Apa saja?

5 Obat sakit telinga alami untuk redakan nyeri

Apa saja pilihan obat sakit telinga alami? Ini dia:

1. Kompres hangat 

Salah satu obat sakit telinga alami yang bisa dicoba di rumah adalah kompres hangat. Dalam meredakan sakit pada telinga, Anda bisa menggunakan handuk yang dibasahkan dengan air hangat maupun heating pad.  Kompres tersebut bisa ditempelkan ke telinga selama 20 menit dan juga disarankan ditempelkan di area leher. Pastikan air yang digunakan sebagai bahan kompres tidak terlalu panas. Kompres juga tidak boleh sampai terbawa tidur dan tidak boleh pula ditempelkan terlalu lama. 

2. Kompres dingin

Selain kompres hangat, banyak orang turut menggunakan kompres dingin berupa cold pack atau ice pack sebagai obat sakit telinga alami. Kompres dingin juga bisa dibuat sendiri dengan membalut es batu dengan handuk. Seperti menggunakan kompres hangat, kompres dingin bisa ditempelkan di area telinga selama 20 menit.Kompres hangat maupun kompres dingin bisa digunakan bergantian tiap 10 menit untuk meredakan sakit di telinga. Anda juga bisa memilih salah satu di antara dua kompres tersebut.

3. Jahe

Parutan jahe dapat menjadi obat sakit telinga alami
Oleskan air parutan jahe pada bagian luar telinga
Jahe sudah dikenal sejak dahulu sebagai rempah yang kaya khasiat. Penyedap ini pun berpotensi menjadi obat sakit telinga alami karena memiliki efek anti-peradangan. Untuk mencoba jahe dalam meredakan sakit telinga, Anda bisa menggunakan air parutan jahe dan dioleskan di bagian luar telinga. Jangan masukkan air parutan tersebut langsung ke dalam telinga karena dapat menimbulkan risiko yang tidak diinginkan. 

4. Bawang putih

Bawang putih juga sudah menjadi bahan yang sudah banyak digunakan dalam pengobatan tradisional. Bawang putih pun berpotensi menjadi obat sakit telinga alami karena memiliki efek meredakan luka dan bersifat sebagai antimikroba. Untuk memanfaatkan bahan ini, Anda bisa mengunyah satu siung bawang putih untuk membantu kurangi rasa nyeri di telinga.

5. Permen dan permen karet

Sakit telinga juga bisa dialami beberapa penumpang saat di pesawat terbang. Untuk meredakan rasa sakitnya, Anda bisa mengunyah permen karet. Pada beberapa kasus sakit telinga yang terjadi bukan saat terbang, Anda juga bisa mengisap permen untuk meredakan rasa sakitnya. 

Tips lain untuk meredakan sakit telinga

Atur posisi tidur agar tidak memberi tekanan pada telinga yang sakit
Usahakan tidur dengan posisi yang tidak menekan telinga yang sakit
Selain mencoba obat sakit telinga alami di atas, ada sejumlah tips lain yang bisa Anda terapkan agar nyeri bisa mereda. Beberapa tips untuk meredakan sakit telinga, yaitu:
  • Mengonsumsi pereda nyeri dengan kandungan yang dijual bebas, seperti paracetamol
  • Mencoba tidur menggunakan lebih banyak bantal agar posisi kepala bisa lebih tinggi
  • Berhati-hati agar posisi tidur tidak memberi tekanan pada telinga yang terasa sakit
  • Mencari distraksi, seperti menonton film. Strategi distraksi bisa Anda lakukan untuk meredakan sakit di telinga terutama pada anak-anak.
Apabila sakit telinga yang Anda rasakan berlangsung lebih dari 24-48 jam, Anda sangat disarankan untuk mendapatkan bantuan medis.

Apa penyebab telinga sakit?

Telinga sakit dapat disebabkan oleh beragam faktor, terutama infeksi. Infeksi dapat terjadi pada telinga bagian luar, tengah, hingga dalam. Selain infeksi, telinga sakit juga dapat disebabkan oleh perubahan tekanan, penumpukan kotoran telinga, benda asing yang masuk ke telinga, hingga infeksi di area lain seperti infeksi tenggorokan dan sinus.

Catatan dari SehatQ

Ada beberapa pilihan obat sakit telinga alami yang mudah dicari, termasuk kompres hangat dan dingin. Apabila sakit telinga berlangsung lebih dari 24-48 jam dan semakin parah, Anda sangat disarankan untuk segera menemui dokter. Jika masih memiliki pertanyaan terkait obat sakit telinga alami, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ bisa diunduh gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi kesehatan berkualitas.
kebersihan telingainfeksi telingaradang telingapenyakit telinga
Healthline. https://www.healthline.com/health/11-effective-earache-remedies
Diakses pada 21 November 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318057
Diakses pada 21 November 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/312634
Diakses pada 21 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait