Ini Obat Nyeri Sendi Ampuh yang Bisa Anda Dapatkan di Apotek


Nyeri sendi pasti sangat mengganggu dan membuat Anda tak nyaman. Cari tahu apa saja pilihan obat yang bekerja ampuh mengatasi nyeri sendi.

(0)
09 May 2019|Nina Hertiwi Putri
Aspirin dan ibuprofen dapat digunakan sebagai obat nyeri sendiNyeri sendi dapat diobati dengan mengonsumsi aspirin maupun ibuprofen
Nyeri sendi tentu dapat membuat Anda tidak nyaman dan mengganggu kegiatan sehari-hari. Kebanyakan orang memilih untuk pijat atau urut sebagai perawatan awal. Padahal, terdapat berbagai cara dan pilihan obat yang mudah ditemukan di apotek, yang dapat membantu Anda mengatasi sakit akibat nyeri sendi.Pilihan pengobatan biasanya bergantung dari lokasi sendi serta keparahan nyeri yang dirasakan. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengenali terlebih dahulu mengenai jenis-jenis nyeri sendi yang umum terjadi.

Jenis-jenis nyeri sendi

Sendi merupakan kaitan antar tulang yang befungsi untuk membantu Anda bergerak dengan bebas.Biasanya aktivitas berlebihan, seperti olahraga yang terlalu berat juga bisa membuat Anda mengalami nyeri sendi dan otot. Tak hanya itu, beberapa kondisi kesehatan juga bisa menyebabkan nyeri sendi, seperti:Pada nyeri yang disebabkan oleh dislokasi sendi, obat yang diberikan lebih berfungsi untuk membantu meredakan nyeri.Perawatan penunjangnya adalah rehabilitasi untuk mengembalikan posisi tulang ke tempat semula serta imobilisasi untuk mencegah pergeseran kembali.

Pilihan obat nyeri sendi di apotek

Ada berbagai jenis obat untuk nyeri sendi di apotek yang bisa Anda gunakan sesuai keparahan dan penyebabnya.Dokter umumnya menyarankan sejumlah obat pereda nyeri sedang hingga parah yang disertai dengan pembengkakan:Obat di atas merupakan obat pereda nyeri sekaligus anti-inflamasi (peradangan), yang dapat digunakan apabila rasa sakit yang Anda alami disebabkan oleh peradangan pada sendi (ostheoarthritis).Selain itu, dokter juga mungkin akan meresepkan Anda beberapa obat untuk nyeri sendi seperti:Obat pereda nyeri sendi di atas, seperti paracetamol, dapat Anda beli secara bebas di apotek tanpa menggunakan resep dokter.Selain obat minum, salep juga kerap dipakai sebagai salah satu cara mengatasi nyeri sendi. Anda dapat mengoleskan salep pereda nyeri yang mengandung bahan-bahan sebagai berikut:
  • Capcaisin
  • Menthol
  • Salicylate
  • Lidocaine
Jika memiliki riwayat menderita penyakit sistemik, seperti akilosis splindolitis dan rheumatoid arthritis, Anda mungkin perlu mengonsumsi obat nyeri yang dapat menyesuaikan cara kerja sistem imun tubuh.

Cara lain mengatasi nyeri sendi

Di samping pilihan obat dari dokter yang bisa dibeli di apotek, ada cara lain untuk Anda mengatasi nyeri sendi.Perawatan medis yang direkomendasikan sebagai cara mengatasi nyeri sendi adalah:

1. Terapi fisik

Terapi fisik dilakukan berdasarkan kondisi medis pasien.Terapi fisik untuk mengatasi nyeri sendi bertujuan menjaga fungsi sendi dan kemampuan pergerakan, meluruskan otot-otot yang mengelilingi sendi, dan membantu mengurasi rasa sakit dan kekakuan pada sendi.Dokter mungkin akan merekomendasikan penggunaan peralatan tertentu untuk berjalan, serta memperbaiki fungsi sendi.

2. Perawatan alternatif

Anda juga dapat melakukan olahraga seperti tai chi dan yoga, maupun perawatan alternatif seperti akupunktur, untuk mengurangi rasa nyeri sendi.Langkah-langkah tersebut umumya dilakukan sebagai perawatan pendamping dari pengobatan serta terapi fisik.

3. Operasi

Apabila nyeri sendi Anda alami sudah parah, operasi mungkin menjadi satu-satunya cara mengatasi yang ampuh.Operasi umumnya dilakukan apabila perawatan lainnya tidak berhasil meredakan nyeri sendi yang dirasakan.Meski obat nyeri sendi banyak yang dapat dibeli secara bebas di apotek, Anda tetap harus berhati-hati saat menggunakannya.Jangan menggunakan obat secara berlebihan untuk menghindari risiko efek samping yang mungkin terjadi.
cederacedera fisiknyeri sendipenahan nyeripereda nyeri
WebMD. https://www.webmd.com/pain-management/guide/joint-pain#1
Diakses pada 29 Maret 2019
Healhtline. https://www.healthline.com/symptom/joint-pain
Diakses pada 29 Maret 2019
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dislocation/diagnosis-treatment/drc-20354119
Diakses pada 29 Maret 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait