Ini Obat Nyeri Sendi yang Tepat untuk Bantu Kurangi Rasa Sakit

Untuk mengobati nyeri sendi, Anda bisa mengonsumsi aspirin maupun ibuprofen.
Aspirin dan ibuprofen dapat digunakan sebagai obat nyeri sendi.

Nyeri sendi tentu dapat membuat Anda tidak nyaman dan mengganggu kegiatan sehari-hari. Untuk mengatasi kondisi ini, umumnya orang memilih pijat atau urut sebagai perawatan awal. Padahal, terdapat berbagai obat nyeri sendi yang dapat membantu Anda meredakan rasa sakit.

Obat nyeri sendi dapat bergantung dari lokasi nyeri sendi yang dialami serta keparahan nyeri yang dirasakan. Karena itu, sebelum mengetahui obat nyeri sendi yang dapat Anda gunakan, ada baiknya Anda mengenali terlebih dahulu mengenai jenis-jenis nyeri sendi yang dapat terjadi.

Jenis-jenis Nyeri Sendi

Sendi merupakan kaitan antar tulang yang befungsi untuk membantu Anda bergerak dengan bebas. Berikut ini beberapa kondisi yang dapat menjadi penyebab nyeri sendi.

  • Dislokasi sendi
  • Ostheoarthritis
  • Rheumatoid arthritis
  • Tendinitis
  • Osteoporosis
  • Infeksi tulang
  • Kanker

Pada nyeri sendi yang disebabkan oleh dislokasi sendi, obat yang diberikan lebih berfungsi untuk membantu meredakan nyeri. Sementara itu untuk perawatannya, perlu dilakukan langkah lain seperti mengembalikan posisi tulang ke tempat semula, imobilisasi untuk mencegah pergeseran kembali, serta rehabilitasi.

Pilihan Obat Nyeri Sendi

Berbagai jenis obat nyeri sendi dapat Anda gunakan untuk meredakan kondisi ini, tergantung dari penyebabnya. Untuk nyeri sendi yang sedang hingga parah dan disertai dengan pembengkakan, Anda dapat mengonsumsi obat seperti:

Obat-obatan di atas juga dapat digunakan apabila nyeri sendi yang Anda alami disebabkan oleh peradangan pada sendi (ostheoarthritis). Selain itu, dokter juga mungkin akan meresepkan beberapa obat seperti:

  • Diklofenak
  • Celecoxib
  • Asetaminofen

Selain obat minum, obat nyeri sendi yang berbentuk salep juga dapat Anda gunakan untuk membantu mengurangi nyeri yang dirasakan. Anda dapat memakai salep yang mengandung bahan-bahan sebagai berikut:

  • Capcaisin
  • Menthol
  • Salicylate
  • Lidocaine

Jika memiliki riwayat menderita penyakit sistemik, seperti akilosis splindolitis dan rheumatoid arthritis, Anda mungkin perlu untuk mengonsumsi obat yang dapat menyesuaikan cara kerja sistem imun tubuh.

Penanganan Lain untuk Nyeri Sendi

Beberapa langkah perawatan lainnya juga dapat membantu Anda untuk mengatasi kondisi ini, berupa:

1. Terapi Fisik

Terapi fisik untuk mengatasi nyeri sendi bertujuan menjaga fungsi sendi dan kemampuan pergerakan, meluruskan otot-otot yang mengelilingi sendi, dan membantu mengurasi rasa sakit dan kekakuan pada sendi.

Terapi fisik dilakukan berdasarkan kondisi medis pasien. Dokter mungkin akan merekomendasikan penggunaan peralatan tertentu untuk berjalan, serta memperbaiki fungsi sendi.

2. Perawatan Alternatif

Anda juga dapat melakukan olahraga seperti tai chi dan yoga, maupun perawatan alternatif seperti akupuntur, untuk mengurangi rasa nyeri sendi. Langkah-langkah tersebut umumya dilakukan sebagai perawatan pendamping dari obat nyeri sendi serta terapi fisik.

3. Operasi

Apabila nyeri sendi yang Anda alami sudah parah, maka operasi mungkin menjadi salah satu jalan untuk mengatasinya. Operasi umumnya dilakukan apabila perawatan lainnya tidak berhasil meredakan nyeri sendi yang dirasakan.

Meski obat nyeri sendi banyak yang dapat dibeli secara bebas di apotek, Anda tetap harus berhati-hati saat menggunakannya. Jangan menggunakan obat tersebut secara berlebihan, untuk menghindari risiko efek samping yang mungkin terjadi.

WebMD. https://www.webmd.com/pain-management/guide/joint-pain#1
Diakses pada 29 Maret 2019

Healhtline. https://www.healthline.com/symptom/joint-pain
Diakses pada 29 Maret 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dislocation/diagnosis-treatment/drc-20354119
Diakses pada 29 Maret 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed