Pilihan Obat Mata Bengkak yang Tepat Sesuai Penyebabnya

Obat mata bengkak tidak bisa diberikan sembarangan, harus sesuai penyebab
Obat mata bengkak perlu disesuaikan dengan penyebabnya

Mata bengkak bisa disebabkan oleh berbagai kondisi, mulai dari infeksi, alergi, hingga karena terlalu banyak menangis. Sehingga, obat mata bengkak pun bisa berbeda-beda, tergantung penyebabnya.

Sebagai contoh, mata bengkak yang disebabkan oleh infeksi bakteri, mungkin membutuhkan antibiotik untuk bisa reda. Sementara itu, apabila mata bengkak disebabkan karena menangis, tentu Anda tidak memerlukan obat.

Obat mata bengkak sesuai penyebabnya

Mata bengkak karena bintitian perlu dikompres dengan air hangat
Pemilihan obat mata bengkak perlu disesuaikan dengan penyebabnya

Berikut ini, pilihan obat mata bengkak yang bisa Anda coba sesuai dengan penyebabnya.

1. Bintitan

Bintitan adalah salah satu penyebab mata bengkak yang paling umum. Kondisi ini bisa muncul akibat infeksi ringan di kelopak mata. Pada kondisi bintitan, benjolan yang muncul berisi nanah.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengompres area mata yang bintitan dengan kompres hangat. Anda juga sebaiknya tidak menggunakan riasan di area mata hingga bintitan benar-benar hilang. Bintitan biasanya akan sembuh dalam hitungan minggu.

2. Terlalu banyak menangis

Menangis berlebihan bisa menyebabkan pembuluh darah kecil di mata dan kelopaknya, menjadi rusak. Selain itu, saat kita menangis, cairan di sekitar mata akan berkurang drastis. Akibatnyasebagai respon biologis, tubuh akan mengalirkan lebih banyak darah ke area mata, sehingga membuatnya terlihat membengkak.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengompres mata dengan kompres dingin, mengangkat kepala, dan banyak minum air putih.

3. Alergi

Jika mata bengkak yang Anda alami juga disertai dengan rasa gatal, kemerahan, dan berair, bisa saja hal tersebut merupakan ciri-ciri alergi. Cara mengatasinya yang paling efektif adalah dengan menghindari alergen atau penyebab alergi tersebut.

Anda juga dapat mengonsumsi antihistamin sebagai obat mata bengkak akibat alergi. Obat tetes mata juga bisa digunakan untuk membantu mengurangi gatal dan melembapkan mata. Apabila gejala tidak kunjung reda meski telah diobati, segera hubungi dokter.

4. Konjungtivitis

Konjungtivitis bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, ataupun alergi yang kemudian akan memicu timbulnya peradangan di permukaan depan mata dan bagian dalam kelopak mata.

Kondisi ini biasanya juga ditandai dengan munculnya banyak kotoran di sudut serta bulu mata, atau yang biasa disebut dengan belek. Mata dengan konjungtivitis pun biasanya berair.

Obat mata bengkak yang disebabkan karena kondisi ini, tidak jauh berbeda dari kondisi lainnya. Anda perlu membersihkan kotoran yang ada di sekitar mata dengan kapas dan air hangat.

Selama dalam masa penyembuhan, sebaiknya jangan sentuh area mata maupun menggunakan make up atau lensa kontak terlebih dahulu. Selain itu, pastikan sarung bantal serta barang-barang yang mungkin akan menyentuh area mata Anda, dalam keadaan bersih.

Obat tetes mata untuk obat mata bengkak
Pilih obat tetes mata yang berbahan ringan

5. Karena penggunaan make up

Make up atau produk kecantikan lain yang masuk ke mata bisa menyebabkan terjadinya iritasi. Kondisi ini akan menyebabkan mata maupun jaringan di sekitarnya membengkak, merah, dan terasa sangat nyeri.

Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan obat tetes mata yang banyak dijual di apotek. Langkah ini dapat membantu meredakan nyeri dan membuat mata terasa lebih nyaman.

Perhatikan jenis tetes mata yang tepat untuk kondisi ini. Jangan gunakan obat tetes mata yang digunakan untuk mengatasi mata merah. Pilih obat tetes mata yang bisa bertindak sebagai air mata buatan. Obat tetes jenis ini, memiliki bahan ringan.

6. Kalazion

Kalazion adalah benjolan yang umumnya muncul di kelopak mata bagian tengah. Kondisi ini sebenarnya termasuk sebagai kista dan bisa berkembang menjadi benjolan yang keras.

Untuk mengurangi pembengkakan yang terjadi, Anda bisa mengompresnya dengan kompres hangat. Suhu hangat tersebut akan membantu mengeluarkan minyak-minyak yang menyumbat di kelopak mata.

Anda disarankan untuk mengompres mata sebanyak 4-5 kali sehari. Apabila benjolan tidak juga kempes, segera kunjungi dokter.

7. Selulitis orbita

Kondisi ini disebabkan oleh infeksi yang terjadi di lapisan jaringan yang dalam di kelopak mata. Selain bisa menyebar dengan cepat, selulitis orbita juga bisa menyebabkan rasa nyeri yang teramat sangat.

Berbeda dari kondisi mata bengkak lainnya, penderita selulitis orbita perlu segera mendapatkan penanganan darurat. Obat mata bengkak untuk mengatasi kondisi ini adalah antibiotik. Bahkan pada kondisi yang parah, antibiotik perlu diberikan melalui infus.

Tips untuk mencegah mata bengkak kembali muncul

Lensa kontak harus dijaga kebersihannya agar mata tidak bengkak
Jaga lensa kontak agar tetap bersih untuk mencegah mata bengkak

Memiliki mata bengkak memang menyebalkan. Namun, Anda bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini untuk mencegahnya.

• Lakukan tes alergi

Jika sering mengalami reaksi alergi seperti mata bengkak, maka Anda sebaiknya menjalani tes alergi. Dengan mengetahui bahan yang membuat Anda alergi, maka kedepannya Anda akan menjadi lebih mudah untuk menghindarinya.

• Pilih produk kecantikan yang berlabel hypoalergenic

Baik make up maupun sabun cuci muka, sebaiknya pilih yang memiliki label hypoalergenic untuk mencegah terjadinya alergi di mata. Anda juga disarankan untuk memilih produk tanpa parfum, untuk mencegah terjadinya iritasi.

• Pilih obat tetes mata yang tidak mengandung pengawet

Beberapa orang ada yang memiliki alergi terhadap bahan pengawet tertentu. Sehingga, sebagai langkah aman, sebaiknya Anda pilih yang tidak memiliki kandungan bahan ini di dalamnya.

• Selalu jaga kebersihan lensa kontak

Menjaga kebersihan lensa kontak sangatlah penting, agar Anda bisa terhindar dari infeksi serta iritasi pada mata. Anda juga disarankan untuk rutin mengganti lensa kontak serta wadahnya.

Setelah mengetahui cara mengatasi dan mencegah mata bengkak, Anda diharapkan bisa lebih waspada dalam menghadapi kondisi ini. Jangan menggunakan obat mata bengkak sembarangan, termasuk yang alami. Sebab meski alami, risiko munculnya alergi tetap ada. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mengonsultasikan kondisi mata bengkak ke dokter.

Healthline. https://www.healthline.com/health/swollen-eyelid-treatment
Diakses pada 20 Januari 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318219.php
Diakses pada 20 Januari 2020

All About Vision. https://www.allaboutvision.com/conditions/swollen-eyelids.htm
Diakses pada 20 Januari 2020

Artikel Terkait