7 Pilihan Obat Herbal Prostat sebagai Pengobatan Penunjang


Penggunaan obat herbal prostat umumnya hanya bersifat sebagai penunjang. Pengobatan prostat yang utama harus tetap dengan obat-obatan medis dan tindakan operasi.

(0)
13 Mar 2021|Rhandy Verizarie
obat herbal prostat alamiObat herbal prostat menurut penelitian terbukti ampuh mengatasi masalah pada kelenjar penghasil air mani tersebut
Sejumlah bahan alami dipercaya dapat menjadi tanaman obat herbal prostat yang cukup efektif guna mengatasi permasalahan pada organ reproduksi pria tersebut? Apa saja bahan-bahan alami yang dimaksud dan benarkah terbukti ampuh? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Pilihan obat herbal untuk prostat 

Banyak pria dengan penyakit prostat memilih pengobatan tradisional untuk mengatasi gangguan medis yang tengah dideritanya tersebut. Salah satu cara mengobati prostat tersebut adalah dengan mengonsumsi sejumlah bahan-bahan herbal.Kendati demikian, penggunaan obat herbal untuk prostat tersebut tetap tidak bisa menggantikan peran obat prostat dari dokter ataupun tindakan medis, seperti operasi prostat (prostatektomi). Berikut ini adalah macam-macam obat prostat herbal yang dapat digunakan:

1. Biji labu

Bahan alami pertama yang diklaim dapat menjadi obat prostat alami adalah biji labu. Hal ini karena kandungan zat beta-sitosterol yang terkandung dalam biji labu. Zat ini memiliki elemen yang mirip dengan kolesterol dan terdapat di sejumlah jenis tanaman.Menurut studi tahun 2013, beta-sitosterol dapat memperlancar aliran urine dan membantu mengosongkan kandung kemih. Seperti yang diketahui, masalah prostat, seperti pembesaran prostat jinak, menyebabkan aliran urine tidak lancar dan kandung kemih yang tidak bisa kosong sepenuhnya.Itu sebabnya, biji labu ini diklaim mampu menjadi salah satu bahan alami untuk mengatasi gangguan prostat. Meski demikian, penelitian lain menyebutkan bahwa tidak ada efek demikian pada herbal yang satu ini.Kegunaan biji labu sebagai obat prostat herbal masih diperdebatkan dan perlu dikaji lebih lanjut.

2. Teh hijau

Kanker prostat menjadi salah satu gangguan yang juga rentan terjadi. Penyakit kanker prostat tentu harus segera ditangani karena jika tidak, akibatnya bisa fatal.Sebuah penelitian tahun 2019 mengungkapkan bahwa daun teh hijau merupakan salah satu tanaman yang bisa dijadikan obat prostat alami. Pasalnya, pada teh hijau terkandung polifenol, yakni senyawa antioksidan.Polifenol sendiri diketahui dapat berperan sebagai zat antikanker yang dapat membantu melawan pertumbuhan sel-sel kanker pada prostat.

3. Tomat

Tomat diklaim dapat menjadi obat herbal prostat karena kandungan likopen di dalamnya. Likopen sendiri merupakan zat yang memberi warna merah pada buah yang memiliki nama ilmiah Solanum lycopersicum tersebut.Berdasarkan penelitian, likopen terbukti dapat menghambat pembengkakan prostat pada kasus pembesaran prostat jinak.Selain tomat, tanaman lainnya yang mengandung likopen, yang berpotensi menjadi obat alami prostat adalah:
  • Pepaya
  • Semangka
  • Wortel
  • Jambu 
  • Kubis merah

4. Jahe

Potensi jahe sebagai tanaman obat prostat tradisional terungkap dalam sebuah studi yang dirilis oleh British Journal of Nutrition pada tahun 2011.Dalam studi tersebut, disebutkan bahwa jahe memiliki sifat antioksidan sehingga mampu menghancurkan sel-sel kanker pada kelenjar prostat.

5. Kunyit

Selain jahe, bahan alami lainnya yang dapat dijadikan obat herbal untuk prostat bermasalah adalah kunyit. Menurut sejumlah peneliti, kurkumin yang ada di dalam kunyit memiliki potensi untuk membantu mencegah ataupun mengatasi penyakit prostat, khususnya kanker prostatSenyawa ini bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan sel-sel kanker di dalam prostat.

6. Buah delima

Tidak hanya rasanya yang enak, buah delima ternyata juga memiliki manfaat yang cukup besar bagi kesehatan tubuh, salah satunya sebagai obat herbal prostat.Menurut sejumlah penelitian, kandungan zat antioksidan pada buah delima diketahui dapat memperlambat proses perkembangan kanker prostat.Orang dengan kanker prostat umumnya memiliki kadar PSA yang tinggi pula. Hal tersebut dapat menandakan perkembangan sel kanker di dalam prostat yang cepat. Nah, buah delima dengan kandungan antioksidannya diklaim mampu menghambat peningkatan PSA.Akan tetapi, bukti ilmiah ini masih menjadi perdebatan karena ada studi lainnya yang tidak berhasil membuktikan hal serupa. 

7. Daun sirsak

Salah satu manfaat daun sirsak yang diamini banyak orang adalah untuk penyembuhan kanker, salah satunya kanker prostat. Penelitian menyebutkan bahwa daun sirsak lebih ampuh untuk menghambat perkembangan sel kanker daripada pengobatan herbal potensial lainnya.Keampuhan obat herbal prostat di atas memang telah didukung oleh sejumlah bukti ilmiah. Namun, bukti ilmiah yang ada juga masih perlu dianalisis lebih jauh guna menguatkan kebenarannya.Oleh sebab itu, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan obat prostat tradisional. Selain itu, tetap lakukan pengobatan secara medis untuk mengatasi penyakit prostat yang diderita.

Cara mengatasi sakit prostat selain dengan obat herbal

Selain dengan obat herbal, mengatasi prostat yang bermasalah tanpa operasi juga bisa dengan melakukan perubahan gaya hidup, seperti tidak minum terlalu banyak di malam hari, mengurangi konsumsi minuman beralkohol dan kafein, hingga rajin berolahraga.Beberapa orang bahkan memilih metode pijat prostat guna mengatasi masalah pada kelenjar tersebut. Akan tetapi, metode ini belum didukung oleh bukti ilmiah yang cukup sehingga efektivitasnya masih dipertanyakan.Jika memang penyakit pada prostat sudah berat, Anda mungkin akan memerlukan tindakan medis berupa operasi prostat (prostatektomi) untuk mengatasinya.Jangan tunda untuk segera memeriksakan diri ke dokter apabila Anda mengalami gejala gangguan prostat seperti sering buang air kecil di malam hari, nyeri saat buang air kecil, dan buang air kecil tidak pernah tuntas.Tanyakan segala keluhan pada prostat yang Anda rasakan beserta cara mengatasinya, termasuk penggunaan obat herbal prostat, melalui fitur chat dokter di aplikasi SehatQ. Download sekarang juga di App Store dan Google Play.
kesehatan organ intimprostatmasalah reproduksikesehatan priareproduksi pria
British Journal of Nutrition. https://www.cambridge.org/core/journals/british-journal-of-nutrition/article/benefits-of-whole-ginger-extract-in-prostate-cancer/ACBBC9D7C1F9C24D531B8E833E68284A Diakses pada 1 Maret 2021Current Opinion in Urology. https://doi.org/10.1097/MOU.0b013e32835abd05 Diakses pada 1 Maret 2021Healthline. https://www.healthline.com/health/prostate-cancer/turmeric-and-prostate-cancer#TOC_TITLE_HDR_1 Diakses pada 1 Maret 2021Journal of Molecules. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6337309/ Diakses pada 1 Maret 2021Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/prostate-cancer/expert-answers/pomegranate-juice/faq-20058204 Diakses pada 1 Maret 2021Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321231 Diakses pada 1 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait