Pilihan Obat Bibir Bintik-Bintik dan Gatal Berdasarkan Penyebabnya

(0)
21 Oct 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Pemberian obat bibir bintik-bintik dan gatal disesuaikan dengan penyebabnyaSalah satu penyebab bibir bintik-bintik dan gatal adalah alergi
Kondisi bibir bintik-bintik dan gatal dapat mengganggu kenyamanan penderitanya. Beberapa penyebabnya mungkin tidak terlalu serius dan dapat sembuh sendiri dengan perawatan sederhana.Akan tetapi, tidak jarang bibir bintik-bintik juga terasa menyakitkan sehingga harus segera ditangani agar tidak bertambah parah. Saat itulah Anda mungkin harus berkonsultasi dengan dokter dan mengonsumsi obat bibir bintik-bintik dan gatal.

Penyebab bibir bintik-bintik dan gatal

Ada banyak penyebab bibir mengalami bintik-bintik dan gatal, misalnya infeksi, reaksi alergi, dan cedera bibir. Untuk menentukan penyebab pasti dan pemberian obat bibir bintik bintik dan gatal secara tepat, maka harus dilakukan pemeriksaan gejala yang muncul, seperti:
  • Ukuran bintik
  • Tampilan atau kondisi bintik
  • Gejala lainnya yang dirasakan.
Berikut adalah sejumlah kemungkinan kondisi yang bisa menyebabkan bibir bintik-bintik dan gatal.

1. Virus herpes simplex (HSV)

Infeksi virus herpes simplex dapat menyebabkan lepuhan di bibir dan sekitar mulut. Lepuhan tersebut berisi cairan kecil yang bisa terasa nyeri dan gatal.Infeksi ini dapat menular apabila terjadi kontak langsung dengan luka penderitanya. Biasanya luka herpes akan hilang dengan sendirinya dalam satu minggu.Obat untuk bibir bintik-bintik dan gatal karena virus adalah dengan pemberian obat antivirus. Selain itu, penderita herpes simplex juga harus mencukupi kebutuhan nutrisi dan istirahat cukup untuk memperkuat sistem imun tubuh.

2. Cheilitis kontak alergi

Cheilitis kontak alergi adalah reaksi alergi yang muncul ketika melakukan kontak dengan alergen (pemicu alergi). Ada banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan kontak alergi, seperti:
  • Makanan (seafood, kacang tanah, telur, dan sebagainya)
  • Bulu hewan peliharaan
  • Produk kosmetik (kandungan pada lipstik atau bedak)
  • Cuaca
  • Produk kimia.
Bibir bintik bintik dan gatal karena alergi biasanya muncul secara mendadak dan dapat hilang dengan sendirinya. Namun, apabila kondisi tidak membaik dalam 24 jam, sebaiknya hubungi dokter supaya diberikan obat bibir bintik-bintik dan gatal.Penting bagi seseorang yang memiliki alergi untuk selalu menghindari kontak dengan alergen agar alergi tidak kambuh lagi.

3. Dermatitis perioral

Dermatitis perioral adalah bintik-bintik kecil pada bibir yang dapat menyerupai jerawat atau rosacea. Gejalanya terlihat seperti ruam kecil kemerahan yang bergelombang di sekitar mulut dan dagu. Penyebab dari penyakit ini belum dapat dipastikan.Masih banyak gangguan kesehatan lain yang dapat menjadi penyebab dari bibir bintik-bintik dan gatal. Apabila kondisi bibir sangat mengganggu dan mengkhawatirkan, sebaiknya segera periksakan diri Anda dokter.

Obat bibir bintik-bintik dan gatal

Kondisi bibir bintik-bintik dan gatal biasanya dapat sembuh dengan perawatan sederhana dan alami, seperti:
  • Hindari menyentuh, mencubit, atau menggosok bintik di bibir karena dapat memperparah iritasi.
  • Selalu menjaga kebersihan wajah dan mulut dengan baik.
  • Memilih produk pelembap bibir dari bahan alami yang bebas alergen.
  • Gunakan hanya air hangat untuk mencuci wajah hingga benjolan hilang, gunakan sabun pembersih setelahnya.
  • Keringkan wajah dengan menepuk-nepuk perlahan, jangan menggosoknya.
  • Cukupi kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi makanan sehat dan seimbang.
  • Minum banyak air setiap hari dan istirahat yang cukup.
Apabila kondisi tidak membaik setelah melakukan perawatan di atas, segera hubungi dokter agar diresepkan obat bibir bintik-bintik dan gatal secara tepat.Namun, jika bibir bintik-bintik dan gatal disebabkan oleh suatu penyakit atau kondisi, pemberian obat bintik-bintik dan gatal dapat diberikan sesuai dengan penyebabnya. Berikut adalah sejumlah pilihan obat yang bisa Anda ambil.
  • Jika disebabkan penyakit infeksi, maka dokter dapat meresepkan antibiotik untuk infeksi bakteri, obat antijamur untuk infeksi jamur, dan obat antivirus untuk infeksi virus.
  • Jika penyebab bintik-bintik dan gatal pada bibir dikarenakan alergi, maka dokter mungkin meresepkan obat antihistamin.
  • Untuk kasus herpes, obat bibir bintik-bintik dan gatal bisa berupa pemberian krim untuk meredakan rasa sakit dan iritasi serta obat antivirus.
  • Untuk obat bibir bintik-bintik dan gatal karena dermatitis perioral, dokter mungkin meresepkan antibiotik oral atau topikal jika kondisinya parah, misalnya tetrasiklin, doksisiklin, minosiklin, atau eritromisin.
Obat bibir bintik-bintik dan gatal yang diberikan kemungkinan akan berbeda jika kondisi dipicu oleh penyakit-penyakit lainnya.Jika Anda ingin tahu lebih banyak seputar obat bibir bintik-bintik dan gatal, Anda bisa tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
alergieksimherpes simplex tipe 1
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322995
Diakses 7 Oktober 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323502
Diakses 7 Oktober 2020
Heathline. https://www.healthline.com/health/itchy-lips
Diakses 7 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait