Nutrisi untuk kulit sehat penting untuk menjaga kesehatan kulit
Menjaga kesehatan kulit dapat dilakukan dengan mengonsumsi nutrisi untuk kulit sehat

Untuk menjaga kulit agar tetap sehat, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan. Mulai dari mengatur pola makan, olahraga secara rutin, hingga menerapkan kebiasaan sehat lainnya ( seperti, tidak merokok dan membatasi atau menghindari konsumsi alkohol).

Pola makan menjadi salah satu hal paling penting yang perlu Anda perhatikan karena apa pun yang Anda konsumsi akan memberikan pengaruh pada kesehatan kulit. Demi menjaga kesehatan kulit, berikut beberapa nutrisi untuk kulit sehat yang direkomendasikan.

1. Air

Minum air putih adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kulit tetap bugar. Air putih membuat kulit Anda lembap serta membuat garis-garis halus dan kerutan tersamarkan.

Selain itu, meminum air putih secara cukup juga membantu sel-sel Anda menyerap nutrisi dan menyingkirkan racun dari dalam tubuh. Hal tersebut juga membantu menjaga kulit Anda tetap cerah. Minumlah delapan gelas air putih setiap hari.

2. Vitamin A

Vitamin A bermanfaat untuk memperbaiki kulit dari kerusakan. Beberapa contoh sumber dari nutrisi untuk kulit sehat ini meliputi jeruk, wortel, melon, minyak hati ikan kod, brokoli, bayam, telur, dan susu skim yang difortifikasi.

Anda juga dapat menemukannya di sayuran hijau, buah-buahan berwarna oranye dan kuning, serta melalui makanan rendah lemak lainnya. Ketika Anda mengonsumsi produk kulit dengan kandungan vitamin A, keriput, dan bintik-bintik coklat pada kulit Anda mungkin terlihat lebih baik.

3. Vitamin C

Vitamin C dapat membantu melindungi kesehatan kulit Anda dari sinar ultraviolet. Makanan dengan kandungan vitamin C juga membantu memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari berkat khasiat kolagen dan elastin, yang dapat menguatkan kulit Anda. Dapatkan vitamin C dari paprika merah, buah jeruk, pepaya, kiwi, brokoli, dan sayuran hijau.

4. Vitamin E

Antioksidan lainnya yang dapat membantu menyelamatkan kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari dan peradangan adalah vitamin E. Dapatkan khasiat vitamin E dari minyak nabati, kacang-kacangan, biji-bijian, zaitun, bayam, asparagus, dan sayuran hijau.

5. Lemak Sehat

Omega 3 dan omega 6 adalah lemak baik yang membantu membuat penghalang minyak alami kulit dan menjaga kulit Anda dari kekeringan. Asam lemak esensial ini dapat membuat kulit Anda terasa lebih halus dan tampak lebih muda.

Anda bisa mendapatkan kandungan omega 3 dan omega 6 dari beragam bahan makanan. Misalnya, minyak zaitun, biji rami, walnut, dan ikan air dingin (seperti, salmon, sarden, dan makarel).

6. Antioksidan

Antioksidan penting untuk memperlambat dan mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Anda dapat mendapatkan antioksidan di semua jenis makanan, terutama buah-buahan dan sayuran berwarna. Contohnya, buah beri, tomat, aprikot, bit, labu, bayam, ubi jalar, paprika, dan kacang-kacangan.

7. CoQ10

Tubuh Anda menghasilkan antioksidan kunci yang disebut koenzim Q10. Namun seiring bertambahnya usia, tubuh Anda mengurangi jumlah produksi zat ini. Padahal, CoQ10 terlibat dalam proses menghasilkan energi dan membantu sel-sel Anda bekerja.

Anda dapat menemukan CoQ10 dalam ikan (misalnya, salmon dan tuna), unggas, daging organ (seperti hati), dan biji-bijian. Jika Anda menggunakan produk suplemen kulit yang memiliki CoQ10, hal tersebut dapat membantu melembutkan kerutan dan tanda penuaan lainnya.

8. Selenium

Mineral ini dapat membantu melindungi kulit Anda dari sel-sel yang mengumpulkan radikal bebas. Radikal bebas menyebabkan tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan kulit kering, kerusakan jaringan, dan mungkin beberapa penyakit. Selenium juga dapat membantu dalam mencegah kanker kulit.

Anda bisa mendapatkan kandungan mineral ini dari kacang Brasil, jamur kancing, udang, domba, dan ikan (seperti, kakap, kod, halibut, tuna, serta salmon). TIdak hanya itu, daging sapi yang dimasak, kalkun ringan, tiram, sarden, kepiting, dan pasta gandum juga memiliki selenium.

9. Minyak Zaitun

Beberapa minyak memiliki kandungan lebih dari sekedar asam lemak esensial. Salah satu minyak yang berkualitas baik adalah minyak zaitun extra-virgin. Minyak zaitun memiliki lebih banyak nutrisi yang baik untuk kulit Anda. Jenis minyak esensial ini juga membantu melumasi kulit Anda dan membuatnya tetap terlihat dan terasa sehat

WebMD. https://www.webmd.com/beauty/features/skin-nutrition

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/12-foods-for-healthy-skin
Diakses pada Oktober 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed