Pilihan Masker Rambut untuk Rambut Kering Demi Kembalikan Kelembapannya

(0)
24 Aug 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Masker rambut untuk rambut kering dapat menggunakan minyak kelapa yang kaya akan protein dan bersifat melembapkanMinyak kelapa cocok digunakan sebagai masker untuk rambut kering
Rambut kering menjadi kondisi yang bikin sebal karena susah diatur. Biasanya, rambut kering dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari, kelembapan udara, atau faktor kebiasaan seperti penggunaan alat catokan maupun pengering rambut. Beruntung, rambut kering bisa diatasi dengan beberapa cara mudah di rumah, termasuk dengan masker alami dari bahan yang mudah dicari. Apa saja pilihan masker rambut untuk rambut kering?

5 Masker rambut untuk rambut kering untuk kembalikan kelembapannya 

Dengan bahan yang tak sulit dicari, masker rambut untuk rambut kering ini bisa Anda buat di rumah:

1. Minyak almond

Minyak almond telah banyak dikenal bermanfaat untuk merawat tubuh, termasuk untuk rambut. Minyak dari kacang almond ini memiliki efek melembapkan sehingga cocok untuk dijadikan masker rambut untuk rambut kering. Minyak almond juga disebutkan kaya dengan kandungan yang memiliki efek emolien dan anti-peradangan. Sifat antiradang tersebut diyakini bermanfaat untuk menangani masalah lain seperti ketombe, eksim, dan psoriasis.Minyak almond bisa digunakan langsung untuk atasi rambut kering. Anda juga bisa mencampurkannya bersama bahan lain, seperti minyak kelapa dan buah alpukat. Campurkan minyak kelapa dan minyak almond dengan perbandingan 2:1, lalu tambahkan pasta alpukat. Oleskan campuran tersebut ke rambut yang kering dan diamkan selama 40 menit sebelum akhirnya dibilas.

2. Minyak jojoba

Minyak jojoba bisa diaplikasikan sebagai masker untuk rambut kering
Mengoleskan minyak jojoba sebagai masker dapat membantu melembapkan rambut kering
Minyak jojoba juga menjadi minyak yang memiliki popularitas untuk melembapkan rambut yang kering. Anda bisa mengaplikasikan langsung minyak jojoba yang sudah dihangatkan sebanyak 1 sendok makan untuk rambut pendek dan 2 sendok makan untuk rambut panjang. Oleskan minyak secara merata dari pangkal hingga ujung rambut dan diamkan selama 20 menit. Kemudian, lanjutkan ritual merawat rambut Anda dengan sampo dan kondisioner.

3. Minyak kelapa

Dalam membuat masker rambut untuk rambut kering, maka minyak kelapa juga menjadi bahan yang patut untuk Anda coba di rumah. Minyak kelapa disebutkan kaya dengan protein dan berpotensi untuk melembapkan rambut dan menguatkannya. Sifat anti-peradangan minyak kelapa juga membantu mengatasi ketombe.Untuk dijadikan masker rambut, Anda bisa menggunakan 2 sendok makan minyak kelapa yang sudah dihangatkan. Aplikasikan minyak kelapa ke rambut yang lembap secara merata atau dioleskan per bagian rambut. Tutup rambut menggunakan shower cap dan diamkan selama 1-2 jam. Terakhir, bilas dengan air hangat dan lanjutkan dengan penggunaan sampo dan kondisioner.  

4. Pisang

Pasta pisang atau pisang yang telah dilumatkan juga bisa digunakan untuk mengatasi rambut kering karena mengandung silika yang diyakini mengembalikan kolagen rambut dan menguatkannya. Semakin kuat rambut, semakin kecil pula risiko rambut kering. Untuk membuat masker rambut kering, Anda bisa menggunakan campuran 1-2 buah pisang dan 1 sendok makan minyak kelapa. Oleskan campuran kedua bahan tersebut ke rambut,  terutama bagian kulit kepala. Tutup rambut dengan shower cap dan diamkan 10-15 menit. Terakhir, bilas hingga bersih menggunakan air hangat. 

5. Madu dengan minyak zaitun

Madu memang menjadi bahan yang banyak manfaat, termasuk bersifat sebagai emolien dan humektan yang dapat menambahkan kelembapan, menghaluskan folikel rambut, serta memberikan kilau pada rambut. Madu juga sering dicampurkan dengan bahan-bahan lain dalam membuat masker rambut karena dapat mengikat bahan-bahan yang Anda gunakan.Salah satu bahan yang bisa digunakan untuk membuat masker rambut dari madu adalah minyak zaitun. Berikut ini langkah membuat masker madu dengan minyak zaitun:
  • Siapkan ½ cangkir madu dan ¼ cangkir minyak zaitun, campurkan kedua bahan hingga merata.
  • Hangatkan campuran di atas, misalnya dengan menggunakan microwave. Setelah hangat, aduk kembali campuran madu dan minyak zaitun hingga sedikit mendingin.
  • Aplikasikan campuran masker ke rambut yang lembap. Mulailah dari kulit kepala hingga turun ke ujung rambut.
  • Tutup rambut dengan shower cap dan diamkan masker selama 30 menit.
  • Bilas dengan air dan lanjutkan dengan penggunaan sampo.

Cara lain untuk mengatasi rambut kering

Selain dengan membuat masker dari bahan alami, rambut kering juga perlu diatasi dengan cara berikut ini:
  • Kurangi keramas menjadi sekali saja setiap dua hari
  • Gunakan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut Anda
  • Dalam mengeringkan rambut, Anda cukup mengangin-anginkannya atau balut dengan handuk. Hindari menggosok rambut menggunakan handuk karena menyebabkan rambut kusut dan rusak.
  • Gunakan sisir pada rambut basah, bukan sikat (hair brush)
  • Hindari penggunaan alat pengeriting rambut, catok pelurus rambut, dan pengering rambut lebih dari sekali dalam satu hari
  • Kurangi frekuensi menyisir rambut setiap hari

Catatan dari SehatQ

Masker rambut untuk rambut kering bisa dibuat menggunakan banyak bahan yang ada di rumah, seperti pisang, madu, dan minyak kelapa. Selain menggunakan masker, Anda juga perlu menerapkan cara lain untuk mengatasi rambut kering, seperti mengurangi frekuensi keramas dan senantiasa menggunakan kondisioner.
kesehatan kulit kepalakesehatan rambutmadurambut kering
Healthline. https://www.healthline.com/health/honey-hair-mask
Diakses pada 10 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/hair-mask-for-dry-hair
Diakses pada 10 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/banana-hair-mask
Diakses pada 10 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/almond-oil-for-hair
Diakses pada 10 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/jojoba-oil-for-hair
Diakses pada 10 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/coconut-oil-hair-mask
Diakses pada 10 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/honey-for-hair
Diakses pada 10 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait