9 Pilihan Makanan untuk Darah Tinggi yang Aman Dikonsumsi


Saat memiliki tekanan darah tinggi, pilihan makanan pun jadi terbatas. Namun ada beberapa jenis makanan sehat dan enak yang tetap bisa dikonsumsi seperti ikan hingga greek yogurt.

(0)
06 Mar 2021|Azelia Trifiana
Daftar makanan yang baik untuk penderita darah tinggiDaftar makanan yang baik untuk penderita darah tinggi
Sangat benar bahwa orang yang mengalami hipertensi sebaiknya memilah apa yang dikonsumsi. Namun, bukan berarti tidak banyak pilihan makanan untuk darah tinggi. Ada banyak pilihan mulai dari salmon hingga sayuran yang aman dikonsumsi.Bonusnya, kadar tekanan darah pun bisa menurun. Ini merupakan kabar baik karena turut mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

Makanan untuk darah tinggi

Memiliki tekanan darah tinggi terkadang membuat penderitanya perlu memutar otak sebelum sembarangan mengonsumsi makanan. Ada baiknya membatasi asupan sodium. Namun, diet yang salah juga bisa menyebabkan tubuh justru kekurangan sodium.Sebagai rekomendasi, berikut ini beberapa makanan untuk darah tinggi yang aman dikonsumsi:

1. Ikan

Protein dari ikan tinggi lemak omega-3 seperti ikan salmon sangat baik untuk kesehatan jantung. Lemak semacam ini dapat menurunkan tekanan darah dengan cara mengurangi peradangan. Di saat yang sama, lemak omega-3 juga menekan zat yang bisa menyumbat pembuluh darah yaitu oxyipin.Dalam studi terhadap 2.036 partisipan pada pertengahan tahun 2018 lalu, orang yang mengonsumsi lemak omega-3 memiliki kadar tekanan darah sistolik dan diastolik lebih rendah. Tak hanya itu, konsumsi omega-3 juga menurunkan risiko hipertensi.

2. Lentil

lentil
Sup lentil
Lentil dan kacang-kacangan lain mengandung nutrisi yang bisa membantu mengendalikan tekanan darah. Sebut saja serat, magnesium, dan juga potasium. Hal ini juga dibuktikan lewat beragam penelitian bahwa mengonsumsi lentil secara berkala dapat menurunkan tekanan darah.

3. Buah citrus

Buah-buahan citrus seperti jeruk, lemon, dan juga grapefruit memiliki khasiat menurunkan tekanan darah yang cukup signifikan. Di dalamnya terkandung vitamin, mineral, dan zat yang dapat menjaga kesehatan jantung.Terbukti lewat penelitian selama 5 bulan terhadap 101 perempuan asal Jepang yang mengonsumsi jus lemon setiap harinya, kadar tekanan darah sistoliknya menurun signifikan. Diduga kuat, ini terjadi berkat kandungan asam sitrat dan flavonoid di dalam lemon.

4. Berries

blueberry
Blueberry
Buah-buahan berries seperti blueberry, raspberry, dan stroberi juga berpotensi menurunkan tekanan darah. Alasannya karena buah-buahan dengan warna gelap ini mengandung antioksidan seperti anthocyanin yang dapat meningkatkan level oksida nitrat dalam darah.Di saat bersamaan, kandungan dalam buah-buahan ini juga mengurangi produksi molekul yang dapat menyumbat pembuluh darah. Meski demikian, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikan potensi-potensi ini.

5. Wortel

Sayuran berwarna oranye ini juga bisa menjadi pilihan makanan untuk darah tinggi. Di dalamnya terdapat chlorogenic, p-coumaric, dan juga asam kafeat yang membantu pembuluh darah lebih rileks.Tak hanya itu, kandungan yang termasuk phenolic ini juga bisa menurunkan tekanan darah. Jika ingin mendapatkan khasiat paling utama dari wortel, sangat disarankan mengonsumsinya dalam kondisi mentah.

6. Tomat

tomat
Tomat segar
Nutrisi utama dalam tomat adalah potasium dan pigmen karoten yaitu lycopene. Kandungan ini dapat menurunkan tekanan darah sehingga risiko mengalami penyakit jantung pun berkurang. Jadi, tak ada salahnya mengonsumsi tomat sehari-hari bagi yang memiliki keluhan hipertensi.

7. Brokoli dan bayam

Si hijau yang termasuk dalam sayuran paling sehat ini sangat kaya akan antioksidan berupa flavonoid. Kandungan ini dapat menurunkan tekanan darah dengan cara mengoptimalkan fungsi pembuluh darah serta meningkatkan level oksida nitrat dalam tubuh.Menurut sebuah studi terhadap 187.453 partisipan, mereka yang mengonsumsi brokoli lebih dari 4 kali setiap minggunya berisiko lebih rendah mengalami hipertensi. Hasil ini diperoleh berdasarkan perbandingan dengan konsumsi brokoli satu bulan sekali.Bukan hanya brokoli, bayam juga mengandung antioksidan, potasium, kalsium, dan juga magnesium. Mengonsumsi bayam juga dapat mengurangi pembuluh darah yang kaku sehingga baik untuk kesehatan jantung.

8. Greek yogurt

Siapa bilang orang dengan hipertensi tak bisa menikmati produk olahan susu? Di dalam Greek yogurt terdapat mineral seperti potasium dan kalsium yang membantu mengendalikan tekanan darah.Lebih jauh lagi, mengonsumsi 3 produk olahan susu setiap harinya dapat menurunkan risiko hipertensi hingga 13%. Tak hanya itu, menambah konsumsi yogurt sebanyak 200 gram setiap harinya juga menurunkan risiko hipertensi sebanyak 5%.

9. Chia seed dan flax seed

Superfood berupa chia seed dan flax seed juga sangat disarankan bagi orang yang sedang mengalami darah tinggi. Sebab, di dalamnya terdapat nutrisi yang penting untuk mengendalikan tekanan darah. Sebut saja potasium, magnesium, dan juga serat.Hasil ini umumnya diperoleh setelah konsumsi biji-bijian bernutrisi ini rutin selama lebih dari 12 pekan.Tentunya mengonsumsi beberapa pilihan makanan untuk darah tinggi di atas juga harus disertai dengan gaya hidup sehat. Contohnya seperti aktif bergerak serta menjaga siklus tidur.

Bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, mengonsumsi makanan-makanan di atas bisa menjadi pilihan yang aman.Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang risiko tekanan darah tinggi terhadap masalah jantung, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehathidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods-high-blood-pressure#4.-Pumpkin-seeds
Diakses pada 21 Februari 2021
AHA Journals. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5350612/
Diakses pada 21 Februari 2021
Journal of Hypertension. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6085127/
Diakses pada 21 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait