Mengonsumsi ubi dapat meningkatkan kadar vitamin A yang sangat dibutuhkan ibu hamil
Ubi merupakan salah satu makanan sehat yang efektif mencegah morning sickness pada ibu hamil.

Morning sickness yang dialami pada awal kehamilan akan membuat penderitanya menjadi lebih sensitif terhadap makanan. Terkadang sulit bagi ibu hamil untuk dapat memenuhi kebutuhan asupan gizi setiap harinya akibat kondisi ini.

Pada trimester pertama, ibu hamil membutuhkan asupan sekitar 2100-2300 kalori setiap harinya. Jumlah ini beragam sesuai dengan aktivitas yang dilakukan. Ibu hamil direkomendasikan untuk makan sebanyak 3 kali sehari dengan diselingi 1-2 kali makan ringan.

Mulailah makan dalam porsi kecil saat merasa lapar. Ibu hamil bisa mencoba untuk makan beberapa suap setiap 15 menit. Apabila tidak merasa mual, makan dapat dilanjutkan setiap 30 menit, kemudian 45 menit. Lakukan teknik ini perlahan-lahan hingga mampu mengonsumsi makanan dalam porsi kecil setiap 2 atau 3 jam.

Pilihan Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Jika mengalami kesulitan, Anda dapat mencoba untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dalam porsi lebih sedikit. Berikut adalah tips makanan sehat yang cocok untuk ibu hamil dan efektif untuk mencegah morning sickness:

1. Ubi

Ubi merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi. Bahan makanan ini bermanfaat untuk menghindari tubuh dari kondisi hipoglikemia atau kadar gula darah yang rendah. Selain ubi, makanan mengandung karbohidrat lainnya yang dapat Anda pilih, yaitu nasi, roti, sereal, kentang rebus atau kentang panggang, mie, bihun, dan biskuit.

Kelebihan dari ubi adalah kandungan beta karotennya yang tinggi. Beta karoten akan mengalami konversi di dalam tubuh menjadi vitamin A, yang berperan penting untuk pertumbuhan dan diferensiasi jaringan dalam tubuh. Pada wanita hamil, kebutuhan vitamin A perlu ditingkatkan sebanyak 10-40%.

2. Pisang

Pisang merupakan buah yang kaya akan nutrisi dan memiliki kalori dalam jumlah besar. Oleh karena itu, pisang menjadi salah satu pilihan terbaik untuk dikonsumsi saat hamil.

Pisang juga memiliki kandungan kalium yang tinggi. Jika ibu hamil mengalami morning sickness, mereka akan kehilangan banyak kalium akibat muntah. Kehilangan kalium juga terjadi bila seseorang mengalami diare.

Sebuah pisang berukuran sedang memiliki kandungan 105 kalori dan 27 gram karbohidrat. Jumlah ini dapat memenuhi 12% kebutuhan kalium harian dan 22% kebutuhan vitamin B6. Seperti yang Anda ketahui, vitamin B6 juga berperan dalam mengurangi mual. Makanan sehat untuk ibu hamil lainnya yang kaya vitamin B6 adalah kentang dan semangka.

3. Air putih

Selama kehamilan, akan terjadi peningkatan volume darah dalam tubuh. Oleh karena itu, jumlah cairan yang perlu diminum untuk menjaga tubuh terhidrasi akan mengalami peningkatan.

Banyak meminum air putih akan menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi. Selain air putih, ibu hamil bisa mencoba meminum teh jahe, air lemon, teh herbal terutama teh peppermint, sitrus, atau kulit jeruk. Hindari konsumsi kopi, teh, coklat, dan produk kafein lainnya secara rutin.

Usahakan untuk tidak banyak meminum air selama makan. Sebaiknya Anda menunggu selama 30 menit setelah makan untuk minum banyak air. Hal ini dapat membantu mengurangi rasa mual yang Anda alami.

[[artikel-terkait]]

4. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang memiliki kandungan asam lemak tidak jenuh tunggal. Alpukat juga memiliki kandungan serat yang tinggi, vitamin B, vitamin K, kalium, vitamin E, dan vitamin C. Oleh karena itu, alpukat menjadi pilihan makanan sehat ibu hamil yang cocok untuk dikonsumsi.

Seperti pada pisang, kandungan kalium dalam alpukat berperan menggantikan kadar kalium yang hilang akibat muntah akibat morning sickness.

Secara umum, ibu hamil perlu menghindari konsumsi makanan berlemak dan gorengan. Mentega, margarin, mayonaise, kentang goreng, daging, dan es krim merupakan contoh makanan berlemak yang sulit dicerna oleh tubuh. Hal ini menyebabkan ibu hamil lebih mudah mengalami mual. Selain itu, kandungan lemak yang tinggi dan gorengan juga tidak baik untuk kesehatan.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/13-foods-to-eat-when-pregnant
Diakses pada Mei 2019

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods-to-eat-when-nauseous
Diakses pada Mei 2019

Whattoexpect. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/eating-well-menu/first-trimester.aspx
Diakses pada Mei 2019

Nutritional guidelines to help control nausea and vomiting during pregnancy. The Ottawa Hospital. 2009

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed