logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

6 Pilihan Makanan untuk Diet Lambung yang Bisa Dikonsumsi

open-summary

Lambung sering sakit? Coba konsumsi makanan-makanan dalam diet lambung berikut untuk memperlancar sistem pencernaan dan membantu mengurangi rasa sakit serta iritasi akibat luka pada lambung.


close-summary

14 Jun 2020

| Adhenda Madarina

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Yogurt dan apel baik untuk dikonsumsi dalam diet lambung

Yogurt dan apel merupakan makanan yang bisa dikonsumsi dalam diet lambung

Table of Content

  • Apa saja makanan untuk diet lambung?
  • Catatan dari SehatQ

Pernahkah lambung Anda terasa sakit atau perih? Seberapa sering Anda merasakannya? Jika sering, berarti sudah saatnya Anda berhenti untuk mengabaikannya. Meski terkadang rasa sakitnya tidak terlalu mengganggu, pada sebagian orang mungkin bisa terasa sangat menyakitkan.

Advertisement

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh luka pada lambung yang disebut tukak lambung. Penyebabnya adalah bakteri Helicobacter Pylori (H. pylori) yang ada di dalam tubuh kita. Gejala tukang lambung bisa diperburuk oleh asam lambung Anda. Selain itu, penyebab sakit lambung lainnya adalah Gastroesopageal Reflux Disease (GERD) yang merupakan penyakit lambung yang disebabkan oleh refluks asam lambung.

Diet lambung dapat membantu meredakan tukak lambung dan GERD yang Anda alami karena beberapa makanan tertentu dalam pola makan ini bisa membantu mengurangi rasa sakit dan iritasi yang disebabkan penyakit ini.

Selain itu, diet lambung secara umum dimaksudkan untuk mengonsumsi makanan dan cairan secukupnya sehingga dapat mencegah dan menetralkan pembentukan asam lambung yang berlebihan

Apa saja makanan untuk diet lambung?

Berikut adalah berbagai makanan yang dapat dikonsumsi untuk diet lambung.

1. Makanan dengan probiotik

Makanan-makanan yang mengandung bakteri baik atau probiotik, seperti yogurt, miso, kimchi, kombucha, dan tempe, direkomendasikan dalam diet lambung.

Makanan-makanan tersebut dapat membantu melawan infeksi bakteri penyebab iritasi dan membantu pengobatan yang dilakukan agar dapat bekerja lebih baik.

2. Makanan kaya serat

Makanan diet lambung selanjutnya adalah makanan yang tinggi serat, seperti apel, pir, oatmeal, dan semacamnya. Serat dapat mengurangi jumlah asam lambung dalam perut Anda sekaligus meredakan rasa kembung dan nyeri.

Penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya serat dapat membantu mencegah luka dan peradangan pada lambung.

3. Mengonsumsi umbi-umbian

Umbi-umbian, seperti ubi jalar, wortel, kentang, singkong, dan bawang, termasuk makanan yang bisa Anda konsumsi dalam diet lambung.

Makanan-makanan ini kaya akan vitamin A yang telah terbukti dapat membantu mencegah dan meredakan tukak lambung. Oleh karena itu, tambahkan makanan-makanan tersebut kedalam asupan Anda sehari-hari.

4. Buah-buahan

Buah-buahan yang dianjurkan pada penderita penyakit lambung adalah pisang dan pepaya. Pisang merupakan buah yang dapat dicerna dengan mudah. Buah ini mengandung kalium dan mineral penting lainnya yang dipercaya mampu mengurangi gejala muntah.

Selain itu, buah pepaya mengandung papain, yakni jenis enzim yang memecah protein dalam makanan sehingga mudah dicerna dan diserap tubuh. Mengonsumsi enzim tambahan seperti papain dapat membantu meringankan gejala gangguan pencernaan.

5. Makanan kaya lemak sehat

Makanan yang kaya lemak sehat, seperti asam lemak omega-3, dapat membantu mengurangi peradangan pada lapisan perut dan mencegah gastritis yang disebabkan oleh bakteri H. pylori.

Anda bisa menemukan asam lemak omega-3 dalam salmon, sarden, kacang kenari, dan biji chia. Selain itu, Anda juga dapat menemukan sumber lemak sehat lainnya pada buah alpukat, minyak zaitun, dan berbagai kacang-kacangan serta biji-bijian.

6. Sumber protein tanpa lemak

Protein membantu memperbaiki kerusakan jaringan akibat maag pada lapisan perut. Namun, tidak semua protein baik untuk dikonsumsi untuk diet lambung.

Pilihlah sumber protein tanpa lemak karena lemak dalam produk hewani, kecuali asam lemak omega-3, hanya dapat memperburuk kondisi lambung Anda. Sumber protein tanpa lemak yang baik, yaitu dada ayam, kalkun, putih telur, tuna, dan kacang-kacangan.

Baca Juga

  • Berbagai Cara Menjadi Orang Pintar, dari Main Games sampai Berolahraga
  • 13 Makanan Pengganti Nasi untuk Hidup yang Lebih Sehat
  • Apakah Metformin untuk Diet Efektif? Ini Faktanya

Catatan dari SehatQ

Itulah berbagai makanan yang cocok untuk dimasukkan dalam diet lambung. Mulailah mengonsumsi makanan dalam bentuk lunak dan porsi kecil, namun dilakukan lebih sering setiap harinya. Selain mengonsumsi makanan-makanan di atas, Anda juga perlu menghindari makanan yang asam, pedas, mengandung gas, atau tinggi lemak.

Perlu diketahui bahwa tidak semua makanan memengaruhi semua orang dengan cara yang sama. Anda perlu mempelajari makanan mana yang baik dan buruk untuk diri Anda supaya mengetahui makanan-makanan apa saja yang perlu Anda batasi.

Advertisement

diet sehattukak lambung

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved