Pilihan Kandungan Skin Care untuk Kulit Sensitif dan Tips Merawatnya


Beberapa kandungan skin care untuk kulit sensitif yang cenderung aman digunakan termasuk bakuchiol, minyak jojoba, squalane, dan ceramide. Menggunakan produk skin care untuk kulit sensitif juga harus diawali dengan uji tempel di bagian kulit lain.

(0)
16 Nov 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Memilih kandungan skin care untuk kulit sensitif pun harus dilakukan dengan cermat dan bijakKulit sensitif rentan untuk bereaksi terhadap zat tertentu sehingga perlu berhati-hati dalam memilih skin care yang tepat
Saat ini, ada banyak kandungan skincare yang mungkin menggoda untuk dicoba dalam merawat kulit. Sayangnya, bagi pemilik kulit sensitif, beberapa kandungan dapat memicu reaksi yang cukup menyiksa jika salah memilih produk. Memilih kandungan skin care untuk kulit sensitif pun harus dilakukan dengan cermat dan bijak. Apa saja pilihan kandungan skin care untuk kulit sensitif?

Kandungan skin care untuk kulit sensitif yang cenderung aman digunakan

Berikut ini beberapa kandungan skin care untuk kulit sensitif yang cenderung aman untuk digunakan:

1. Bakuchiol

Bakuchiol merupakan ekstrak tumbuhan Psoralea Corylifolia yang mulai dikenal sebagai kandungan skin care untuk kulit sensitif. Bakuchiol disebutkan dapat menjadi alternatif pengganti retinol (vitamin A) namun dengan efek samping yang lebih sedikit dalam merawat kulit. Seperti retinol, bakuchiol lebih optimal diaplikasikan sebelum tidur – sehingga Anda bisa menggunakannya dalam produk serum atau krim malam.

2. Minyak jojoba

Salah satu kandungan skin care untuk kulit sensitif yang cukup aman digunakan adalah minyak jojoba
Minyak jojoba bisa digunakan untuk double cleansing
Apabila Anda ingin menerapkan double cleansing menggunakan minyak tertentu, minyak jojoba dapat menjadi pilihan. Pasalnya, minyak jojoba direkomendasikan bagi pemilik kulit sensitif karena sifatnya yang lembut pada kulit. Minyak jojoba juga bermanfaat untuk memperbaiki hidrasi jika kulit Anda cenderung kering. Selain itu minyak jojoba juga bersifat nonkomedogenik sehingga tidak membuat pori-pori kulit menjadi tersumbat.

3. Squalane 

Untuk produk pelembap, Anda bisa mencari squalane yang memang tengah digandrungi. Kandungan ini dikenal memiliki risiko yang kecil dalam memicu iritasi pada kulit. Dengan begitu, squalane dapat menjadi kandungan skin care untuk kulit sensitif yang layak untuk dicoba. 

4. Ceramide

Kandungan pelembap lainnya adalah ceramide. Ceramide sebenarnya sudah terdapat di secara alami dalam kulit sehingga juga menjadi kandungan skin care untuk kulit sensitif yang bisa Anda cari. Ceramide membantu memperbaiki dan membangun fungsi barrier kulit, yakni lapisan luar yang menahan kelembapan. 

5. Asam azelat

Asam azelat atau azelaic acid merupakan eksfoliator yang juga dikenal ampuh untuk mengatasi jerawat. Namun, asam azelat tergolong lebih ringan dibandingkan eksfoliator lain sehingga cocok untuk orang dengan kulit sensitif. Walau lebih ringan dibandingkan asam lain, risiko iritasi tetap ada pada orang yang kulitnya amat sensitif. Untuk itu, produk yang mengandung asam azelat bisa diaplikasikan sekali dua hari untuk mengecilkan risiko iritasi tersebut.

Tips skin care untuk kulit sensitif yang aman diaplikasikan  

Selain mengetahui kandungan skin care untuk kulit sensitif yang aman, Anda pun harus memerhatikan kebiasaan-kebiasaan dalam merawat kulit. Terapkan tips ini saat Anda menggunakan produk skin care untuk kulit sensitif:

1. Cek keamanan produk untuk kulit sensitif

Mengaplikasikan skin care untuk kulit sensitif memang harus penuh antisipasi. Salah satu cara aman saat hendak mencoba produk untuk kulit sensitif adalah dengan melakukan tes tempel atau patch test – apa pun jenis kandungan dan produk yang Anda beli. Untuk melakukan uji tempel, oleskan sedikit produk ke area belakang telinga atau lengan. Apabila setelah 24 jam tidak muncul reaksi alergi seperti, kemerahan atau gatal di area tersebut, produk yang Anda beli seharusnya aman untuk diaplikasikan di wajah.

2. Tak perlu ribet dalam menggunakan produk untuk kulit sensitif

Beberapa dari Anda mungkin merasa ciut saat mengetahui orang lain yang menggunakan seabrek produk dalam ritual skincare-nya. Namun, apabila memiliki kulit sensitif, Anda sebaiknya tak perlu menggunakan banyak produk.Produk skin care untuk kulit sensitif yang esensial yaitu pembersih yang lembut, pelembap, dan tabir surya. Membersihkan wajah dengan sabun bisa dilakukan maksimal dua kali dalam sehari. Lebih dari dua kali dapat meningkatkan risiko iritasi di kulit wajah. 

3. Bersihkan wajah dengan hati-hati

Selain berhati-hati dengan frekuensi membersihkan wajah, cara Anda menyapukan produk pembersih juga harus diperhatikan. Hindari menggosok wajah terlalu keras saat mengaplikasikan facial wash. Selain itu, untuk mengeringkan kulit, cukup tempelkan handuk bersih tanpa perlu menggosok-gosokkan ke wajah agar tak terjadi iritasi.

4. Jangan lupakan pelembap

Salah satu produk skin care untuk kulit sensitif yang wajib dimiliki adalah pelembap wajah. Apabila kulit sensitif Anda diiringi dengan kekeringan pada kulit, Anda bisa mencari pelembap berbahan minyak. Pelembap berbahan dasar minyak dapat memberikan hidrasi yang lebih baik pada kulit. 

5. Hati-hati dalam memilih produk

Kandungan dalam produk skin care untuk kulit sensitif juga perlu diperhatikan. Anda harus memerhatikan kandungan bahan dalam produk serta menjauhi produk yang mengandung pewarna dan pewangi – apa pun produk skin care yang Anda beli. Anda disarankan memilih produk yang memiliki label hipoalergenik atau memang disebutkan dirancang khusus sebagai produk untuk kulit sensitif.

6. Berkonsultasi dengan dokter kulit

Agar merawat kulit sensitif lebih maksimal dan optimal, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan produk yang memang aman atau meminta rekomendasi dokter terkait produk skin care untuk kulit sensitif. Dokter juga dapat mengidentifikasi penyebab dari hipersensitivitas pada kulit Anda dan merencanakan pengobatannya.

Apa sebenarnya penyebab kulit sensitif?

Menjadi kondisi yang tentu bikin tak nyaman, kulit sensitif dapat terjadi karena kondisi dan masalah medis berikut ini:
  • Kulit kering, yakni jika kulit kehilangan terlalu banyak air dan minyak
  • Eksim atau dermatitis atopik, yakni kondisi yang memengaruhi kemampuan kulit untuk melindungi tubuh dari iritan seperti kuman dan zat kimia tertentu
  • Dermatitis kontak iritan. Masalah kulit ini terjadi ketika lapisan pelindung di kulit rusak oleh benda iritan tertentu.
  • Dermatitis kontak alergi, terjadi apabila kulit mengalami reaksi alergi pada kandungan yang spesifik
  • Rosacea, merupakan masalah kulit yang memicu hipersensitivitas pada kulit wajah yang menyebabkan kulit mudah kemerahan
  • Urtikaria, merupakan reaksi gatal apabila kulit terpapar zat tertentu, cuaca dingin, hawa panas, hingga tanaman spesifik
  • Photodermatoses, yaitu reaksi abnormal kulit akibat terpapar sinar matahari
  • Mastositosis kutan. Mastositosis kutan terjadi apabila sel mast dari sistem imun berakumulasi di kulit. Akumulasi sel mast memicu pembengkakan apabila terpapar zat yang dianggap “musuh”.
  • Pruritus aquagenik, merupakan kondisi langka yang membuat kulit terasa gatal saat kontak dengan air
Kulit sensitif sebenarnya bukanlah jenis kulit seperti kulit berminyak atau kulit kombinasi. Seperti yang disinggung di atas, kulit sensitif dapat terjadi akibat kondisi dan masalah medis tertentu. Kulit sensitif bisa terjadi pada berbagai jenis kulit, termasuk kulit yang berminyak dan rentan berjerawat sekalipun. Kulit yang sensitif mudah mengalami kemerahan, terasa gatal, mengalami sensasi terbakar, menjadi kencang, atau menjadi kering. Seseorang bisa mengetahui bahwa kulitnya sensitif setelah menggunakan produk tertentu, termasuk sabun wajah, pelembap, bahkan kosmetik.Karena kulit sensitif rentan untuk bereaksi terhadap zat tertentu, memilih produk skin care untuk kulit sensitif memang perlu penuh perhitungan.

Catatan dari SehatQ

Kandungan skin care untuk kulit sensitif termasuk bakuchiol, minyak jojoba, squalane, dan ceramide. Asam azelat juga bisa digunakan namun harus lebih hati-hati. Apabila masih memiliki pertanyaan terkait skin care untuk kulit sensitif, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ bisa tersedia di Appstore dan Playstore yang berikan informasi kesehatan kulit terpercaya.
kulit sehatperawatan kulitkesehatan kulitkulit sensitif
Byrdie. https://www.byrdie.com/properly-caring-for-your-sensitive-skin-4121689
Diakses pada 2 November 2020
Derm Group. http://dermgroup.net/blog/8-tips-sensitive-skin-care
Diakses pada 2 November 2020
Glamour. https://www.glamour.com/story/skin-care-for-sensitive-skin
Diakses pada 2 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/skin-disorders/sensitive-skin
Diakses pada 2 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait