Rambut palsu hadir dalam dua jenis
Jejeran berbagai model rambut palsu

Tidak semua orang menggunakan rambut palsu alias wig hanya untuk sekedar gaya-gayaan. Kadang kala, wig dipilih untuk meningkatkan kepercayaan diri setelah melakukan serangkaian perawatan kemoterapi yang menyebabkan rambut rontok atau karena kebotakan.

Begitu banyak jenis rambut palsu yang kini ada di pasaran, mulai dari model hingga bahan yang digunakan untuk membuatnya. Beda bahan dan model rambut palsu, maka beda pula perawatannya.

Jenis rambut palsu

Saat ini, rambut palsu yang dijual di pasaran terdiri dari rambut palsu dari bahan sintetis maupun rambut asli. Apa bedanya?

  • Rambut palsu sintetis

Bila Anda memiliki dana yang terbatas, memilih rambut palsu dari bahan sintetis bisa menjadi pilihannya. Keunggulan dari rambut palsu jenis ini adalah hadir dengan banyak pilihan warna, tidak cepat pudar, serta perawatan yang relatif tidak terlalu rumit.

Meskipun demikian, wig dengan bahan sintetis ini cenderung kaku sehingga tidak fleksibel untuk diubah model rambutnya. Wig jenis ini juga kurang awet sehingga lebih cocok digunakan untuk jangka pendek saja.

  • Rambut palsu dari rambut asli

Rambut palsu dari rambut asli akan terlihat sangat natural ketika digunakan di kepala Anda, apalagi dibanding wig dari bahan sintetis. Wig ini biasanya hadir dengan warna yang lebih monoton, namun Anda tetap dapat mengecat atau menggunting rambut palsu ini sesuka hati, persis seperti rambut Anda sendiri.

Kekurangannya, harga rambut palsu dari rambut asli manusia ini biasanya lebih mahal. Rambut palsu jenis ini juga menuntut perawatan yang lebih hati-hati dibanding wig sintetis karena warnanya bisa pudar dan bisa rusak ketika terpapar panas atau lembap berlebihan.

Cara menggunakan rambut palsu

Bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan rambut palsu, mungkin ada beberapa kekhawatiran di dalam benak Anda. Misalnya, apakah wig akan menempel sempurna atau apakah menggunakan rambut palsu akan terasa nyaman di kepala Anda.

Ketika rambut palsu diaplikasikan dengan benar, maka Anda akan merasa baik-baik saja. Anda tetap dapat merasa nyaman sekaligus percaya diri ketika harus keluar rumah mengenakan rambut palsu.

Bagaimana cara mengaplikasikan rambut palsu agar nyaman? Berikut tips yang dapat Anda lakukan:

  • Pakai liner cap

Liner cap adalah semacam lapisan kepala yang terbuat dari bahan katun melar yang dapat menyerap keringat serta mencegah iritasi pada kulit kepala Anda selama menggunakan wig. Liner cap bisa dicuci dan digunakan kembali selama beberapa kali.

  • Pakai jaring

Jaring ini mirip dengan liner cap, hanya saja berpori sehingga membuat kulit kepala Anda dapat ‘bernapas’ selama pemakaian rambut palsu sekaligus menjaga agar wig tidak bergeser-geser.

  • Gunakan karet gel

Fungsi gel ini adalah mengangkat dasar rambut palsu sedikit sehingga keringat bisa menguap dan Anda tidak merasa gerah.

  • Taburkan bedak bayi

Bedak bayi yang ditaburkan sebelum menggunakan rambut palsu akan menyerap keringat di kulit kepala selama Anda menggunakan wig sehingga menghindari iritasi dan kulit kepala kering.

Perawatan rambut palsu

Rambut palsu juga perlu dicuci agar terjaga kebersihannya. Namun, frekuensi pencucian akan sangat tergantung pada jenis bahan wig yang Anda gunakan.

Rambut palsu dari rambut alami sebaiknya dicuci setiap hari sehingga Anda harus memiliki cadangan rambut palsu lainnya jika kerap menggunakan wig dalam kegiatan sehari-hari. Sebaliknya, rambut palsu sintetis sebaiknya hanya dicuci bila sangat kotor atau setelah 20 pemakaian.

Apa pun bahan rambut palsu yang Anda gunakan, langkah pencuciannya adalah sebagai berikut:

  • Celupkan rambut palsu ke dalam air biasa (bukan air hangat) yang telah dicampur shampo berformula lembut selama beberapa menit atau hingga kotoran hilang
  • Bilas dengan air bersih, lalu basuh dengan handuk
  • Goyangkan rambut palsu dengan cepat agar air tidak tertinggal di sela-sela rambut
  • Keringkan wig dengan menggantungnya di wig stand atau letakkan di handuk bersih
  • Setelah benar-benar kering, rambut palsu bisa disisir untuk merapikan kembali modelnya.

Jangan menyisir rambut palsu saat masih basah atau lembap. Anda pun sebaiknya menyisir menggunakan sisir khusus dari bagian ujung rambut terlebih dahulu, kemudian secara perlahan naik ke akar rambut, guna menghindari kerusakan.

American Cancer Society. https://www.cancer.org/treatment/treatments-and-side-effects/physical-side-effects/hair-loss/choosing-and-wearing-wig.html
Diakses pada 3 Mei 2020

Dana Farber Cancer Foundation. https://www.dana-farber.org/for-patients-and-families/care-and-treatment/support-services-and-amenities/friends-place/services-and-programs/wigs-and-hair-prostheses/#faq70
Diakses pada 3 Mei 2020

Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/keeping-cool-in-your-wig-430252
Diakses pada 3 Mei 2020

Artikel Terkait