4 Pilihan Cara Menghilangkan Kelopak Mata Hitam


Cara menghilangkan kelopak mata hitam bisa dengan memberikan kompres es dan lebih banyak tidur. Beberapa pilihan produk skincare juga bisa dapat membantu menyamarkan kulit yang gelap.

0,0
18 May 2021|Azelia Trifiana
Kelopak mata hitam dapat terjadi akibat kurang tidurKelopak mata hitam dapat terjadi akibat kurang tidur
Kelopak mata hitam terjadi saat area kulit di atas mata menjadi lebih gelap. Ada banyak penyebabnya, mulai dari perubahan pembuluh darah, hiperpigmentasi, sampai keturunan. Selain itu, cedera di bagian mata juga bisa jadi salah satu faktor.Cara menghilangkan kelopak mata hitam bisa dengan memberikan kompres es dan lebih banyak tidur. Beberapa pilihan produk skincare juga bisa dapat membantu menyamarkan kulit yang menggelap.

Cara menghilangkan kelopak mata hitam

Langkah pertama untuk menyamarkan kelopak mata gelap bisa dilakukan sendiri di rumah. Kelebihannya adalah tidak ada efek samping sama sekali dan hampir tak perlu mengeluarkan uang.Beberapa pilihannya seperti:
  • Kompres air dingin

Apabila kelopak mata hitam terjadi karena kondisi peradangan, cedera, atau pembuluh darah pecah, maka Anda bisa memberikan kompres air dingin. Pastikan menggunakan kain pelapis untuk melindungi kulit agar tidak merasa terlalu dingin.Metode ini bisa dilakukan selama 5-10 menit, beberapa kali dalam sehari. Umumnya, tidak ada efek samping dari pemberian kompres dingin.
  • Meninggikan kepala

Coba posisikan kepala sedikit lebih tinggi ketika berbaring. Anda bisa menambahkan bantal sehingga posisi kepala tegak. Ini akan membantu melancarkan aliran darah sekaligus mengurangi peradangan.
  • Kualitas tidur

Cara ini memang tidak secara instan dapat menghilangkan kelopak hitam, namun kualitas tidur berpengaruh pada kondisi mata. Coba cukupi kebutuhan tidur selama 7-8 jam per hari sehingga kulit tidak pucat. Dengan demikian, kondisi kelopak gelap tidak akan menjadi terlalu kentara.
  • Menggunakan concealer

Concealer adalah alat makeup yang bisa menyamarkan perubahan pigmen di area wajah. Sesuaikan jenis concealer dengan warna kulit sehingga dapat meratakan tampilannya.

Perawatan untuk mencerahkan kelopak mata

Selain beberapa cara di atas, produk anti-penuaan seperti retinol, kojic acid, dan hidroquinone juga dapat mengurangi hiperpigmentasi. Namun, ada kalanya tidak semua bahan aman digunakan setiap hari. Sebelum menggunakannya, pastikan sudah membaca seluruh komposisi serta kecocokan dengan kondisi kulit Anda.Terlebih, banyak produk skincare yang dibuat untuk kulit wajah namun bukan area mata. Apabila perlu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk tahu aman tidaknya.Lebih jauh lagi, ada pula prosedur dermatologis yang bertujuan mencerahkan warna kulit di sekitar mata. Mulai dari peeling, terapi laser, hingga eyelift. Sementara apabila warna gelap disebabkan oleh melasma atau tumor, prosedur operasi bisa jadi alternatif.

Penyebab kelopak mata hitam

Kulit mengandung melanin, zat yang membuatnya berwarna. Namun terkadang, kulit bisa tampak lebih gelap di beberapa area karena beberapa sebab, yaitu:

1. Hiperpigmentasi

Kondisi hiperpigmentasi bisa terjadi karena faktor seperti:
  • Paparan sinar matahari
Ketika kulit terlalu sering terpapar sinar matahari tanpa perlindungan dari sunscreen atau kacamata hitam, maka produksi melanin akan bertambah. Alhasil, kulit akan tampak lebih gelap dan biasanya disertai dengan flek hitam sampai bintik tanda penuaan.
  • Kehamilan
Fluktuasi hormon saat hamil membuat produksi melanin meningkat. Ini menyebabkan munculnya bercak gelap yang disebut melasma. Ini juga bisa terjadi di area sekitar mata.
  • Penipisan kulit
Kondisi menipisnya kulit ini umum terjadi seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Kolagen dan lemak berkurang sehingga kulit menjadi lebih gelap.
  • Masalah peradangan
Ada beberapa penyakit peradangan seperti dermatitis, alergi, sinusitis kronis, dan juga rheumatoid arhtritis yang membuat warna kulit berubah. Selain itu, biasanya juga disertai dengan pembengkakan.
  • Konsumsi obat

Alat kontrasepsi berupa pil KB umumnya menjadi pemicu utama kelopak mata menghitam. Selain itu, obat untuk glaukoma juga bisa menyebabkan kelopak mata menjadi lebih gelap. Umumnya, warna kulit berangsur normal setelah 3-6 bualn pemakaian.

2. Faktor keturunan

Terkadang, kelopak mata hitam juga terjadi karena faktor keturunan. Artinya, seseorang terlahir memang dengan kondisi demikian. Ada kalanya ini menandakan tanda lahir atau gejala penyakit seperti tumor pembuluh darah mata hingga bintitan.Lebih jauh lagi, sejarah keluarga dengan penuaan dini atau menderita penyakit peradangan juga bisa turut berperan.

3. Cedera

Terjadinya cedera di area mata bisa menyebabkan warna kulit jadi lebih gelap akibat luka. Namun, ini hanya berlangsung sementara karena seiring dengan proses pemulihan, warna kelopak mata akan menjadi lebih terang.

Cara mencegah kelopak mata hitam

Dalam kasus kelopak mata menghitam karena paparan sinar matahari, ini sangat bisa dicegah dengan penggunaan sunscreen serta kacamata hitam ketika beraktivitas siang hari. Apabila perlu, gunakan juga topi sebagai pelindung.Sementara bagi anak-anak yang terlahir dengan masalah pada kelopak matanya, dokter spesialis biasanya merekomendasikan operasi atau meresepkan obat untuk mengobati penyakit pemicunya.Harapannya, ketika diberikan sejak anak masih kecil maka dapat mencegah terjadinya gangguan penglihatan.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar cara menghilangkan kelopak mata hitam yang paling efektif, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
perawatan kulitkulit dan kecantikanperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/dark-eyelids
Diakses pada 3 Mei 2021
Merck Manual. https://www.merckmanuals.com/home/skin-disorders/pigment-disorders/overview-of-skin-pigment
Diakses pada 3 Mei 2021
Healthy Children. https://www.healthychildren.org/English/health-issues/conditions/eyes/pages/Eyelid-Problems.aspx
Diakses pada 3 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait