9 Pilihan Camilan Rendah Kalori, Tak Harus Selalu Sayuran!

(0)
26 Aug 2020|Azelia Trifiana
Telur rebus camilan rendah kaloriTelur rebus salah satu camilan rendah kalori
Bagi orang yang sedang menjaga berat badan atau sedang menjalani diet sehat, asupan kalori yang masuk harus dijaga betul. Biasanya, kebocoran kelebihan kalori datang dari camilan, bukannya menu makanan utama. Alternatifnya, coba camilan rendah kalori yang sehat namun tetap mengenyangkan.Camilan yang biasa dikonsumsi saat senggang terkadang mengandung kalori yang tidak terlihat. Bahkan bisa saja mengonsumsi camilan dalam kuantitas sedikit ternyata sudah setara dengan kalori satu piring nasi.

Daftar camilan rendah kalori dan sehat

Beberapa daftar camilan rendah kalori yang bisa dikonsumsi tanpa kekhawatiran melewati target kalori harian:

1. Sayuran (100 kalori)

Jika ada pilihan terbaik camilan rendah kalori, tentu sayuran jadi juaranya. Tak hanya rendah kalori dan kaya serat, sayuran seperti brokoli, lobak, seledri, buncis, labu siam, atau wortel mudah diolah menjadi camilan. Cukup dikukus dan dikonsumsi dengan dressing yang disukai. Selain Thousand Island, pilih dressing dengan kadar kalori rendah agar tetap seimbang.

2. Telur rebus (78 kalori)

Jika muncul keinginan emotional eating camilan tinggi kalori, coba alihkan keinginan dengan merebus telur. Satu kali konsumsi telur rebus yang mengenyangkan hanya menyumbang 78 kalori. Bonusnya, ada banyak kandungan vitamin A, vitamin B12, selenium, fosfor, lemak sehat, dan juga protein di dalamnya.

3. Yogurt dan berries (180 kalori)

Perpaduan Greek yogurt dan berries sangat cocok menjadi pilihan camilan rendah kalori yang sehat. Dalam Greek yogurt terdapat kalsium, magnesium, dan juga potasium. Sementara buah-buahan berries mengandung serat dan kaya antioksidan.

4. Apel dan selai kacang (267 kalori)

Buah apel mengandung nutrisi makro berupa protein, karbohidrat, dan juga lemak. Setelah mencuci bersih dan mengupas apel, konsumsi dengan memadukannya dengan selai kacang sehingga bisa mengenyangkan lebih lama.Namun, pastikan memilih selai kacang alami yang hanya memadukan kacang dan garam saja dalam komposisinya. Perhatikan apakah ada tambahan sodium atau gula berlebih yang justru bisa menambah kadar kalorinya.

5. Smoothies (112 kalori)

Penuhi hasrat ingin mengonsumsi camilan dengan membuat smoothies yang sehat. Syaratnya, campurkan sayur, buah, dan protein sehat di dalamnya. Contoh perpaduannya bisa berupa kale, berries, dan protein powder ditambah air atau susu kelapa.Untuk menambah nutrisi, tak ada salahnya mencampurkan chia seeds atau flax seeds. Tak perlu menambahkan gula, alternatifnya bisa dengan menambahkan madu.

6. Chia pudding (200-300 kalori)

Popularitas chia pudding sebagai menu sarapan juga bisa jadi pilihan camilan rendah kalori. Di dalam chia seeds terdapat lemak sehat, serat, protein, kalsium, dan juga magnesium. Jika direndam dalam cairan seperti susu semalaman, maka teksturnya menjadi seperti puding yang kental.Chia pudding bisa ditambahkan berbagai jenis topping seperti berries, kacang-kacangan, atau buah seperti pisang. Menu sarapan ini bisa membuat seseorang kenyang lebih lama.

7. Sarden (151 kalori)

Mungkin tidak biasa menjadikan sarden sebagai menu camilan rendah kalori, namun di dalamnya terdapat protein, kalsium, zat besi, vitamin D, vitamin B12, selenium, dan nutrisi penting lainnya. Jangan lupakan pula kandungan asam lemak omega-3 dalam sarden yang baik untuk jantung.

8. Edamame (105 kalori)

Pilihan camilan rendah kalori yang juga bisa dikonsumsi vegetarian adalah edamame. Dalam 75 gram edamame rebus, hanya terkandung 105 kalori. Di samping itu, kandungan protein dan seratnya cukup tinggi sehingga menyehatkan tubuh. Setelah direbus, edamame bisa dikonsumsi dengan taburan sedikit sea salt atau dijadikan topping salad.

9. Dark chocolate (165 kalori)

Jika bosan dengan menu camilan seperti sayuran dan buah, dark chocolate juga bisa jadi pilihan camilan rendah kalori yang menyehatkan. Di dalamnya, terdapat antioksidan dengan manfaat anti-inflamasi. Memadukan 15 gram dark chocolate dengan 1 sendok makan almond butter hanya akan menambah 165 kalori saja.

Catatan dari SehatQ

Mengonsumsi camilan rendah kalori tak hanya memberikan nutrisi seperti protein, serat, vitamin, dan mineral saja pada tubuh. Bonusnya, rasa kenyang akan bertahan lebih lama sehingga keinginan mengonsumsi camilan kurang sehat pun berkurang. Selain 9 camilan rendah kalori di atas, padu padan camilan sehat lainnya juga bisa menjadi kudapan pengisi antar waktu makan.
makanan sehathidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/low-calorie-snacks
Diakses pada 10 Agustus 2020
Women’s Health Mag. https://www.womenshealthmag.com/weight-loss/g19948896/new-low-calorie-snacks/
Diakses pada 10 Agustus 2020
WebMD. https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-100-calorie-snacks 
Diakses pada 10 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait