Pilihan Buku untuk Anak 1 Tahun yang Bisa Diberikan Orangtua


Buku untuk anak 1 tahun dapat membantu membangun keterampilan kosakata anak dan meningkatkan keterampilan bahasanya. Pilihlah buku yang menyenangkan sekaligus edukatif.

0,0
12 Jul 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Buku untuk anak 1 tahun berisi gambar dan cerita sederhanaMembacakan buku untuk anak penting bagi perkembangan otaknya
Menginjak usia 1 tahun, Anda mulai bisa mengenalkan buku pada bayi. Bentuk buku anak 1 tahun yang bisa diberikan pun bermacam-macam, mulai dari buku dengan gambar menarik hingga buku yang mengeluarkan suara. Buku disinyalir dapat memberikan berbagai manfaat bagi perkembangan anak.Bukan sekadar lembaran cerita saja, buku untuk anak 1 tahun harus bisa merangsang keterampilan dan kreativitasnya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mulai memperkenalkan buku edukasi anak 1 tahun kepada si kecil.

Manfaat buku untuk anak 1 tahun

Pada usia 1 tahun, anak tentunya belum bisa membaca. Namun, Anda bisa membacakan buku untuknya. Selain menyenangkan, kegiatan bersama ini ternyata penting untuk otak anak. Berikut adalah sejumlah manfaat buku untuk anak 1 tahun:
  • Mengajarkan anak dalam berkomunikasi
  • Mengenalkan konsep huruf, angka, warna, dan bentuk
  • Membangun keterampilan dalam kosakata, mendengarkan, dan mengingat
  • Melatih anak belajar berbicara
  • Mendorong anak untuk melihat, menunjuk, dan menyentuh apa yang ada dalam buku
  • Meningkatkan keterampilan bahasa dengan mempelajari lebih banyak kata
  • Mengembangkan konsentrasi dan kreativitas
  • Mendukung perkembangan sosial dan emosional
  • Mendorong anak menjadi pribadi yang gemar membaca.
Anda bisa mengajak anak berusia 1 tahun membaca buku setiap hari sebelum tidur. Lakukan hal ini sambil memangkunya atau biarkan ia memeluk Anda supaya lebih tenang dan terhubung dengan baik.

Jenis buku untuk anak 1 tahun

Buku edukasi anak 1 tahun umumnya berisi halaman-halaman berfrasa sederhana atau sebaris teks yang berhubungan dengan gambar di dalamnya. Pilihlah buku untuk bayi 1 tahun dengan kriteria berikut: 
  • Buku dengan gambar dan cerita sederhana

 
ibu mengajak anak membaca
Pilih buku berisi gambar agar anak lebih tertarik
Dalam memilih buku untuk anak 1, hindari buku berteks panjang tanpa gambar. Sebaiknya, cari buku yang memiliki gambar lebih rinci dengan cerita sederhana agar si kecil lebih tertarik. Gambarnya dapat berupa anak-anak yang melakukan aktivitas sehari-hari, binatang, tokoh kartun, atau lainnya.  
  • Buku yang dilengkapi dengan musik

 Selain buku bergambar, Anda juga bisa membelikan buku untuk bayi 1 tahun yang dilengkapi musik. Buku ini umumnya berupa suara perpaduan berbagai alat musik, suara hewan, ataupun lagu anak-anak yang menyenangkan. 
  • Bentuk buku kokoh

 
ibu menemani anak membaca buku
Buku yan kokoh tidak mudah rusak saat dimainkan si kecil
Di samping isi buku, bentuk buku juga penting untuk diperhatikan. Pilihlah buku yang kokoh, seperti board book atau vinyl, agar tidak mudah rusak atau robek saat dimainkan si kecil. Selain itu, buku dengan pegangan juga bisa menjadi pilihan yang tepat supaya mudah digenggam bayi.Buku edukasi anak 1 tahun haruslah menyenangkan sekaligus dapat menambah keterampilan yang dimilikinya. Cobalah untuk membuat si kecil antusias dan tidak merasa cepat bosan saat membacakan buku.

Tips ajak anak membaca buku

Setelah menemukan buku untuk anak 1 tahun yang tepat, Anda dapat mengajak si kecil membacanya sambil memerhatikan sejumlah aspek berikut. 
  • Luangkan waktu

 Luangkanlah waktu untuk mengajak anak membaca. Tidak perlu berlama-lama, tapi pastikan tidak ada gangguan sehingga perhatian Anda bisa lebih fokus untuk melakukan aktivitas ini dengan anak.  
  • Biarkan anak memilih buku

 Biarkan anak memilih buku yang ia ingin Anda bacakan. Jika ia menunjuk atau mengambil sebuah buku, segera bacakan buku tersebut untuk membuatnya merasa terlibat dan senang. 
  • Buat suasana yang menyenangkan

 Ketika membacakan buku, cobalah gunakan nada suara yang berbeda-beda agar cerita lebih hidup sehingga anak bisa terhibur. Misalnya, tirukan suara kicauan burung, hembusan angin, atau auman singa. 
  • Jadikan membaca buku sebagai rutinitas

 Anda harus menjadikan kegiatan membaca sebagai rutinitas harian. Namun, tak perlu membacakan buku yang berbeda-beda untuknya setiap hari karena anak-anak umumnya suka mendengar cerita yang sama berulang kali.Menanamkan rasa gemar membaca bisa dimulai sejak dini. Jadi, jangan ragu membelikan buku edukasi anak 1 tahun.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan anak, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
tumbuh kembang anakperkembangan anakmembesarkan anak
Kids Health. https://kidshealth.org/en/parents/reading-babies.html
Diakses pada 29 Juni 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/childrens-health/reading-to-children#tips-for-reading
Diakses pada 29 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait