Pilih Krim Penghilang Flek Hitam dengan Kandungan yang Cocok untuk Kulit Anda

Krim penghilang flek hitam harus berdasarkan jenis kulit dan kandungannya
Saat memilih krim penghilang flek hitam, ketahui dulu kandungannya.

Semakin tua usia seseorang, nampaknya makin banyak masalah kulit yang datang. Salah satunya flek hitam pada wajah. Masalah kulit ini tergolong sangat umum, sehingga banyak jenis krim penghilang flek hitam yang dijual bebas di pasaran.

Namun jangan sampai salah pilih produk. Pasalnya, penggunaan krim untuk menyamarkan flek hitam tentu harus berdasarkan jenis kulit dan kandungannya.

Mengapa muncul flek hitam di wajah?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai krim penghilang flek hitam, ada baiknya Anda mengetahui penyebab flek hitam terlebih dulu.

Flek hitam muncul akibat kulit memproduksi melanin yang berlebih alias hiperpigmentasi. Melanin adalah zat yang memberi warna pada kulit. Orang-orang dengan kulit berwarna gelap, punya kecenderungan lebih besar untuk mengalami flek hitam.

Penyebab utama kemunculan flek-flek berwarna coklat terang hingga hitam tersebut adalah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Karena itu, flek sering muncul di area wajah yang biasanya memang tidak tertutupi. 

Tidak hanya cahaya matahari, ada juga sederet penyebab umum lain di balik flek hitam. Misalnya, perubahan kadar hormon karena kehamilan atau penggunaan pil kontrasepsi. Keduanya dapat memperjelas flek hitam yang sudah ada, atau menimbukan flek-flek baru di wajah, leher dan ketiak Anda. Kondisi itu disebut melasma.

Penderita penyakit kulit, seperti jerawat, eksim dan psoriasis, juga bisa sering mengalami masalah flek hitam pada kulit. Pasalnya, bekas-bekas yang ditinggalkan oleh peradangan kulit ketika penyakitnya kambuh bisa menjadi flek-flek hitam. 

Cukup sulit mencegah kemunculan flek hitam secara total. Meski begitu, krim pencerah wajah dan krim penghilang flek hitam mungkin bisa jadi solusinya.

Jenis krim penghilang flek hitam yang bisa Anda gunakan

Flek hitam bukanlah penyakit yang perlu diobati. Sebagian orang tidak masalah dengan kemunculan hiperpigmentasi tersebut. Namun bagi sebagian orang lainnya, flek hitam (terutama pada wajah) sangatlah mengganggu penampilan, sehingga perlu dihilangkan.

Tindakan perawatan di klinik kecantikan biasanya berbiaya mahal dan memunculkan efek samping, meskipun hasilnya seringkali sangat efektif. Sebagai alternatif, krim penghilang flek hitam kerap menjadi pilhan untuk dicoba. Berikut beberapa jenis krim yang mampu mengurangi penampakan flek hitam di wajah:

Krim hydroquinone

Kandungan hydroquinone dalam krim penghilang flek hitam berfungsi memperlambat produksi melanin di kulit. Jadi, selain semakin menyamarkan flek-flek hitam di wajah, krim ini juga bisa membuat warna kulit semakin cerah. 

Krim hydroquinone dengan kandungan 2% umumnya dijual bebas di apotek maupun toko-toko yang menjual produk perawatan kulit. Sementara krim wajah dengan kandungan hydroquinone yang lebih tinggi hanya bisa Anda dapatkan dengan resep dokter.

Hydroquinone tergolong zat yang keras dan efektif untuk mencerahkan kulit. Namun ingatlah bahwa zat ini justru bisa meracuni kulit bila konsentrasinya tinggi.

Penggunaan krim hydroquinone di atas 4% yang terlalu lama dapat menyebabkan iritasi dan malah memperparah hiperpigmentasi. Karenanya, Anda butuh konsultasi dengan dokter kulit jika ingin menggunakan krim dengan kandungan hydroquinone yang tinggi.

Krim tretinoin

Krim penghilang flek hitam yang juga cukup sering diresepkan dokter adalah krim tretinoin. Kandungan tretinoin berfungsi mencerahkan kulit wajah. Tretinoin akan mendukung pergantian sel-sel kulit wajah yang rusak akibat paparan sinar matahari dengan sel-sel kulit yang lebih sehat. 

Selain menghilangkan flek hitam, krim tretinoin juga membantu dalam menjaga kebersihan pori-pori, sehingga mengurangi risiko kemunculan jerawat. Kerutan-kerutan dangkal pada kulit wajah pun bisa disamarkan lewat penggunaan krim ini. 

Krim tretinoin harus digunakan sesuai dengan resep dokter, sebab tretinoin tergolong berbahaya jika digunakan oleh wanita hamil. Pasalnya, penggunaan krim ini pada wanita hamil memiliki efek samping yang membahayakan janin. 

Krim vitamin C

Krim yang mengandung vitamin C juga berfungsi mencerahkan wajah dan mengurangi hiperpigmentasi. Dibandingkan dua krim penghilang flek hitam lainnya, krim vitamin C tergolong lebih ringan untuk kulit, dan risikonya lebih kecil untuk menyebabkan iritasi jika dibandingkan dengan krim hydroquinone

Perlu diingat, upaya memberantas flek-flek hitam dengan penggunaan krim penghilang penghilang flek hitam membutuhkan waktu yang cukup lama. Anda mesti bersabar sembari melindungi kulit dari paparan sinar matahari untuk mencegah masalah kulit lebih lanjut. Semoga bermanfaat!

Young Women’s Health. https://youngwomenshealth.org/2013/02/06/dark_spots_on_face/
Diakses pada 17 Juni 2019

American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/skin-hair-nails/skin-care/skin-of-color
Diakses pada 17 Juni 2019

WebMD. https://www.webmd.com/beauty/features/dark-spots-skin-hyperpigmentation#1
Diakses pada 17 Juni 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed