Pilates, Olahraga Lembut dan Ringan dengan Segudang Manfaat


Bingung mencari latihan yang cocok untuk menguatkan otot inti tubuh, meningkatkan keseimbangan, serta memperbaiki postur tubuh? Cobalah simak ulasan mengenai latihan pilates.

0,0
09 May 2019|Aby Rachman
Pilates merupakan senam yang mengedepankan latihan untuk gerakan menstabilkan dan memperkuat otot inti AndaLatihan pilates sendiri biasanya dilakukan dalam urutan tertentu, satu demi satu
Pilates adalah olahraga yang menitikberatkan pada latihan kelenturan, kekuatan otot, dan ketahanan untuk mendapatkan postur tubuh, kekuatan otot inti, serta keseimbangan yang baik. Gerakan pilates juga kerap dilakukan dalam rehabilitasi fisik pada orang dengan penyakit tertentu.Pilates berbeda dengan yoga, meski beberapa gerakannya terlihat mirip. Olahraga ini termasuk sebagai olahraga intensitas rendah, tapi manfaatnya untuk kesehatan sangatlah beragam.Latihan pilates sendiri biasanya dilakukan dalam urutan tertentu, satu demi satu. Gerakan tersebut memiliki nama-nama yang menarik, seperti "The 100," Criss-Cross," "Elephant," dan "Swan."

Apa yang dilakukan saat senam pilates?

Perlu Anda pahami bahwa pilates bukan termasuk dalam deretan latihan kardio. Intensitas gerakan cenderung menengah tanpa membutuhkan aktivitas tinggi dan berat dalam melakukannya.Fokus latihan pilates berada pada konsentrasi dan pernafasan sehingga dapat melatih otot inti dengan gerakan ringan dan relatif lebih tenang. Posisi dan gerakan yang dilakukan saat pilates akan meningkatkan kekuatan, kestabilan, dan fleksibilitas.Jika Anda bingung mencari latihan yang mudah untuk dilakukan tanpa membutuhkan banyak perlengkapan khusus, pilates akan menjadi pilihan yang paling tepat.Anda dapat melakukan pilates di atas matras, baik di sanggar olahraga atau di rumah dengan memerhatikan video di internet.Kelas pilates biasanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit hingga satu jam, tetapi Anda dapat memilih lebih sedikit gerakan untuk waktu yang lebih singkat.Meskipun begitu, jika dilakukan dengan memperhatikan teknik yang tepat, Anda akan mendapatkan otot yang lebih kuat, tubuh terbentuk ideal, postur indah, dan fleksibilitas tubuh.

Manfaat pilates

Berikut ini beberapa manfaat pilates untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan:
  1. Memperbaiki postur tubuh

Pilates sangat baik untuk memperbaiki postur tubuh, terutama kalau Anda termasuk orang yang punya kebiasaan duduk dalam posisi yang kurang tepat dan bungkuk.Dengan postur yang baik, maka posisi otot, ligamen, tulang, dan sendi akan normal. Pergerakannya pun akan lebih mudah. Tubuh akan jadi lebih seimbang dan Anda akan jadi lebih sehat.
  1. Meredakan sakit punggung

Karena latihan pilates baik untuk otot perut dan dasar panggul, maka olahraga ini bisa membantu mengurangi sakit punggung. Pilates akan melatih kedua otot ini dengan memicu gerakan kontraksi.Gerakan otot ini akan membantu melindungi dan menjaga otot tetap stabil, sehingga rasa nyeri akan berkurang.
  1. Mencegah cedera

Pilates sangat baik untuk menyeimbangkan otot tubuh, sehingga tidak terlalu tegang, kendur, dan kaku. Orang yang memiliki otot yang tidak seimbang memiliki risiko lebih besar mengalami cedera.Pilates juga akan melatih kekuatan gerak sehingga otot bisa menopang tubuh dengan baik dan stabil.
  1. Menguatkan otot inti

Salah satu manfaat pilates yang utama adalah menguatkan otot inti atau otot di sekitar perut dan punggung. Kelompok otot inilah yang berperan menopang tubuh.Dengan otot inti yang kuat, maka risiko terjadinya sakit punggung dan gangguan lainnya di area panggul maupun perut akan berkurang.
  1. Meningkatkan kelenturan dan keseimbangan

Saat pilates, Anda akan melakukan gerakan yang pelan, tepat dan terkontrol. Gerakan ini lama kelamaan akan meningkatkan kelenturan dan keseimbangan, membuat Anda lebih mudah melakukan kegiatan sehari-hari.Sebab, pilates tidak hanya melatih kekuatan tapi juga sekaligus akan meregangkan otot-otot yang ada di tubuh.
  1. Menguatkan tulang

Untuk orang yang memiliki gaya hidup pasif, jarang olahraga, maupun melakukan aktivitas fisik lainnya, berisiko lebih besar mengalami gangguan tulang seperti osteoporosis dan osteoarthritis.Orang yang mengalami gangguan tersebut, kepadatan tulangnya biasanya akan berkurang. Pilates bisa menambah kepadatan tulang.
  1. Baik untuk kesehatan mental

Rutin melakukan pilates baik untuk kesehatan mental karena dapat meningkatkan suasana hati, menurunkan stres, bahkan menambah motivasi.Teknik pernapasan yang dilatih saat pilates akan memberikan efek menenangkan, bahkan menurunkan hormon kortisol yang merupakan pemicu stres.Sebaliknya pilates bisa memicu naiknya produksi endorphin yang akan memperbaiki suasana hati.Penelitian menyebutkan bahwa pilates berguna untuk menurunkan kecemasan, rasa lelah, dan gejala depresi.Pilates juga dinilai bisa memicu motivasi dari dalam diri dan melatih seseorang untuk tidak melulu mencari validasi dari orang lain.

Apakah semua orang boleh melakukan pilates?

Jika Anda memasuki usia lanjut, hampir tak pernah berolahraga selama beberapa waktu, atau memiliki masalah kesehatan, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan olahraga baru, termasuk pilates. Begitu juga dengan ibu hamil yang ingin mulai pilates sebaiknya menanyakan dulu ke dokter kandungan.Latihan pilates sebenarnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang. Bila Anda baru pertama memulai pilates, lakukan secara bertahap dan tingkatkan intensitas. Pilates tidak disarankan untuk orang-orang dengan kondisi berikut:
  • Tekanan darah tidak stabil
  • Risiko pembekuan darah
  • Osteoporosis parah
  • Herniated disc alias saraf kejepit
Untuk menghindari cedera, pastikan Anda berlatih bersama instruktur yang berpengalaman.

Sebelum melakukan pilates

Saat Anda memutuskan untuk melakukan pilates, perhatikan hal-hal penting berikut ini:
  • Pastikan untuk selalu melakukan konsultasi pada dokter agar Anda mendapatkan anjuran untuk latihan yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.
  • Pastikan pula Anda mencari kelas atau instruktur yang benar-benar terlatih untuk dapat mengajarkan teknik yang benar dalam tiap gerakannya. Hal ini penting sebab banyak pelatih pilates yang sebenarnya tidak bersertifikat.
  • Lakukan gerakan perlahan sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan memaksakan beragam tantangan jika Anda memang belum menguasai gerakan dasar untuk menghindari cidera.
  • Usai latihan, rasa kram otot atau kaku sangat lumrah terjadi. Hal ini merupakan tanda bahwa otot Anda akan menguat. Jadi, upayakan untuk memberikan istirahat pada otot dan lanjutkan latihan dengan konsisten.
  • Jika muncul rasa sakit atau tidak nyaman yang tidak wajar, segera lakukan konsultasi pada dokter.
Itulah beberapa hal penting seputar latihan pilates yang dapat Anda pahami. Jadi, apakah Anda tertarik mencoba pilates?
pilatesolahraga ibu hamilyoga
WebMD. https://www.webmd.com/fitness-exercise/a-z/what-is-pilates
Diakses pada Oktober 2018
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/in-depth/pilates-for-beginners/art-20047673
Diakses pada Februari 2019
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/pilates-benefits
Diakses pada 23 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait