Pijat Bayi Kembung, 5 Teknik Mudah yang Pererat Hubungan dengan Anak

(0)
22 Oct 2020|Azelia Trifiana
Ketahui teknik pijat bayi kembung untuk atasi anak rewelTeknik pijat bayi kembung dapat membuat bayi rileks
Ada alasan mengapa bayi perlu ditepuk perlahan punggungnya dalam posisi tegak setelah menyusu, yaitu agar sendawa. Menggendong dan pijat bayi kembung membantu bayi mengeluarkan gas yang terperangkap di perut. Jika tidak dikeluarkan, bisa menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan nyeri.Ciri-ciri bayi kembung biasanya membuat mereka lebih rewel dari biasanya. Ketika ditawari susu baik menyusu langsung maupun susu formula, bayi akan menolak. Jika ini yang terjadi, coba berikan pijatan agar perut kembung pada bayi bisa mereda.

Tahapan sebelum pijat bayi kembung

bayi mengangis
Bayi kembung cenderung rewel dari biasanya
Apapun pijatan atau metode yang akan diaplikasikan pada bayi, sebaiknya selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis anak Anda. Dengan demikian, bisa diketahui cara aman sekaligus efektif yang mungkin belum pernah terpikirkan sebelumnya.Tahapan yang harus dilakukan orangtua atau pengasuh sebelum memberikan pijatan untuk menghilangkan perut kembung pada bayi adalah:

1. Lihat mood anak

Sebelum memberikan pijatan, observasi terlebih dahulu mood bayi. Pastikan bayi sudah tenang dan kenyang sebelum mulai memijat. Jika bayi terlihat tidak nyaman saat dipijat, jangan memaksa untuk melanjutkan.Waktu terbaik untuk memijat bayi adalah saat pagi hari atau sebelum tidur. Pijatan untuk menghilangkan perut bayi kembung bisa dilakukan setiap hari atau beberapa hari sekali. Jika memijat dilakukan setelah anak menyusu, sebaiknya tunggu sekitar 45 menit agar anak tidak muntah.

2. Minta izin pada bayi

Tindakan sekecil apapun yang akan dilakukan pada bayi harus terlebih dahulu disampaikan. Istilahnya meminta izin kepada bayi untuk melakukan sesuatu, termasuk memijatnya. Mulai dengan sentuhan yang sangat lembut. Seiring dengan berlanjutnya pijatan, tekanan bisa ditambah.Sepanjang proses pijat, sebisa mungkin selalu pertahankan kontak mata dengan si kecil. Ini juga menjadi cara untuk melihat reaksi mereka, apakah senang atau tidak dengan rutinitas baru ini.3. Pilih lokasi yang tepatSaat memijat si kecil, pilih tempat yang tenang sekaligus hangat. Namun, hangat bukan berarti panas. Cari ruangan dengan sirkulasi udara baik dan sejuk. Beri alas handuk lembut di punggung mereka.Ketika memijat, sampaikan kepada bayi apa yang sedang dilakukan. Mulai dari bagian tubuh mana yang dipegang hingga apa tujuan dari melakukan pijatan itu. Selain itu, bisa juga digunakan lotion atau minyak kelapa VCO untuk membuat proses pijat menjadi lebih nyaman.

Cara pijat bayi kembung

ibu menggendong bayi
Pijat kembung akan membuat bayi nyaman kembali
Setelah memastikan beberapa hal di atas terpenuhi, saatnya mengaplikasikan pijatan untuk mengatasi perut kembung bayi.Sebagian besar pijatan untuk menggerakkan gas dalam perut akan dimulai dari perut kanan bawah. Ini adalah posisi awal usus besar. Kemudian, pijatan akan berakhir di perut kiri bawah.Jika orangtua atau pengasuh melihat ke arah bayi, artinya gerakan pijatan adalah dari kiri ke kanan.Beberapa teknik pijat bayi kembung di antaranya:
  • Hands of a clock

Bayangkan ada jam analog seperti jam dinding di perut bayi. Mulai gerakan dari arah jam 7 atau 8 dan gerakkan setengah lingkaran dari kiri ke kanan. Secara perlahan, beri tekanan saat menggeser tangan searah jarum jam. Satu tangan mengikuti gerakan tangan lainnya.
  • Paddling

Teknik pijatan ini menggunakan sisi tangan bagian dalam (dekat kelingking). Gerakkan tangan secara horizontal di sepanjang perut bayi, beri tekanan di dekat tulang rusuk. Kemudian, gerakkan tangan menurun. Satu tangan mengikuti yang lainnya.
  • Fulling

Tempatkan kedua ibu jari mendatar di atas perut bayi, tepat di atas pusar. Kemudian tekan secara perlahan dengan menjauhkan kedua ibu jari.
  • I Love You

Teknik pijatan ini cukup populer dan mudah dilakukan. Mulai dari sisi kanan pusar bayi dan gambarlah huruf I. Kemudian, lanjutkan dengan menggambar huruf L dimulai dari kiri atas pusar bayi dan berakhir di perut kanan bawah. Akhiri dengan menggambar huruf U terbalik dimulai dari perut kiri bawah, ke atas, dan berakhir ke perut kanan bawah.
  • Moonwalking

Mulai pijatan di sisi kiri atas pusar, kemudian jalankan jari telunjuk dan jari tengah di sepanjang tulang rusuk bayi, berakhir ke sisi kanan perutnya.Selain pijatan yang diberikan pada perut si kecil, ada teknik lain yang bisa diberikan seperti bicycle kick. Caranya dengan menggerakkan kedua kaki bayi layaknya mengayuh sepeda di udara saat mereka berbaring. Gerakan ini dapat merangsang bergeraknya gas serta melancarkan BAB.

Catatan dari SehatQ

Melakukan beberapa upaya di atas dapat membantu mengeluarkan gas dari pencernaan mungil bayi. Selain itu, hal ini juga bisa melancarkan konstipasi pada bayi.Bonusnya, rutinitas memijat si kecil akan menambah kedekatan orangtua dengan si kecil. Jika Anda ingin tahu lebih banyak seputar kolik atau cara efektif melancarkan pencernaan si kecil, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
bayi & menyusuiibu dan anakmengatasi bayi rewel
Heathline. https://www.healthline.com/health/baby/baby-massage-for-gas-2
Diakses pada 11 Oktober 2020
Baby Centre. https://www.babycentre.co.uk/l25014847/how-to-massage-your-baby-aiding-digestion-photos
Diakses pada 11 Oktober 2020
International Association of Infant Massage. https://www.iaim.net/massage-your-baby/oils-for-infant-massage/
Diakses pada 11 Oktober 2020
Tummy Calm. https://www.tummycalm.com/massage-techniques.html
Diakses pada 11 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait