Pijat Bayi dengan Minyak Telon, Ini Manfaat dan Cara Melakukannya Di Rumah

(0)
15 Sep 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat pijat bayi salah satunya bisa membuat ia tidur lebih nyenyak dan tidak rewelManfaat pijat bayi untuk si Kecil sangatlah berlimpah
Moms, tahukah Anda jika pijat bayi sangat baik untuk kesehatan Si Kecil? Manfaat pijat bayi antara lain adalah untuk melancarkan pencernaan, membuat tidur lebih nyenyak, dan yang terpenting bisa meningkatkan bonding antara orangtua dan anak.Pijat bayi juga bisa dilakukan sendiri di rumah selama Anda mengetahui teknik yang tepat. Umumnya, bayi dipijat menggunakan baby oil atau minyak telon. Kedua minyak tersebut dinilai aman untuk Si Kecil dan bisa memberikan manfaat tambahan untuk kesehatannya.

Ini manfaat pijat bayi yang baik untuk buah hati

Jika dilakukan secara teratur, ada banyak manfaat pijat bayi yang bisa didapatkan Si Kecil, seperti:
Manfaat pijat bayi dengan minyak telon bisa dekatkan ikatan ibu dan anak
Manfaat pijat bayi salah satunya adalah untuk mempererat bonding

1. Memperkuat bonding antara orangtua dan anak

Sentuhan lembut antar kulit anak dan orangtua, bisa memberikan “pesan” kepada Si Kecil bahwa ia dicintai. Pijat bayi juga akan meningkatkan komunikasi Anda dan buah hati, karena waktu pijat bisa sekaligus dijadikan sebagai quality time berdua.

2. Melancarkan pencernaan

Manfaat pijat bayi selanjutnya adalah untuk membantu melancarkan pencernaan. Saat dipijat, saluran pencernaan bayi akan terstimulasi dan meredakan berbagai gangguan pencernaan seperti perut kembung, kram, dan sembelit.

3. Membuat bayi lebih rileks, merasa aman, dan nyaman

Saat dipijat, sistem saraf pusat bayi akan terstimulasi. Hal ini kemudian akan memicu produksi serotonin, suatu zat kimia di otak yang berperan memberikan perasaan bahagia pada manusia, termasuk bayi.Pijat bayi juga akan menurunkan produksi kortisol, hormon yang diproduksi ketika stres. Sehingga, detak jantung maupun pernapasan bayi perlahan akan melambat, serta membuatnya merasa lebih rileks dan nyaman.
Manfaat pijat bayi bisa merangsang pertumbuhan bayi
Manfaat pijat bayi untuk pertumbuhan sangatlah baik

4. Merangsang pertumbuhan

Dengan dipijat secara teratur, otot-otot bayi akan lebih rileks, nyeri atau sakit yang dirasakan karena tumbuhnya organ-organ di tubuh seperti gigi, juga akan berkurang.Pijat bayi juga akan menstimulasi pertumbuhannya, terutama bagi bayi yang lahir prematur.

5. Membuat bayi tidur lebih nyenyak

Saat bayi merasa rileks, nyaman, dan bahagia, maka akan lebih mudah juga baginya untuk tertidur lelap. Pijat bayi juga bisa mengurangi kolik pada bayi yang seringkali mengganggu waktu tidurnya.

Kapan waktu terbaik untuk pijat bayi?

Setelah melihat manfaat pijat bayi di atas, Anda mungkin sudah tidak sabar untuk melakukannya pada Si Kecil.Namun ingat, ada waktu-waktu di mana sebaiknya kegiatan ini tidak dilakukan, seperti saat bayi baru selesai makan. Sebab, anak berisiko muntah jika langsung dipijat setelah makan. Jadi, sebaiknya tunggu sekitar 45 menit sesudah Si Kecil makan apabila Anda ingin memijatnya.Hal yang harus diperhatikan juga saat ingin menentukan waktu pijat adalah mood bayi. Jika saat Anda mulai menyentuhnya ia terlihat tenang dan nyaman, maka silahkan untuk melanjutkan pijatan tersebut.Sebaliknya, jika setelah mulai dipijat, tubuh bayi mulai tegang atau kaku, maka sebaiknya tunda terlebih dahulu.Sebenarnya tidak ada waktu yang jadi acuan pasti untuk melakukan pijat bayi. Anda bisa melakukannya selama bayi merasa nyaman. Anda bisa melakukannya saat pagi, siang, maupun malam. Pijat bayi yang dilakukan malam hari bahkan baik untuk membuatnya tidur lebih nyenyak setelahnya.

Minyak yang baik digunakan untuk pijat bayi

Baby oil dan minyak telon untuk pijat bayi
Baby oil dan minyak telon baik digunakan untuk pijat bayi
Saat memijat bayi, Anda disarankan menggunakan minyak yang aman untuk kulit Si Kecil. Biasanya di Indonesia, jenis minyak seperti baby oil dan minyak telon banyak digunakan.

Baby oil untuk pijat bayi

Baby oil bisa digunakan untuk pijat bayi, terutama untuk bayi baru lahir. Terkadang, minyak ini juga digunakan untuk melembabkan kulit bayi.Namun, efek melembabkan tersebut tidak akan maksimal pada kulit bayi yang baru lahir, karena kulit yang belum bisa menyerap minyak dengan baik.Meski umumnya aman, penggunaan baby oil untuk pijat bayi juga bisa menyebabkan alergi atau iritasi bagi beberapa bayi. Jadi, Anda sebaiknya melakukan tes alergi sederhana terlebih dahulu sebelum mengoleskannya ke tubuh Si Kecil.Untuk melakukan tes ini, cukup teteskan sedikit baby oil ke tangan atau bagian kulit bayi yang lain, lalu tunggu beberapa saat untuk melihat reaksinya. Jika tidak ada reaksi berarti, maka baby oil tersebut aman untuk kulit bayi Anda.

• Minyak telon untuk pijat bayi

Minyak telon juga sangat baik untuk dipakai saat pijat bayi. Sebab, minyak ini mengandung beberapa bahan yang telah terbukti bermanfaat untuk buah hati, seperti:
  • Minyak adas
  • Minyak kayu putih
  • Minyak kelapa
Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), penggunaan minyak telon bisa melebarkan pembuluh darah di area yang dioles. Jadi, akan timbul sensasi hangat dan mengurangi nyeri yang sedang dirasakan bayi. Itulah alasannya, bayi merasa nyaman setelah tubuhnya diolesi minyak telon.Namun ingat, meski bermanfaat, penggunaan minyak telon pada bayi juga harus sesuai aturan. Jika terlalu sering diolesi minyak telon, kulit bayi berisiko mengalami iritasi dan ruam.Minyak telon juga sebaiknya tidak digunakan di area dekat wajah, karena berisiko masuk ke mata, mulut, ataupun hidung anak.Sama seperti penggunaan baby oil, pemakaian minyak telon juga sebaiknya diawali dengan tes alergi sederhana.

Teknik dan cara pijat bayi yang tepat

Berikut ini teknik dan cara pijat bayi yang perlu Anda perhatikan.

• Persiapan sebelum pijat bayi

Sebelum melakukan pijat bayi, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan dan lakukan, yaitu:
  • Pilih waktu saat bayi sedang tenang, tidak lapar, maupun lelah. Lihatlah saat ia tertarik dengan hal-hal yang ada di sekitarnya. Dengan begitu, saat dipijat, ia akan lebih mudah terhubung dan berkomunikasi dengan Anda.
  • Baringkan bayi di atas handuk maupun selimut berbahan lembut agar ia nyaman dan aman.
  • Pilih posisi yang nyaman untuk Anda maupun bayi. Posisi yang tepat akan memudahkan Anda melakukan kontak mata dengan Si Kecil.
  • Pilih tempat yang tidak terlalu dingin dan pencahayaannya pas, tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap.
  • Anda bisa memijat bayi dengan atau tanpa popok. Namun jika Anda memutuskan bayi tetap memakai popok, setidaknya kendurkan sedikit popok yang sedang digunakan.
Cara pijat bayi di rumah, pegang kaki dan pergelangan tangannya bersamaan
Saat memijat bayi, genggam pergelangan kakinya sebagai tumpuan

• Teknik saat memijat bayi

Saat Anda dan bayi sudah sama-sama berada di posisi yang nyaman, maka sesi pijat bisa dimulai.Sebelum mengoleskan minyak telon di kulit bayi, biasakan meminta izin pada bayi, dengan berbicara “Pijatnya mama mulai, ya” atau “Mama boleh tidak memijat Adik?”. Mungkin hal ini terdengar aneh, tapi percayalah bayi bisa menangkap kata-kata itu.Setelah itu, Anda dapat memulai sesi pijat bayi dengan teknik berikut ini.
  • Sentuh salah satu kakinya dengan satu tangan, lalu tangan lain memegang pergelangan kakinya.
  • Mulai pijat dengan lembut kaki bayi dari bawah ke atas, hingga paha. Lakukan gerakan sedikit memutar.
  • Lalu ganti tangan Anda dan lakukan langkah serupa di kaki yang sama.
  • Ulangi lagi tahap tersebut untuk kaki bayi yang lain.
  • Selanjutnya, lakukan pijat di telapak kaki bayi dengan cara menangkupkan kedua kakinya dan menggerakkan ibu jari Anda dari bawah ke atas. Gerakan satu arah ini dilakukan mulai jari-jari kaki ke tumit.
  • Gerakan yang sama juga bisa dilakukan di tangan.
  • Lakukan gerakan pijat bayi di masing-masing kaki dan tangan selama 1 menit.
  • Setelah selesai, Anda bisa berpindah ke bagian perut atau punggung bayi.
  • Lakukan gerakan pijat di kedua bagian tersebut masing-masing selama 5 menit.
  • Jika bayi terlihat menikmatinya, maka Anda bisa mengulangi gerakan pijat tersebut dari awal.
  • Selama pijat, jangan lupa ajak anak untuk kontak mata dan ngobrol atau bahkan bernyanyi. Dengan begitu, ikatan antara ibu dan anak akan semakin erat.

• Tips aman memijat bayi

Meski telah melakukan persiapan dan teknik memijat yang baik, tapi tips aman di bawah ini tidak ada salahnya untuk tetap Anda lakukan.
  • Pastikan bahwa minyak yang digunakan benar-benar aman untuk kulit bayi.
  • Saat memijat tangan atau kaki bayi, selalu pegang pergelangan tangan maupun kakinya agar posisinya tetap stabil.
  • Saat memijat perut bayi, lakukan gerakan memutar sesuai arah jarum jam
  • Jika di tengah-tengah pijat bayi menangis, tidak nyaman, atau tertidur, maka segera hentikan pijatan.
Pijat bayi menggunakan minyak telon bisa menjadi pilihan aman dan praktis untuk orangtua di rumah. Selama pijat dilakukan sesuai anjuran, maka manfaatnya pun akan terasa signifikan untuk tumbuh kembang Si Kecil.
menidurkan bayitumbuh kembang bayikolik pada bayibayi menangismerawat bayiadv sidola
Web MD. https://www.webmd.com/parenting/baby/what-baby-skin-care-products-do-you-need-your-newborn
Diakses pada 11 September 2020
Parents. https://www.parents.com/baby/care/newborn/the-benefits-of-baby-massage/
Diakses pada 11 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/parenting/baby-massage
Diakses pada 11 September 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/infant-massage/art-20047151
Diakses pada 11 September 2020
NCT. https://www.nct.org.uk/baby-toddler/everyday-care/baby-massage-tips-and-benefits
Diakses pada 11 September 2020
IDAI. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/memilih-produk-kulit-untuk-si-kecil
Diakses pada 11 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait