Picu Penumpukan Lemak, Makanan Penyebab Perut Buncit Ini Harus Dihindari


Menghindari makanan penyebab perut buncit adalah salah satu cara untuk mencegah penumpukan lemak. Beberapa makanan yang jadi pemicunya seperti makanan manis, berlemak, hingga fast food.

(0)
Kebiasaan mengonsumsi makanan penyebab perut buncit dapat membahayakan kesehatanPerut buncit tak hanya memengaruhi penampilan, melainkan juga kesehatan Anda
Perut buncit adalah kondisi saat perut memiliki banyak kelebihan lemak. Kondisi ini bisa dipicu oleh berbagai macam faktor, salah satunya pola makan yang tidak sehat. Agar kondisi ini tidak Anda alami, ada beberapa makanan penyebab perut buncit yang sebaiknya dihindari. Makanan apa sajakah itu?

Beragam makanan penyebab perut buncit

Makanan penyebab perut buncit sering dikonsumsi sehari-hari karena dianggap memiliki cita rasa yang lebih lezat dibandingkan makanan sehat. Apabila kebiasaan ini diteruskan, perut Anda akan semakin membesar. Selain itu, Anda menjadi lebih berisiko terserang penyakit-penyakit seperti obesitas, diabetes tipe 2, sakit jantung, dan kanker.Berikut ini beragam makanan yang membuat perut buncit jika dikonsumsi secara berlebihan:

1. Makanan manis

Makanan manis seperti kue dan permen umumnya mempunyai kandungan gula yang tinggi. Tubuh memang membutuhkan gula sebagai sumber energi dalam tubuh, namun jumlahnya yang berlebihan tentu tidak baik untuk kesehatan.Sebuah studi menunjukkan hubungan antara asupan gula berlebihan dengan meningkatnya jumlah lemak di perut. Selain membuat perut buncit, konsumsi makanan dengan kandungan gula tinggi juga memicu penurunan sensitivitas insulin dan meningkatkan risiko diabetes. 

2. Makanan berlemak

Lemak merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, tetapi mengonsumsinya secara berlebihan akan membuat perut menjadi buncit. Ada 3 jenis lemak makanan yang membuat perut buncit, di antaranya lemak trans, lemak jenuh, dan lemak omega-6. Lemak-lemak ini terkandung di dalam makanan seperti daging berlemak tinggi, susu full cream, permen (lemak jenuh), makanan kemasan (lemak trans), minyak jagung, minyak kedelai, dan minyak biji bunga matahari (lemak omega-6). Tidak hanya menjadi makanan penyebab perut buncit, konsumsinya secara berlebihan juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

3. Makanan dengan kandungan garam tinggi

Keripik kentang dengan banyak garam merupakan salah satu makanan penyebab perut buncit
Kandungan garam yang tinggi dalam keripik kentang dapat menyebabkan perut buncit
Camilan seperti keripik kentang merupakan salah satu pantangan makanan untuk perut buncit. Jenis makanan ini perlu dihindari karena umumnya memiliki kandungan garam tinggi. Asupan garam yang berlebihan membuat tubuh menahan banyak air dan menyebabkan penumpukan lemak di tubuh, termasuk perut.

4. Makanan yang digoreng

Jika Anda tidak ingin memiliki perut buncit, sebaiknya hindari makanan-makanan yang diolah dengan cara digoreng. Tubuh membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencerna gorengan karena tingginya kandungan lemak. Akibatnya, konsumsi dalam jumlah banyak makanan yang digoreng mengakibatkan perut buncit karena penumpukan lemak.

5. Daging olahan

Daging olahan seperti kornet dan sosis merupakan salah satu makanan yang digemari banyak orang karena mudah untuk disajikan dan memiliki cita rasa enak. Sayangnya, konsumsi daging olahan secara berlebihan dapat membuat perut menjadi buncit karena punya kandungan kalori dan lemak yang tinggi.Selain itu, sering mengonsumsi makanan ini juga meningkatkan risiko Anda terserang penyakit jantung dan stroke. Daging olahan juga tidak baik untuk kesehatan pencernaan karena minim akan kandungan serat.

6. Makanan berkarbohidrat

Karbohidrat memang diperlukan oleh tubuh sebagai sumber energi. Namun, konsumsinya secara berlebihan dapat menjadi penyebab perut buncit. Oleh sebab itu, Anda harus bisa mengontrol asupan karbohidrat yang masuk dalam tubuh agar tidak memicu penumpukan lemak. Makanan dengan karbohidrat yang membantu menjaga lemak perut tetap rendah, di antaranya ubi jalar dan nasi merah.

7. Makanan cepat saji

Makanan penyebab perut buncit salah satunya adalah fast food
Kalori dalam fast food sangat tinggi dan menyebabkan perut buncit
Makanan cepat saji seperti pizza memiliki jumlah kalori yang tinggi. Selain itu, makanan ini umumnya dibuat dengan menggunakan bahan yang tidak sehat seperti tepung dan daging olahan.Apabila Anda ingin menikmati makanan-makanan seperti yang dijual di restoran cepat saji, cobalah untuk membuatnya sendiri. Dengan begitu, Anda bisa mengontrol bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya.

Bagaimana cara mengempiskan perut buncit?

Perut buncit tak hanya memengaruhi penampilan, melainkan juga kesehatan Anda secara keseluruhan. Untuk mengatasinya, Anda harus mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Beberapa tindakan yang bisa dilakukan, antara lain:
  • Berhenti merokok
  • Beristirahat dengan cukup
  • Mengelola stres dengan melakukan hobi, mendengarkan musik, meditasi, dan yoga
  • Rutin berolahraga untuk membakar kalori dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan
  • Menerapkan pola makan sehat dengan banyak mengonsumsi buah, sayur, daging tanpa lemak, dan karbohidrat kompleks
Jika Anda kesulitan dalam menghilangkan lemak pemicu perut buncit, berkonsutasilah dengan dokter. Nantinya, dokter akan memberikan rekomendasi makanan dan gaya hidup yang dapat Anda terapkan untuk menghilangkan lemak tubuh.

Catatan dari SehatQ

Perut buncit disebabkan oleh penumpukan lemak. Supaya terhindar dari kondisi ini, Anda dapat mengurangi konsumsi makanan penyebab perut buncit mulai dari makanan manis, makanan berlemak, makanan dengan kandungan garam tinggi, serta fast food. Selain itu, menerapkan pola hidup sehat juga membantu Anda terhindar dari penumpukan lemak di perut.Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai makanan penyebab perut buncit, tanyakan langsung ke dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehatmakanan tidak sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/12-causes-of-belly-fat-gain
Diakses pada 4 Mei 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/11-foods-to-avoid-for-weight-loss
Diakses pada 4 Mei 2021
The Healthy. https://www.thehealthy.com/weight-loss/worst-foods-for-your-diet/
Diakses pada 4 Mei 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323309
Diakses pada 4 Mei 2021
NIH. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19381015/
Diakses pada 4 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait