Penyebab Perut Buncit Setelah Melahirkan Caesar dan Normal, Ibu Wajib Tahu


Penyebab perut buncit setelah melahirkan adalah adanya penumpukan lemak. Jika hendak mempercepat proses menghilangkan lemak perut, Anda bisa memulai olahraga, menyusui, banyak minum air putih, mengatur pola makan, dan memakai korset.

(0)
Penyebab perut buncit setelah melahirkan adalah penumpukan lemakPenyebab perut buncit setelah melahirkan adalah adanya penumpukan lemak
Penyebab perut buncit setelah melahirkan caesar adalah salah satu problem yang tersisa setelah proses persalinan.Hal ini kerap kali diakibatkan adanya penambahan berat badan sehingga perut pun terlihat buncit.Perut buncit setelah melahirkan buah hati merupakan kondisi yang normal terjadi.Kondisi ini bisa diatasi dengan berbagai macam cara. Namun, sebelum mengetahui cara mengecilkan perut setelah melahirkan, penting bagi Anda untuk mengetahui apa yang jadi penyebabnya.

Penyebab perut buncit setelah melahirkan caesar dan normal

Selama masa kehamilan, rahim Anda meregang karena menjadi tempat tinggal sementara untuk si Kecil.Peregangan pada rahim itu membuat perut Anda menjadi besar dan terlihat buncit meski telah melahirkan.Penyebab perut buncit setelah melahirkan caesar umumnya sama seperti mereka yang menjalani persalinan normal.Bedanya, pembengkakan yang terjadi akibat luka sayatan saat operasi mungkin akan membuat perut menjadi terlihat makin buncit.Nantinya, perut buncit setelah melahirkan akan menyusut dengan sendirinya.Selain mengetahui penyebab perut buncit setelah melahirkan caesar maupun normal, Anda perlu pahami bahwa setidaknya, butuh waktu sekitar 6 hingga 8 minggu untuk rahim menyusut dan kembali ke ukuran semula.Selain itu, penyebab buncit setelah melahirkan normal dan caesar bisa diatasi dengan adanya penyusutan dan pengeluaran cairan ekstra melalui urine, keringat, dan sekresi vagina.

Cara mengecilkan perut buncit setelah melahirkan

Banyak cara, termasuk cara alami, yang dapat dilakukan untuk mengembalikan ukuran dan bentuk perut seperti saat sebelum hamil.Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengencangkan perut setelah melahirkan:

1. Olahraga

Plank membantu mengencangkan perut yang buncit setelajh melahirkan
Plank membantu mengencangkan perut yang buncit setelajh melahirkan
Selain baik untuk kesehatan secara keseluruhan, olahraga secara teratur dapat membantu mengembalikan mengatasi penyebab buncit setelah melahirkan normal dan caesar.Jadi, bentuk perut Anda bisa mendekati seperti sebelum hamil.Berikut ini jenis latihan yang bisa membantu untuk membuat perut kencang kembali dan menurunkan berat badan usai melahirkan:
  • Forearm plank: Untuk melakukan gerakan ini, atur tubuh ke posisi plank dengan bagian bawah lengan menempel ke lantai. Kencangkan bokong, lalu tahan posisi itu selama 20 menit. Anda bisa menambah durasinya sesuai dengan kekuatan tubuh masing-masing.
  • Reverse crunch: Sebagai permulaan, Anda harus berbaring telentang di lantai dengan lutut ditekuk dan paha tegak lurus ke lantai. Dengan menggunakan otot perut, lakukan dorongan untuk mendekatkan lutut ke dada. Tahan posisi tersebut selama 2 menit dan ulangi sebanyak 10 kali.
  • Scissor kicks: Sebelum melakiukan gerakan scissor kicks, berbaringlah telentang di lantai dengan kaki lurus. Selanjutnya, angkat kedua kaki dan lakukan gerakan seperti sedang menggunting. Gerakan ini dilakukan dengan menurunkan, serta mengangkat kaki secara bergantian. Ulangi gerakan ini 15 hingga 20 kali.
Sebelum mengatasi penyebab perut buncit setelah melahirkan caesar dan normal dengan cara ini, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, terlebih jika proses persalinan dilakukan secara caesar.Nantinya, dokter akan memastikan apakah kondisi Anda sudah benar-benar pulih dan cukup kuat untuk melakukan latihan.

2. Mengatur pola makan

Saat merawat bayi yang baru lahir, Anda akan tergoda untuk mengonsumsi camilan manis seperti cokelat.Tentu, hal ini merupakan penyebab perut buncit setelah melahirkan caesar maupun normal.Selain itu, banyak pula ibu yang mengabaikan pola makan sehat.Agar perut tidak buncit setelah melahirkan caesar maupun normal, berikut beberapa camilan sehat yang bisa Anda konsumsi:
  • Oatmeal
  • Sayur dan buah
  • Sereal berserat tinggi
  • Yogurt rendah lemak dengan campuran granola maupun buah kering.

3. Menggunakan korset

Penggunaan kain seperti korset diyakini dapat mendorong perut buncit Anda masuk ke dalam.Apabila Anda menjalani persalinan caesar, pastikan luka bekas sayatan sudah benar-benar sembuh agar tidak terbuka kembali dan menimbulkan infeksi.

4. Menyusui

Menyusui mampu mengurangi lemak pada tubuh secara signifikan
Menyusui mampu mengurangi lemak pada tubuh secara signifikan
Menyusui adalah salah satu cara paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan penyebab buncit setelah melahirkan normal maupun caesar yang ada pada lemak perut.Aktivitas ini diketahui dapat membantu membakar kalori hingga 500 kkal dalam sehari.Selain itu, menyusui juga mendorong pelepasan hormon oksitosin yang merangsang kontraksi rahim dan membantunya untuk kembali ke ukuran semula.Jadi, penyebab perut buncit setelah melahirkan caesar dan normal tetapi bisa teratasi.

5. Banyak minum air putih

Konsumsi air putih rupanya menjadi cara menghilangkan perut buncit setelah melahirkan.Banyak minum air putih dapat membantu proses pembakaran lemak berlebih di sekitar perut Anda.Selain membantu membakar lemak, banyak minum air putih juga membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.Sebagai variasi dalam mengatasi penyebab perut buncit setelah melahirkan caesar dan normal, Anda bisa mencampurkan air putih dengan perasan jeruk lemon.Campuran kedua bahan ini berguna untuk proses detoksifikasi, yang dapat membantu mengurangi berat badan.Untuk membantu mengembalikan bentuk perut seperti sebelum hamil, minumlah air campuran lemon setidaknya satu kali dalam sehari di pagi hari.Perlu dicatat, waktu yang dibutuhkan masing-masing orang untuk mengembalikan perut ke ukuran semula dapat berbeda antara satu sama lain.Faktor-faktor penyebab perut buncit setelah melahirkan caesar dan normal, seperti genetik dan seberapa aktif Anda bergerak, turut berpengaruh pada waktu serta tingkat pengencangan perut.

6. Konsumsi probiotik

Probiotik bantu metabolisme tubuh sehingga lemak cepat terbakar
Probiotik bantu metabolisme tubuh sehingga lemak cepat terbakar
Salah satu cara mengecilkan perut buncit setelah melahirkan selanjutnya adalah dengan mengonsumsi probiotik.Dalam hal ini, probiotik berupa Lactobacillus rhamnosus mampu menyeimbangkan kadar bakteri baik yang ada di dalam tubuh.Efeknya, metabolisme lemak dan glukosa pun membaik. Oleh karena itu, berat badan pun bisa turun. Hal ini pun dipaparkan dalam riset dari Nutrients.

Catatan dari SehatQ

Penyebab perut buncit setelah melahirkan caesar dan normal adalah kondisi yang lumrah terjadi.Seiring berjalannya waktu, perut Anda nantinya bisa kempes dengan sendirinya.Meski begitu, beberapa tindakan seperti olahraga, menyusui, banyak minum air putih, mengatur pola makan, dan memakai korset bisa membantu mengencangkan perut buncit setelah melahirkan.Untuk berdiskusi lebih lanjut terkait perut buncit setelah melahirkan, cara mengatasinya, maupun perawatan setelah melahirkan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
operasi caesarkehidupan pasca melahirkanlatihan otot perutmelahirkan normal
Everyday Health. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/diabetes-and-insulin
Diakses pada 15 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/type-2-diabetes/insulin
Diakses pada 15 Desember 2020
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/insulin-action-reference-chart-1087281
Diakses pada 15 Desember 2020
Nutrients. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5984298/
Diakes pada 26 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait