Pertolongan Pertama Setelah Digigit Tikus dan Bahayanya Bila Tidak Diobati

(0)
Luka digigit tikus biasanya akan terlihat seperti luka tusukan kecil yang berdarahGigitan tikus biasanya menyebabkan luka yang muncul di tangan atau wajah
Digigit tikus mungkin saja terjadi apabila rumah dalam keadaan sangat kotor atau saat Anda tidur di lantai pada malam hari. Gigitan tikus biasanya menyebabkan luka yang muncul di tangan atau wajah. Lantas, apakah ini berbahaya? Bagaimana pertolongan pertama luka digigit tikus yang bisa dilakukan?

Pertolongan pertama luka digigit tikus yang perlu dilakukan

Sebelum mulai melakukan pertolongan pertama luka digigit tikus, pastikan Anda memastikan diri sudah aman dari jangkauan tikus.Pada dasarnya, hewan tikus takut dengan manusia. Yang paling penting Anda tidak membuat tikus merasa takut dan terancam, biarkan ia pergi sehingga Anda dapat mengamankan diri. Sebab, apabila tikus merasa takut dan terancam, ia semakin akan menyerang Anda.Namun, jika Anda digigit tikus yang merupakan hewan peliharaan orang lain, minta pemiliknya untuk mengamankan tikus tersebut.Luka digigit tikus biasanya akan terlihat seperti luka tusukan kecil yang berdarah dan menimbulkan pembengkakan. Segera lakukan langkah pertolongan pertama luka digigit tikus sebagai berikut:
  • Kontrol perdarahan yang muncul dengan cara menekan luka.
  • Bersihkan luka gigitan tikus, termasuk bagian kulit yang terluka, menggunakan sabun dan air hangat. Pastikan untuk membilas sabun dengan air hangat sampai bersih. Jika tidak, hal tersebut bisa menimbulkan iritasi.
  • Oleskan salep antibiotik pada bagian kulit yang terluka.
  • Tutup luka gigitan tikus yang sudah dibersihkan menggunakan perban yang bersih dan kering.
  • Jika mengalami luka gigitan tikus pada jari tangan, lepaskan semua cincin dari jari yang terluka untuk menghindari cincin tidak dapat dilepas bila jari membengkak.
Selalu perhatikan luka gigitan tikus dan kondisi tubuh Anda untuk mengetahui apakah ada tanda-tanda bahaya digigit tikus menimbulkan infeksi atau tidak.Apabila luka gigitan tikus menunjukkan tanda-tanda sembuh, sebaiknya tetap perhatikan apakah Anda mengalami demam atau gejala infeksi akibat gigitan tikus. Misalnya, kulit area luka yang terasa hangat saat disentuh, kulit kemerahan, keluar nanah, rasa nyeri berdenyut, demam, hingga nyeri sendi.

Apa bahaya digigit tikus?

Sebenarnya, luka gigitan tikus tidak selalu membahayakan dan bukan suatu kondisi yang serius.Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, luka digigit tikus biasanya akan terlihat seperti luka tusukan kecil yang berdarah dan menimbulkan pembengkakan.Namun, jika luka gigitan tikus mengalami infeksi maka nanah dapat keluar dari luka tersebut. Infeksi yang dikenal dengan demam gigitan tikus atau rat bite fever inilah yang dapat berbahaya.Oleh karena itu, selalu perhatikan kondisi tubuh Anda kalau mengalami demam gigitan tikus.

Gejala dan tanda-tanda demam gigitan tikus

luka digigit tikus yang mengalami infeksi bisa sebabkan demam
Luka gigitan tikus yang infeksi biasanya menyebabkan demam disertai ruam
Sebagian besar demam gigitan tikus dapat menyebabkan timbulnya ruam yang rata atau sedikit menonjol, berwarna merah atau ungu, serta terkadang menyerupai memar.Ada dua jenis demam gigitan tikus, yakni gigitan tikus streptobacillary (umumnya terjadi di Amerika Utara) dan demam gigitan tikus spirillary (lebih sering terjadi di Asia).Sebenarnya, demam gigitan tikus sama dengan gejala awal penyakit infeksi lainnya. Akan tetapi, ada beberapa perbedaan gejala demam gigitan tikus streptobacillary dan gejala demam gigitan tikus spirillary.

1. Demam gigitan tikus streptobacillary

Beberapa gejala dan tanda-tanda demam gigitan tikus streptobacillary, yakni:
  • Demam
  • Muntah
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot
  • Diare
  • Ruam kulit di tangan atau kaki, biasanya diiringi dengan sendi membengkak (ruam kulit muncul 2-4 hari setelah demam)
Gejala demam gigitan tikus ini umumnya akan muncul 3-10 hari setelah digigit tikus. Tetapi, bisa pula muncul lebih lambat hingga 3 minggu kemudian setelah luka gigitan tikus mulai berangsur sembuh.

2. Gejala demam gigitan tikus spirillary

Biasanya, luka gigitan tikus spirillary akan terlihat seperti sembuh lebih cepat. Gejala demam gigitan tikus spirillary dapat terjadi 1-3 minggu setelah digigit tikus. Adapun gejala demam gigitan tikus spirillary, antara lain:
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot
  • Sakit tenggorokan
  • Muntah
  • Demam mungkin hilang timbul atau muncul berulang kali
  • Iritasi atau luka gigitan tikus berubah menjadi borok
  • Muncul ruam di seluruh tubuh atau hanya pada area sekitar luka setelah luka gigitan tikus mulai sembuh
  • Pembengkakan kelenjar getah bening

Bagaimana cara mengobati demam gigitan tikus?

obat-obatan diperlukan untuk menyembuhkan luka digigit tikus
Mengobati demam gigitan tikus bisa dengan antibiotik
Jika Anda mengalami demam gigitan tikus, sebaiknya segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.Dokter akan meresepkan antibiotik untuk mengobati demam gigitan tikus yang perlu dikonsumsi 7-10 hari. Beberapa jenis obat antibiotik yang mungkin diresepkan dokter, yaitu amoxicillin, penicillin, erythromycin, atau doxycycline.Pasien dengan gejala demam gigitan tikus yang parah hingga berdampak pada jantung akan diberikan antibiotik penicillin dosis tinggi dan atau streptomycin atau gentamicin. Pada luka gigitan tikus yang parah, dokter mungkin juga akan memberikan antibiotik melalui suntikan.Kalau demam gigitan tikus tidak segera mendapatkan penanganan medis, maka kemungkinan risiko komplikasi dapat terjadi. Misalnya:
  • Abses (muncul kantong berisi cairan nanah yang disebabkan oleh infeksi)
  • Infeksi hati (hepatitis)
  • Infeksi ginjal (nefritis)
  • Infeksi paru-paru (pneumonia)
  • Infeksi otak dan sistem saraf (meningitis)
  • Infeksi jantung (endokarditis, miokarditis, atau perikarditis)
Kondisi komplikasi tersebut sangat berbahaya dan mengancam nyawa. Maka dari itu, sangat penting untuk menemui dokter atau pertolongan medis dengan segera akibat luka gigitan tikus. Jika setelah pertolongan pertama digiigit tikus muncul gejala medis yang tak biasa, terutama apabila menunjukkan tanda-tanda bahaya digigit tikus, sebaiknya segera temui dokter. 
penyakitpertolongan pertamacara mengusir tikus di rumah
Healthline. https://www.healthline.com/health/rat-bite-fever#complications
Diakses pada 7 Agustus 2020
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/how-to-treat-rat-bites-1298270
Diakses pada 7 Agustus 2020
Centers for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/rat-bite-fever/symptoms/index.html
Diakses pada 7 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait