Pertolongan Pertama pada Asam Urat, Seperti Apa?


Pertolongan pertama pada asam urat bisa dilakukan menggunakan obat-obatan maupun secara alami. Ketahuilah langkah-langkahnya, sebagai antisipasi.

0,0
20 Nov 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Pertolongan pertama pada asam urat bisa dilakukan pada persendian dekat jempol kakiPertolongan pertama pada asam urat antara lain dengan mengompres area jempol kaki yang bengkak
Pertolongan pertama pada asam urat tentu saja penting untuk diketahui. Apalagi, asam urat bisa tiba-tiba kambuh dan membuat rencana berantakan seharian. Sebab, kondisi ini bisa menyulitkan berjalan maupun tidur, akibat nyut-nyutan yang sangat menyiksa.Kemunculan asam urat biasanya ditandai dengan nyeri yang hebat dan tiba-tiba di sekitar ibu jari kaki. Secara bersamaan, di sekitar jempol akan membengkak serta menjadi kemerahan, terasa sakit dan panas bila disentuh.Gejala asam urat ini bisa datang dan pergi kapan saja. Terkadang malah tanpa penyebab yang jelas. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui langkah penanganan tepat untuk asam urat yang muncul secara tiba-tiba ini.

Pertolongan pertama pada asam urat

Penyakit asam urat terjadi ketika kadar asam urat (uric acid) di dalam tubuh Anda naik karena penumpukan di persendian. Akibatnya, tubuh mengalami kelebihan asam urat atau disebut hiperurisemia.Hiperurisemia yang tidak bergejala tidak perlu perawatan khusus dan akan sembuh dengan sendirinya. Namun jika sampai mengakibatkan persendian meradang, bengkak, merah, nyeri, dan panas ketika disentuh, Anda sebaiknya melakukan langkah pertolongan pertama pada asam urat sebagai berikut.

1. Memeriksakan diri ke dokter

Periksakan diri ke dokter saat asam urat muncul
Ya, pertolongan pertama pada asam urat yang paling utama adalah dengan pergi ke dokter, apalagi jika Anda belum pernah mengalami kondisi ini sebelumnya. Dokter akan terlebih dahulu memastikan kondisi asam urat, dengan cara mengeluarkan cairan dari sendi yang bengkak, kemudian memeriksanya di bawah mikroskop.Jika Anda positif mengidap asam urat, dokter akan meresepkan obat dan merekomendasikan perubahan gaya hidup. Dokter juga bisa memberikan saran mengenai cara mengatasi asam urat jika kondisi ini kembali kambuh di masa mendatang.

2. Menggunakan kompres dan beristirahat

Ketika asam urat terjadi secara tiba-tiba, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah beristirahat. Untuk meredakan bengkak dan peradangan di sekitar jempol kaki atau bagian sendi lain yang terkena asam urat, Anda bisa mengompresnya dengan es.Pastikan area yang bengkak atau meradang dibiarka begitu saja, tidak tertutup kain, apalagi dibebat. Hal ini dapat menambah tekanan pada sendi sehingga rasa nyeri yang Anda rasakan bisa semakin parah.

3. Mengonsumsi obat antinyeri

Mengonsumsi obat anti-inflamasi non-steroid (OAINS) yang dijual bebas seperti ibuprofen juga dapat dijadikan langkah pertolongan pertama pada asam urat yang kambuh. Namun, bila memiliki masalah pada ginjal, sebaiknya Anda tidak minum obat ini maupun obat lain sebelum berkonsultasi dengan dokter.

4. Menggunakan obat yang mengandung steroid

Obat yang mengandung steroid seperti prednisone bisa digunakan pasien yang tidak boleh mengonsumsi OAINS, asalkan dengan rekomendasi dokter. Prednisone bisa berbentuk oral (diminum) atau dimasukkan lewat pembuluh darah (infus) bila Anda dirawat di rumah sakit.

5. Minum obat resep dokter

Dokter dapat meresepkan obat khusus pereda asam urat, seperti obat yang mengandung colchicine atau allopurinol. Colchicine adalah obat oral yang menghambat pembentukan kristal asam urat di persendian dan direkomendasikan untuk diminum dalam tempo 12-24 jam setelah Anda mengalami serangan asam urat.Sementara itu, allopurinol bekerja dengan menghambat kenaikan level asam urat di dalam tubuh dan biasa diresepkan untuk penderita asam urat kambuhan. Ada pula obat jenis probenecid yang mampu membantu ginjal membuang kelebihan kadar asam urat lewat urine.

6. Mengubah pola makan

Jangan lupa minum air putih yang cukup setiap hari
Ketika pertolongan pertama pada asam urat mampu meredakan gejalanya, pastikan Anda menjaga diri dengan mengubah pola makan. Makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat ialah protein hewani dan alkohol, karena dikhawatirkan bisa memicu naiknya kadar asam urat di dalam tubuh.Pastikan juga Anda terhidrasi dengan baik. Minum cukup air putih setiap hari agar ginjal dapat membuang kelebihan asam urat di dalam tubuh lewat urine.

Catatan dari SehatQ

Apapun pengobatan asam urat yang sedang Anda jalani, bersabarlah untuk menanti kesembuhan, karena serangan asam urat biasanya akan hilang dalam beberapa hari. Untuk meredakan nyeri yang mungkin Anda rasakan, perbanyak istirahat, tetap minum obat dari dokter, dan ikuti sarannya.Untuk mengetahui lebih lanjut tentang pertolongan pertama pada asam urat, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
nyeri sendiasam uratpenyakit sendiradang sendi
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gout/symptoms-causes/syc-20372897
Diakses pada 10 November 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5624445/
Diakses pada 10 November 2020
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/gout/10-steps-to-ease-gout-attack.aspx
Diakses pada 10 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait