Mengenal Langkah Pertolongan Pertama Saat Jatuh dari Tangga

Pertolongan pertama saat jatuh dari tangga
Terjatuh dari tangga dapat menyebabkan patah tulang

Jatuh dari tangga adalah kecelakaan yang umum terjadi di kehidupan sehari-hari. Orang dewasa maupun anak-anak juga berpotensi untuk jatuh dari tangga bila tidak hati-hati saat melangkah.

Terjatuh dari tangga tidak selalu menimbulkan efek samping yang serius, tetapi pada kasus tertentu, terjatuh dari tangga dapat mengakibatkan kondisi medis yang serius. Lantas, apa yang harus dilakukan jika Anda atau seseorang terjatuh dari tangga?

Jika Anda yang jatuh dari tangga

Saat Anda yang terjatuh dari tangga, jangan panik dan cobalah untuk menenangkan diri. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan saat Anda terjatuh dari tangga.

1. Memeriksa ada tidaknya cedera

Hal yang pertama yang perlu dilakukan adalah mengecek apakah Anda mengalami cedera tertentu atau tidak. Apabila Anda mengalami cedera, segera telepon bantuan dan tetap tenang sembari menunggu bantuan. Anda dapat menghubungi 119 untuk kondisi darurat.

2. Coba untuk berdiri

Bila tidak ada cedera dan Anda mampu berdiri, duduklah beberapa saat sebelum mencoba untuk berdiri. Cara tiap orang berdiri setelah terjatuh dari tangga berbeda-beda, namun ahli menyarankan Anda untuk melakukan teknik:

  1. Posisikan tubuh miring ke samping sambil mencoba untuk menopang tubuh dengan lutut dan tangan
  2. Setelahnya, merangkak menuju ke benda yang kokoh yang dapat menopang tubuh Anda, seperti pegangan tangga atau kursi
  3. Genggam benda tersebut dan topang berat badan dengan tangan sementara salah satu kaki menyusur ke depan dan kaki yang satunya menopang dengan lutut
  4. Perlahan berdiri atau berganti ke posisi duduk dengan menggunakan lengan dan kaki

Apabila otot atau persendian di paha terasa sakit, kaku, atau lemah, jangan memaksakan diri untuk berdiri, segera telepon bantuan.

3. Saat tidak bisa berdiri

Jika Anda tidak dapat berdiri, Anda bisa menelpon teman, keluarga, atau 119. Bila tidak ada telepon, Anda dapat mencoba merangkak menuju telepon atau keluar rumah.

Jika tidak memungkinkan, Anda dapat mengetuk-ngetukan dinding atau berteriak untuk menarik perhatian tetangga.

Selalu ingat untuk menghangatkan tubuh Anda agar Anda tidak mengalami hipotermia, terutama jika Anda terjatuh di tempat yang dingin atau ruangan terbuka dengan menggerakan persendian agar sirkulasi darah tetap lancar dan persendian tidak kaku.

Anda dapat menghangatkan tubuh dengan meringkuk di karpet atau tempat yang lebih hangat. Jika ada, raihlah selimut atau kain untuk menutupi badan Anda.

4. Saat seseorang jatuh dari tangga

Apabila teman atau anggota keluarga terjatuh dari tangga, jangan langsung terburu-buru menyuruhnya untuk berdiri. Periksa keadaannya terlebih dahulu untuk mengecek apakah ada cedera atau tidak dan apakah orang tersebut dalam keadaan tersadar atau tidak.

Apabila orang tersebut tidak bisa bangun, segera hubungi ambulans atau 119, setelahnya lapisi orang tersebut dengan kain atau selimut agar tetap hangat. Jika orang yang terjatuh dari tangga bisa bangun, bantu orang tersebut dengan cara:

  • Jika Anda menemui seseorang terjatuh dari tangga dan tidak sadarkan diri, maka jangan sekali-sekali langsung menggendongnya, sebagai orang awam Anda harus tahu bahwa membawa korban yang benar yaitu dengan meminimalisir gerakan pada leher, karena khawatir adanya cedera leher yang jika Anda gendong dengan posisi yang salah justru menyebabkan korban menjadi lumpuh.
  • Jika korban dalam kondisi sadar, tanyakan bagian tubuh yang sakit agar Anda dapat membantu memposisikan korban dengan nyaman dan minim nyeri.

Kapan cedera karena terjatuh dari tangga harus diperiksakan ke dokter?

Seusai terjatuh dari tangga, Anda atau orang yang terjatuh dari tangga dapat mengalami efek samping karena terjatuh dari tangga.

Tanda-tanda yang dialami bisa muncul beberapa hari setelah terjatuh dari tangga, karenanya Anda perlu mengawasi ada tidaknya gejala-gejala lain yang muncul setelah terjatuh dari tangga. Anda perlu segera ke dokter jika Anda atau orang yang terjatuh dari tangga mengalami:

  • Rasa sakit yang tidak kunjung hilang
  • Pusing
  • Merasa lemas atau tubuh tidak seimbang
  • Mual
  • Cedera
  • Gangguan penglihatan
  • Merasa ngantuk
  • Kehilangan kesadaran saat atau setelah terjatuh dari tangga
  • Sakit kepala
  • Muntah
  • Pingsan

Apa yang harus dilakukan untuk mencegah jatuh dari tangga?

Terjatuh dari tangga bukanlah hal yang tidak bisa dicegah, Anda dapat mencegah terjatuh dari tangga dengan fokus saat berjalan dan menggenggam terali tangga. Anda juga dapat menggunakan sepatu antiselip agar tidak mudah terjatuh atau terpeleset.

Sebaiknya, atur rumah Anda dengan menggunakan karpet antiselip dan menyingkirkan benda-benda yang bisa menghalangi jalan Anda saat akan menuruni atau menaiki tangga.

Government of Canada. https://www.canada.ca/en/public-health/services/health-promotion/aging-seniors/publications/publications-general-public/you-fall-witness-a-fall-you-know-what.html
Diakses pada 17 Desember 2019

NHS Inform. https://www.nhsinform.scot/healthy-living/preventing-falls/dealing-with-a-fall/what-to-do-if-you-fall
Diakses pada 17 Desember 2019

Artikel Terkait