9 Pertolongan Pertama Asam Lambung yang Mudah Dilakukan

(0)
13 Aug 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Pertolongan pertama asam lambung dapat dilakukan guna mengatasi gejala asam lambung yang mengganggu.Pertolongan pertama asam lambung cukup beragam, salah satunya mengonsumsi teh jahe.
Pertolongan pertama asam lambung yang dapat dicoba di rumah sangatlah beragam. Tidak hanya berdiri tegak untuk mencegah naiknya asam lambung ke kerongkongan saja, tapi juga mengonsumsi soda kue untuk menetralisir asam lambung.Selain itu, masih banyak langkah yang bisa dicoba di rumah. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Pertolongan pertama asam lambung di rumah

Siapapun yang pernah merasakan naiknya asam lambung pasti mengalami rasa tidak nyaman yang ditimbulkannya. Tidak hanya nyeri dada, naiknya asam lambung juga bisa menyebabkan sensasi terbakar di bagian dada atau ulu hati, sulit menelan, hingga sensai serupa benjolan di tenggorokan. Kondisi ini pasti sangat mengganggu.Untuk mengatasi berbagai gejala naiknya asam lambung yang sangat merugikan itu, terdapat beberapa cara yang bisa dicoba di rumah, seperti berkut ini.

1. Melepas baju ketat

Asam lambung
Pertolongan pertama asam lambung
Dalam beberapa kasus, naiknya asam lambung bisa disebabkan oleh baju ketat yang memberikan tekanan pada lambung. Itulah sebabnya, melepas pakaian tersebut bisa menjadi cara yang sangat berguna.Selain itu, melonggarkan ikat pinggang atau pakaian apapun yang memberikan tekanan pada lambung, juga harus dilakukan.

2. Berdiri tegak

Naiknya asam lambung juga bisa disebabkan oleh postur tubuh. Jika asam lambung naik saat Anda sedang rebahan atau duduk, cobalah berdiri.Jika Anda sudah berdiri dan gejala asam lambung tetap bertahan, cobalah berdiri lebih tegak. Pertolongan pertama asam lambung yang satu ini dapat mengurangi tekanan pada otot kerongkongan bagian bawah sehingga bisa menyelamatkan Anda dari gejala-gejala asam lambung yang sangat mengganggu itu!

3. Meninggikan posisi bantal

Asam lambung naik juga bisa terjadi saat Anda sedang berbaring di kasur dan berusaha untuk tidur. Jika mengalami kondisi ini, cara yang bisa dilakukan ialah meninggikan posisi bantal.Namun, meninggikan posisi bantal saja dianggap belum cukup. Maka dari itu, Anda juga harus meninggikan posisi pinggang dan kepala. Hal ini dapat dilakukan dengan mengatur posisi kasur ataupun mengganjal bagian tubuh atas dengan meletakkan bantal di bawahnya.

4. Mengonsumsi campuran soda kue dengan air

Cara mengatasi serangan asam lambung selanjutnya ialah meminum campuran air dan soda kue. Sebab, soda kue dipercaya bisa menetralisir asam lambung.Campurkan satu sendok teh soda kue ke dalam satu gelas air, dan minumlah secara perlahan. Jika Anda meminumnya secara terburu-buru, asam lambung malah berisiko semakin parah.

5. Mengonsumsi teh jahe

Selama berabad-abad lamanya, jahe menjadi rempah-rempah yang sering digunakan untuk mengatasi serangan asam lambung. Cobalah menyeruput teh jahe hangat sesaat asam lambung naik. Hal ini dianggap bisa membantu mengatasi gejala asam lambung yang mengganggu.

6. Mengonsumsi suplemen akar manis

Sama seperti jahe, akar manis adalah rempah-rempah yang dipercaya efektif untuk mengatasi serangan asam lambung. Sebab, akar manis dianggap bisa meningkatkan lapisan mukosa di esofagus, sehingga melindungi kerongkongan dari kerusakan yang disebabkan asam lambung.Namun hati-hati, mengonsumsi akar manis atau suplemennya terlalu banyak bisa meningkatkan tekanan darah, menurunkan kadar kalium, hingga mengganggu pengobatan. Berkonsultasilah pada dokter sebelum mencobanya.

7. Mengonsumsi cuka apel

Cuka apel dipercaya bisa menetralisir asam lambung, sama seperti soda kue. Dalam sebuah penelitian, mengonsumsi cuka apel yang sudah dicampur air setelah makan dipercaya dapat mengatasi gejala naiknya asam lambung. Namun, penelitian masih perlu dilakukan untuk membuktikan efektivitas pertolongan pertama asam lambung ini.

8. Menghentikan kebiasan merokok

Merokok dikenal sebagai kebiasaan yang mengundang datangnya penyakit serius, seperti serangan jantung hingga kanker paru-paru. Namun tahukah Anda, kalau merokok dapat memperparah kondisi asam lambung?Oleh karena itu, jika Anda sedang mengalami serangan asam lambung, segera hindari rokok! Dengan begitu, gejala naiknya asam lambung susulan dapat dicegah.Selain itu, mulailah menjalani gaya hidup sehat. Selain asam lambung, banyak penyakit yang dapat dicegah begitu Anda menghentikan kebiasaan merokok.

9. Mengonsumsi obat-obatan asam lambung

Asam lambung
Pertolongan pertama asam lambung
Jika belum sempat meminta obat resep dari dokter, segeralah cari obat asam lambung di apotek. Obat asam lambung seperti antasida (untuk menetralisir asam lambung), H2 blockers, dan proton pump inhibitors yang bisa mengurangi kadar asam dari lambung, bisa menjadi pilihan.

Catatan dari SehatQ:

Berbagai pertolongan pertama asam lambung yang bisa dilakukan di rumah ini boleh dilakukan, asal Anda tetap membuat janji dengan dokter untuk berkonsultasi. Saat datang ke dokter, ceritakanlah gejala yang Anda rasakan saat asam lambung naik, serta pemicu yang bisa menyebabkan asam lambung.Dengan begitu, dokter bisa merekomendasikan jenis pengobatan terbaik untuk mengatasi asam lambung yang Anda alami.
penyakitasam lambunggerd
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gerd/symptoms-causes/syc-20361940
Diakses pada 23 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/gerd/heartburn-relief#loosen-clothing
Diakses pada 23 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait