Pertolongan Pertama Anak Sakit Perut, Apa Saja?

(0)
13 Jul 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Pertolongan pertama anak sakit perut perlu diketahui orangtua.Jangan remehkan "pedoman" pertolongan pertama anak sakit perut ini.
Pertolongan pertama anak sakit perut sangat perlu diketahui oleh Ayah dan Ibu. Sebab, ketika Si Kecil mengeluh perutnya sakit, orangtua jadi punya "pedoman" yang dapat dipegang untuk meredakan rasa nyerinya.Memahami berbagai cara pertolongan pertama anak sakit perut juga mampu menghilangkan kekhawatiran yang dialami oleh orangtua saat Si Kecil merasakan sakit pada perutnya.Ayah dan Ibu, yuk kenali berbagai pertolongan pertama anak sakit perut ini.

Pertolongan pertama anak sakit perut, seperti apa?

Sebelum mengetahui pertolongan pertama anak sakit perut, orangtua juga perlu memahami berbagai penyebab sakit perut yang dirasakan oleh anak. Berikut ini adalah penyebab umum sakit perut yang dirasakan oleh Si Kecil.
  • Sembelit
  • Diare
  • Gastroenteritis (flu perut)
  • Infeksi ginjal
  • Infeksi kandung kemih
  • Radang usus buntu
  • Sumbatan (obstruksi) usus
  • Asam lambung
  • Muntah
  • Stres
Setelah mengetahui berbagai penyebab umum sakit perut pada anak, kini saatnya orangtua mengetahui pertologan pertama anak sakit perut ini.

1. Minum banyak cairan

Meminta Si Kecil untuk minum banyak cairan adalah pertolongan pertama anak sakit perut yang tak boleh dilupakan orangtua.Ajari anak-anak Anda untuk memahami bahwa tubuh membutuhkan cairan saat sakit perut melanda. Tidak hanya air putih, kuah kaldu ayam ataupun jus buah yang dicampur dengan air juga bisa diberikan pada Si Kecil.Meminum banyak cairan seperti air putih dianggap ampuh dalam menenangkan saraf yang sakit di bagian perut. Sehingga rasa sakit perut pun dapat dihilangkan.

2. Memberikan kompres panas

Menaruh botol berisikan air hangat atau bantal penghangat di perut Si Kecil adalah pertolongan pertama anak sakit perut yang tak kalah pentingnya.Mengompreskan botol berisikan air hangat atau bantal pemanas juga sudah dipercaya sebagai solusi rumahan untuk sakit perut.Menurut para ahli, rasa hangat yang dirasakan oleh perut bisa melawan rasa sakit pada perut, sama seperti yang dilakukan oleh obat-obatan pereda nyeri.

3. Berikan makanan hambar

Anak sakit perut
Pertolongan pertama anak sakit perut
Tidak heran kalau para dokter sering merekomendasikan makanan hambar ketika Anda mengalami masalah pada perut. Sebab, makanan hambar dianggap bisa “mengistirahatkan” sistem pencernaan, terutama yang tidak mengandung serat.Makanan hambar yang direkomendasikan sebagai pertolongan pertama anak sakit perut berupa tahu, kaldu, telur, hingga teh herbal.

4. Beristirahat

Pertolongan pertama anak sakit perut bisa sesederhana meminta Si Kecil untuk beristirahat dan tidak banyak gerak, terutama setelah makan. Hal ini dilakukan untuk mengatasi rasa nyeri yang dirasakan.

5. Tidak memberikan obat sebelum berkonsultasi pada dokter

Hati-hati, jangan membiarkan rasa khawatir membuat Anda tidak pikir dua kali saat memberikan obat pada anak yang mengalami sakit perut.Pertolongan pertama anak sakit perut tidak melulu memberikan obat padanya. Sebab, beberapa obat-obatan malah bisa membuat rasa sakit perutnya semakin parah.Berkonsultasilah pada dokter sebelum Anda memberikan obat apapun pada anak yang sedang mengalami sakit perut, guna menghindari efek samping. Anda bisa bertanya pada dokter melalui fitur konsultasi online yang sudah semakin mudah diakses.

Kapan harus telepon dokter?

Anak sakit perut
Pertolongan pertama anak sakit perut
Setelah melakukan berbagai pertolongan pertama anak sakit perut di atas, periksakan kembali kondisi Si Kecil. Jika beberapa hal di bawah ini terjadi, segera hubungi dokter atau datang ke rumah sakit terdekat.
  • Rasa sakit di perut bagian kanan (bisa menandakan radang usus buntu)
  • Rasa sakit yang hanya fokus pada satu sisi perut
  • Rasa nyeri tidak hilang setelah lebih dari 24 jam
  • Rasa sakit saat menekan perut
  • Perut bengkak
  • Demam
  • Muntah
  • Diare
  • Perdarahan dari dubur
  • Munculnya darah di tinja
  • Baru mengalami cedera perut
Sayangilah anak Anda dengan tidak malas membawanya ke rumah sakit atau klinik, saat hal-hal di atas terjadi padanya. Kesehatan anak lebih berharga dari apapun.

Catatan dari SehatQ:

Pertolongan pertama anak sakit perut yang sudah dijelaskan di atas, dapat dicoba saat Si Kecil mengeluh. Namun ingat, ada beberapa tanda peringatan yang menjadi pertanda bahwa orangtua harus segera membawa anaknya ke rumah sakit.
penyakitpenyakit anaktips parentingsakit perut
Healthline. https://www.healthline.com/health/abdominal-pain#causesDiakses pada 29 Juni 2020 Web MD. https://www.webmd.com/first-aid/abdominal-pain-in-children-treatment#:~:text=Provide%20clear%20fluids%20to%20sip,all%20symptoms%20have%20gone%20away.Diakses pada 29 Juni 2020 Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/10-best-home-remedies-for-stomach-pain-in-toddlers/#:~:text=Herbal%20teas%20can%20are%20also,juice%20around%20his%20navel%20area.Diakses pada 29 Juni 2020 Live Science. https://www.livescience.com/890-study-heating-pads-relieve-internal-pain.htmlDiakses pada 29 Juni 2020 Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320027#foods-to-avoidDiakses pada 29 Juni 2020 Better Health. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/abdominal-pain-in-children#:~:text=bowel%20(gut)%20problems%20%E2%80%93%20constipation,abdomen%20%E2%80%93%20muscle%20strain%20or%20migraineDiakses pada 29 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait