Pertimbangan Sebelum Punya Banyak Anak, Komunikasikan dengan Pasangan


Punya banyak anak memang adalah pilihan Anda dan pasangan. Namun, Anda harus mempertimbangkan finansial, mental, dan fisik sebelum memutuskannya.

0,0
23 Sep 2021|Annisa Nur Indah
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Memiliki banyak anak merupakan pilihan setiap pasanganBagi sebagian keluarga, memiliki banyak anak memberikan kegembiraan besar
Beberapa waktu lalu topik child-free menimbulkan pro dan kontra di media sosial. Mereka yang pro menganggap keputusan tidak memiliki anak merupakan hak setiap pasangan. Sementara yang kontra masih menganggap bahwa banyak anak banyak rezeki. Tidak ada yang benar dan tidak ada yang salah dalam menentukan jumlah anak. Yang terpenting saat ingin memiliki keturunan ialah kesiapan mental, fisik, dan finansial kedua orangtua harus dipertimbangkan. Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan jika punya banyak anak bagi orangtua? Di tengah banyaknya tuntutan hidup, pertimbangan apa saja yang harus dipikirkan jika ingin punya anak banyak?

Kelebihan dan kekurangan punya banyak anak

Keluarga dengan banyak anak sering mengalami kelelahan secara fisik dan mental. Orangtua harus mendisiplinkan anak, membutuhkan keuangan yang besar, serta mendidik anak di tengah banyaknya tuntutan hidup. Namun, orangtua dengan banyak anak juga mengaku bahwa anak-anaknya saling mendukung satu sama lain. Hal ini merupakan sebuah kesenangan dan kegembiraan memiliki keluarga besar. Akan tetapi, memiliki bayi juga bukan tugas yang mudah. Bayi itu lucu dan menggemaskan. Bermain bersama bayi juga sangat menyenangkan. Namun kehadiran bayi juga dapat mengalihkan perhatian Anda dari pasangan Anda. Sebenarnya mengurus bayi juga meningkatkan hubungan baik dan kerjasama dengan pasangan serta membuat Anda lebih menghargai satu sama lain. Anda juga harus menjaga hubungan sebaik yang Anda inginkan, baik dengan anak, dengan pasangan, dan dengan keluarga lainnya.Sebuah penelitian tentang keluarga membuktikan bahwa memiliki anak membuat pasangan lebih mungkin untuk tetap bersama tapi cenderung tidak merasa bahagia dan puas dengan hubungan mereka.Meskipun memang seiring waktu rata-rata kepuasan hubungan cenderung turun apa pun yang Anda lakukan. Penurunan tingkat kebahagiaan dalam hubungan ini terjadi lebih cepat pada pasangan yang memiliki anak. Lebih buruk lagi, penurunan kepuasan hubungan memengaruhi kebahagiaan secara keseluruhan. Namun penelitian yang sama menunjukkan bahwa banyak orang menilai mengasuh anak sebagai kebahagiaan terbesar dalam hidup.

Pertimbangan saat memutuskan menjadi orangtua

Sebelum memutuskan berapa banyak anak yang akan dimiliki saat menjalankan rumah tangga, ada baiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal berikut ini: 

1. Pertimbangan finansial

 Pertama, ketahuilah bahwa untuk menjadi orangtua baru Anda harus mengeluarkan cukup banyak uang. Biaya melahirkan, perawatan selama mengandung, hingga biaya rumah sakit pasca melahirkan. Besaran biayanya tentu tergantung tipe perawatan medis yang Anda ambil di rumah sakit.Biaya selanjutnya yang harus Anda pertimbangkan adalah biaya menjadi orangtua. Jika kedua orangtua bekerja, maka harus dicari pengasuh untuk menjaga anak selama ditinggalkan. Biaya pengasuh juga tidak murah karena harus bekerja 24 jam menjaga bayi Anda. Jika tidak memakai pengasuh, carilah saudara yang akan menjaga anak Anda. Atau, salah satu dari orangtua harus berhenti bekerja yang artinya pemasukkan rumah tangga Anda berkurang.

2. Pertimbangan mental

  Memiliki anak berarti Anda harus memikirkan tentang keluarga Anda nantinya, hubungan dengan pasangan, finansial, pendidikan anak, karier Anda dan pasangan, tujuan hidup, dan juga kesejahteraan anak Anda di masa depan. Hal-hal tersebut perlu dipertimbangkan dengan baik sebelum menjadi orangtua.Sebelum memutuskan berapa banyak anak yang akan dimiliki, tanyakan beberapa pertanyaan pada diri sendiri dan pasangan:
  • Apakah Anda siap bertanggung jawab penuh atas semua kebutuhan anak?
  • Akankah Anda dapat membesarkan anak di rumah dengan penuh kasih sayang dan memastikan kesehatannya?
  • Sanggupkah Anda membesarkan anak sekarang?
  • Dukungan seperti apa yang Anda harapkan dari keluarga, teman, dan pasangan?
  • Apa artinya memiliki bayi bagi masa depan Anda?
  • Apakah memiliki bayi akan memengaruhi keluarga Anda?
  • Apakah Anda siap menghadapi kehamilan dan persalinan?
  • Apakah Anda senang tinggal bersama dan mengasuh anak?
  • Siapa yang akan mengasuh anak jika Anda dan pasangan bekerja?
Meskipun mengasuh anak adalah kerja keras, tapi bayi juga menyenangkan, mengasyikan, dan menggemaskan. Cinta yang dibagikan orangtua kepada anak-anak akan memberi kepuasan dan kebahagiaan dalam diri. Namun Anda sebagai orangtua harus mengorbankan banyak hal untuk anak-anak. Anda juga harus ingat, mengasuh anak akan sangat menantang, mahal, butuh banyak pengorbanan. 

3. Pertimbangan fisik

 Pertimbangan lain sebelum memutuskan untuk punya banyak anak adalah fisik, terutama bagi ibu yang harus mengalami kehamilan dan persalinan. Beberapa ketidaknyaman mungkin akan Anda alami, seperti mual, kelelahan, sakit, dan nyeri. Penting untuk mendapatkan perawatan prenatal sedini mungkin untuk tetap sehat sepanjang kehamilan.Selain kesehatan fisik, emosi setelah melahirkan juga harus dipertimbangkan. Kehamilan dan persalinan menyebabkan perubahan hormon secara tiba-tiba yang dapat memengaruhi suasana hati dan membuat perasaan menjadi lebih intens. Melahirkan memang proses yang membahagiakan, namun kegembiraan bayi baru lahir bisa bercampur dengan kecemasan. Banyak ibu baru yang membutuhkan dukungan ekstra selama beberapa minggu setelah melahirkan.Beberapa ibu juga mengalami postpartum depression setelah melahirkan dan membutuhkan bantuan profesional untuk menjaga diri dan bayinya tetap sehat. Depresi jangka panjang dan serius akan lebih sering terjadi jika Anda memiliki riwayat masalah kesehatan mental atau tidak memiliki dukungan dari orang yang tepat.Bicarakan dengan dokter, perawat, atau tenaga profesional jika depresi berlangsung lebih dari dua minggu atau menghentikan aktivitas sehari-hari Anda. Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang banyak anak tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
Patient. https://patient.info/news-and-features/how-many-children-should-you-have
Diakses pada 23 Agustus 2021.
Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/how-having-five-or-more-kids-changes-your-parenting-4780140 Diakses pada 23 Agustus 2021.Planned Parenhood. https://www.plannedparenthood.org/learn/pregnancy/considering-parenthood/what-do-i-need-think-about-when-raising-child
Diakses pada 23 Agustus 2021.
Baby Center. https://www.babycenter.com/getting-pregnant/preparing-for-pregnancy/ready-for-parenthood_7169
Diakses pada 23 Agustus 2021.
Huffington Post. https://www.huffpost.com/entry/financial-factors-to-cons_b_7346718
Diakses pada 23 Agustus 2021.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait