Pertama Kali Belajar Berenang? Ini Cara Memulainya


Selain merupakan olahraga yang menyehatkan, berenang adalah salah satu survival skill. Oleh karena itu tak ada salahnya belajar berenang berapapun usia Anda.

(0)
13 Jan 2021|Azelia Trifiana
tips belajar berenang untuk pemulaBelajar berenang tidaklah sesulit yang dibayangkan
Mengingat ada begitu banyak manfaat dari melakukannya, belajar berenang adalah investasi life skill yang idealnya dimiliki semua orang. Manfaatnya beragam, mulai dari menyehatkan tubuh, membuat postur tubuh ideal, hingga menurunkan berat badan.Siapa saja bisa mulai mengenali cara belajar berenang. Kelebihan dari olahraga renang adalah tidak terlalu keras berdampak ke persendian atau tulang.

Persiapan belajar berenang

Berenang bisa dilakukan di mana saja, baik dalam maupun luar ruangan. Pilih yang paling nyaman dan tentunya bersih.Apabila menggunakan kolam renang umum, pastikan mengenali aturan-aturannya. Terkadang, ada lajur khusus untuk perenang yang pelan, menengah, dan cepat. Apabila baru mulai belajar, tetaplah berada di lajur yang pelan.Sekarang, saatnya mempersiapkan peralatan terlebih dahulu seperti:

1. Persiapkan baju renang

Memiliki peralatan renang yang tepat dapat membuat sesi renang menjadi lebih nyaman dan efektif. Tentunya, alat yang terpenting adalah baju renang. Cari yang pas di tubuh dan tidak membatasi gerakan ketika berada di dalam air.Ada banyak merek baju renang kenamaan yang bisa dipilih. Setiap merek menawarkan kelebihan masing-masing. Ketika sudah memiliki baju renang, perhatikan pula bagaimana merawatnya.Paparan sinar matahari, klorin, atau air laut bisa membuatnya pudar dan juga longgar. Ini bisa berpengaruh terhadap kenyamanan saat mengenakannya.

2. Siapkan peralatan lain

Selain baju renang, ada juga peralatan-peralatan lain yang juga perlu dimiliki. Sifatnya tidak wajib, hanya saja akan berpengaruh dengan preferensi tiap individu. Apa saja?
  • Swimming cap
  • Kacamata renang
  • Paddle
  • Pelampung
  • Handuk berukuran besar

Cara belajar berenang untuk pemula

Ketika baru mencoba berenang, tidak perlu memasang target sekian lap. Sesuaikan dengan kemampuan masing-masing karena pada dasarnya yang terpenting adalah memahami teknik.Gerakan termudah untuk pemula adalah front crawl. Ini adalah gerakan yang paling mudah. Mulai dengan mencoba di kolam dangkal terlebih dahulu.Berikut caranya:

1. Memulai teknik

Mulailah dengan berdiri dengan punggung menempel dinding kolam renang. Kemudian, tarik napas dan tekuk tubuh mulai pinggang hingga wajah seluruhnya berada di dalam air. Telinga juga idealnya berada di batas air.Tahan gerakan ini selama 2 detik, kemudian perlahan putar kepala ke satu arah. Ketika melakukan hal ini, buang napas. Terakhir, kembali ke posisi berdiri.

2. Cara bernapas

Kedua tangan diluruskan di sisi tubuh dengan telapak tangan menghadap ke bawah. Kemudian, bernapas dan tekuk tubuh seperti teknik pertama. Ketika wajah sudah berada di dalam air, angkat tangan kanan ke atas keluar dari air, kemudian mengarah ke depan.Ketika tangan mengalami kontak dengan air, tarik ke bawah dengan gerakan memutar hingga tangan berada di belakang tubuh. Di titik ini, telapak tangan harus menghadap ke atas.Kemudian, miringkan kepala ke kanan dan tarik napas lagi lewat mulut, tanpa menegakkan kepala. Ketika membuang napas, bisa lewat hidung atau mulut.

3. Pengulangan

Kemudian, ulangi gerakan dan cara bernapas hingga bisa melakukan satu siklus tanpa mengangkat kepala dari dalam air. Gerakan yang tidak stabil di dalam air akan membuat tubuh harus bekerja lebih keras untuk mencapai jarak tertentu.Gerakan tangan di depan tubuh serta kaki yang menendang akan mencegah tubuh tenggelam. Sebisa mungkin, jaga agar tubuh tetap lurus di dalam air dan dekat dengan permukaan.

4. Gerakan kaki

Ketika belajar berenang, latih kaki dengan meluruskan keduanya dan tendang dari pinggang. Tendangan sebaiknya cukup cepat, namun hanya menimbulkan cipratan kecil. Idealnya, kaki tidak boleh keluar dari dalam air.Lakukan siklus secara utuh hingga mengambil napas berikutnya. Terus menendang dan bernapas hingga terbiasa dengan polanya.

5. Kelola waktu

Jika masih belajar, jangan lupa kelola waktu agar latihan berlangsung aktif. Contohnya dengan mengatur setiap sesi selama 10 menit setiap harinya. Setelah gerakan tangan, kaki, dan teknik pernapasan sudah teratur, durasinya bisa ditambah.Terlepas dari berapa pun usia Anda, beberapa tips ini bisa membantu menguasai teknik berenang, seperti:
  • Berlatih dengan instruktur renang
  • Buang napas setiap kali kepala berada di bawah air
  • Rekam video untuk tahu gerakan sudah tepat atau belum
  • Tonton video instruksi untuk melihat contoh yang tepat
  • Terus berlatih untuk memperbaiki teknik dan koordinasi

Catatan dari SehatQ

Ingat bahwa berenang adalah skill yang bisa menyelamatkan nyawa. Jadi, sangat penting menguasainya karena bisa saja sewaktu-waktu diperlukan.Jika Anda ingin tahu lebih banyak seputar manfaat berenang, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga
olahragamenjaga kesehatanhidup sehat
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/swimming-for-beginners-weight-loss-advice-3496001
Diakses pada 28 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/exercise-fitness/how-to-swim#for-beginners
Diakses pada 28 Desember 2020
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/197700-how-can-i-learn-to-swim-by-myself/
Diakses pada 28 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait