Pastikan suhu kolam renang setidaknya 32 derajat Celcius jika bayi Anda berusia di bawah 3 bulan
Lakukan langkah-langkah ini sebelum mendampingi bayi renang.

Tidak heran jika bayi menikmati aktivitas di dalam air. Sebab, bayi telah menjalani waktu 9 bulan di dalam rahim, sehingga sensasi mengambang bebas di dalam air bukanlah hal baru. Untuk memastikan berenang sebagai pengalaman ini menyenangkan, ada beberapa tahapan yang harus Anda lakukan sebelum mengajak bayi renang.

Perkenalan Sebelum Mengajak Bayi Renang

Anda dapat menggunakan waktu mandi sebagai langkah awal memperkenalkan air pada bayi. Pastikan waktu mandi adalah waktu yang menyenangkan, karena ini dapat membantu Si Kecil untuk mengenal air dan melihatnya sebagai sesuatu yang menyenangkan. Berikut ini langkah untuk menjadikan mandi sebagai kegiatan yang menyenangkan bagi bayi.

  1. Memberikan banyak cipratan dengan bermain. Berikan juga senyum, bersenandung, dan berbicara dengan mereka sambil mempertahankan kontak mata.
  2. Jika Anda dapat melakukannya, maka berikan makanan pada bayi Anda saat mereka sedang mandi untuk memperkuat kedekatannya dengan air.
  3. Tutup tubuh mereka dengan handuk hangat setelah selesai mandi

Tips Renang Bersama Bayi

Setelah bayi sudah terbiasa dengan air, Anda dapat mengajaknya untuk berenang. Usahakan untuk memberikan pengalaman positif dalam kunjungan pertama. Ada beberapa tahap yang dapat dilakukan saat bayi berenang.

1. Buat Bayi Anda Terbiasa

Jika Anda mendaftarkannya pada kelas berenang untuk bayi, maka Anda perlu membawanya mengenal kolam renang, bahkan sebelum kelas dimulai. Cobalah untuk meluangkan waktu bersamanya sembari mendengar suara, melihat warna, merasakan percikan, dan keriuhan di kolam renang. Hal ini dilakukan karena kolam renang merupakan lingkungan yang ramai. Sehingga, anak membutuhkan waktu lebih lama untuk beradaptasi.

2. Periksa Suhu Kolam Renang

Pastikan suhu kolam renang setidaknya 32 derajat Celcius jika bayi Anda berusia di bawah 3 bulan, atau dengan berat kurang dari 12 kilogram; dan 30 derajat Celcius, jika mereka lebih tua atau lebih berat.

3. Yakinkan Mereka ketika Pertama Kali Masuk ke Dalam Air

Berikan senyuman dan berbicara pada bayi Anda untuk meyakinkan bahwa ini adalah pengalaman yang menyenangkan. Sangat penting Anda untuk tetap tenang dan positif karena bayi akan menerima petunjuk Anda.

4. Jangan Selalu Memegang Bayi Anda

Sepanjang sesi berenang, usahakan Anda membiarkannya bergerak bebas dan lebih mandiri.

5. Ingat, Bayi Mudah Lelah Dalam Air

Batasi waktu bayi berenang sekitar 20-30 menit. Pastikan Anda memiliki handuk hangat untuknya setelah selesai berenang. Mereka akan merasa lapar, lelah, bahkan mengantuk setelah berenang.

Manfaat Renang untuk Bayi

Dengan bermain-main di kolam renang, tubuh bayi menjadi lebih terlatih. Sebab, bayi belajar menendang, membuat gerakan meninju, hingga meluncur, ketika berenang. Selain itu, berenang juga memberikan manfaat berikut ini bagi bayi.

  • Meningkatkan kemampuan kognitif di masa mendatang, misalnya membaca
  • Mengurangi risiko tenggelam
  • Menumbuhkan kepercayaan diri
  • Meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh

Namun mesti diingat, karena sistem kekebalan tubuh bayi belum sempurna, dokter menyarankan agar bayi tidak terekspos cairan berklorin, hingga berusia 6 bulan. Air di kolam renang biasanya mengandung klorin.

WebMD. https://www.motherandbaby.co.uk/baby-and-toddler/baby/how-to-prepare-your-baby-for-swimming-lessons
Diakses pada November 2018


Healthline. https://www.healthline.com/health/parenting/infant-swimming
Diakses pada 20 Maret 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed