Pernah Gatal-gatal Saat Bangun Tidur? Mungkin Itu Ulah Si Kutu Busuk

Kutu busuk dapat tinggal di lingkungan yang bersih maupun kotor
Kutu busuk dewasa umumnya berwarna kemerahan

Seringkah Anda merasa gatal saat baru bangun tidur? Hal ini kemungkinan besar dapat disebabkan oleh dua hal, yaitu gigitan nyamuk atau kutu busuk.

Selain gatal-gatal, gigitan kutu busuk bisa menimbulkan bintik-bintik merah pada kulit. Umumnya, bagian kulit yang diserang oleh serangga ini adalah bagian-bagian yang tidak tertutupi pakaian dan langsung menempel pada kasur atau sofa. Misalnya, pergelangan tangan maupun kaki. 

Meski begitu, keberadaan kutu busuk bukan otomatis menandakan bahwa rumah Anda jorok. Serangga ini bisa berkembang biak pada tempat yang kotor maupun bersih. Oleh sebab itu, serangannya juga tidak bisa ditebak.

Apa itu kutu busuk?

Hewan yang memiliki nama ilmiah Cimex lectularius Linnaeus ini adalah serangga kecil berwarna cokelat kemerahan yang menggigit kulit manusia dan hewan untuk menghisap darah.

Kutu busuk berukuran sangat kecil, sehingga sulit dilihat dengan mata telanjang. Kutu busuk dewasa saja hanya berukuran sebesar biji buah apel.

Karena ukurannya sangat kecil, kutu-kutu busuk dapat dengan mudah bersembunyi di celah-celah tempat tidur maupun sofa. Meski tidak dapat terbang, serangga ini bisa bergerak cepat melewati lantai, dinding, dan langit-langit rumah. Dengan ini, penyebarannya pun bisa terjadi dengan cepat.

Ditambah lagi, kutu busuk betina dapat menghasilkan ratusan telur seumur hidupnya. Mengerikan, bukan?

Di manakah kutu busuk biasanya bersembunyi?

Kutu busuk dapat hidup di celah-celah perabotan dan lokasi yang tersembunyi. Umumnya, mereka berkembang biak di sekitar tempat tidur, seperti di lipatan dan celah kasur, maupun sandaran kepala pada kasur.

Terdapat banyak cara bagi kutu busuk untuk masuk ke rumah Anda. Mereka bisa ikut masuk tanpa Anda sadari bersama tempat tidur atau sofa bekas yang Anda gunakan, pakaian, koper, dan barang-barang lainnya.

Di samping itu, kutu busuk tidak memiliki sarang. Karena itu, tergolong sulit ditemukan dan dibasmi. Namun mereka hidup secara berkelompok di tempat-tempat yang tersembunyi. Dari waktu ke waktu, mereka juga dapat berpindah-pindah.

Selain di sekitar tempat tidur, kutu busuk juga dapat ditemukan di bawah cat dinding yang mengelupas dan celah-celah wallpaper, di bawah karpet, dan bahkan di balik tombol saklar.

Temperatur udara yang lebih dingin atau keterbatasan asupan darah akan menghambat  perkembangan kutu busuk. Namun serangga ini termasuk spesies yang tahan banting karena dapat bertahan hidup hingga berbulan-bulan tanpa perlu mengisap darah sebagai makanannya.

Cara jitu mengenali serangan kutu busuk

Kenali tanda-tanda adanya kutu busuk di sekitar tempat tinggal Anda. Karena sulit ditemukan, Anda sebaiknya memakai kaca pembesar dan senter untuk mencari kutu busuk. Rumah Anda telah diserang kutu busuk bila Anda:

  • Menemukan kutu busuk dewasa yang berwarna kemerahan.
  • Melihat ada bintik-bintik hitam kecil pada kasur. Bintik-bintik ini mungkin saja merupakan kotoran kutu busuk.
  • Menemukan noda kemerahan pada kasur. Noda ini bisa berasal dari kutu busuk yang tidak sengaja tertindih tubuh Anda ketika tidur.
  • Menemukan telur kutu busuk yang berwarna kuning pada beberapa sudut rumah.

Basmi kutu busuk dengan cara ini

Tak perlu panik dan khawatir jika Anda mendapati kutu busuk di rumah Anda. Anda dapat membasminya dengan melakukan langkah-langkah berikut:

  • Sedot si kutu busuk dan kumpulkan dalam satu tempat

Untuk menangkapnya, cara paling mudah adalah dengan memakai alat penyedot debu atau vacuum cleaner. Dengan ini, kutu-kutu busuk bisa tersedot sekaligus.

Setelah itu, masukkan kutu busuk yang sudah tertangkap dalam kantong plastik dan ikat dengan rapat sebelum dibuang. Lalu bersihkan alat penyedot debu Anda secara menyeluruh.

  • Manfaatkan suhu yang sangat panas

Cucilah seprai, pakaian, dan benda kain lain yang terkena serangan kutu busuk dengan merendamnya dalam air panas. Bila tersedia, gunakan fitur pengering pada mesin cuci dengan suhu yang paling tinggi selama kira-kira 30 menit.

Untuk kasur, sofa, dan perabotan lain yang tidak mungin dicuci, Anda dapat membungkusnya dengan plastik yang tertutup rapat dan menjemurnya di bawah terik matahari.

Jika perabotan yang didiami kutu busuk, tidak bisa dicuci maupun dijemur, satu-satunya jalan adalah dengan membuang perabotan tersebut. Dengan ini, kutu busuk tidak akan menyebar dalam rumah Anda.

  • Semprotkan insektisida pembasmi kutu busuk

Terdapat berbagai jenis produk untuk membasmi kutu busuk. Misalnya, produk yang mengandung piretrin, piretroid, pyrroles, maupun neonicotinoids.

Proses fogging juga bisa membantu dalam pembasmian kutu busuk. Tapi pastikan Anda menggunakannya dengan cara yang benar karena asap fogging pun beracun bagi manusia.

Cara-cara membasmi kutu busuk di atas tergolong cukup efektif dan mudah untuk dilakukan sendiri. Namun jika merasa kesulitan, Anda juga dapat juga meminta bantuan dari pembasmi kutu busuk profesional agar proses pembasmian kutu busuk bisa lebih menyeluruh.

University of Florida. http://entnemdept.ufl.edu/creatures/urban/bed_bug.htm
Diakses pada 27 Juni 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bedbugs/symptoms-causes/syc-20370001
Diakses pada 27 Juni 2019

WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/guide/bedbugs-infestation#1
Diakses pada 27 Juni 2019

UK College of Agriculture, Food and Environment. https://entomology.ca.uky.edu/ef636
Diakses pada 28 Juni 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/healthy-home-guide/how-to-get-rid-of-bed-bugs
Diakses pada 5 Juli 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed