8 Permainan Melatih Keseimbangan untuk Anak

0,0
05 May 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Twister adalah permainan melatih keseimbangan yang menantang untuk anak-anak.Twister adalah salah satu permainan melatih keseimbangan yang bisa dicoba.
Penting bagi anak-anak untuk melatih keseimbangannya. Sebab, keseimbangan tubuh yang baik dapat membantu mereka melakukan aktivitas sehari-hari, seperti berolahraga, menggunakan baju, hingga masuk dan keluar dari kendaraan. Untuk mengasahnya, Ayah dan Bunda bisa mencoba berbagai permainan melatih keseimbangan untuk anak-anak yang seru dan tidak membosankan.

8 permainan melatih keseimbangan untuk anak

Saat anak mampu menyeimbangkan tubuhnya dengan baik, ia akan terhindar dari cedera karena mampu melakukan respons postur tubuh saat diperlukan. Keseimbangan yang baik ini juga membuat anak mampu mengasah kemampuan motorik halusnya.Simaklah berbagai permainan melatih keseimbangan yang dapat dilakukan di dekat rumah ini.

1. Engklek

Engklek termasuk dalam permainan melatih keseimbangan
Engklek adalah permainan melatih keseimbangan asal Indonesia
Engklek adalah permainan tradisional Indonesia yang bisa melatih keseimbangan anak. Di daerah Bengkulu, permainan tradisional ini juga dikenal dengan sebutan Lompek Kodok atau Lompat Kodok.Permainan ini mengharuskan anak untuk melompat di bidang datar yang sudah digambar dengan kotak-kotak. Setelah itu, anak harus melompat hanya dengan satu kaki saja. Jadi tidak heran kalau engklek dipercaya sebagai permainan melatih keseimbangan.Ayah dan Bunda bisa mengajak anak ke halaman depan rumah yang sudah beraspal, kemudian menggambar kotak-kotaknya menggunakan kapur. Selamat mencoba!

2. Egrang

Pernah melihat anak-anak bermain egrang? Permainan ini juga dianggap mampu melatih keseimbangan.Di dalam permainan ini, Anda membutuhkan dua buah kayu kokoh yang dilengkapi dengan pijakan kaki. Setelah itu, bantu anak untuk meletakkan kedua kakinya di pijakan kaki tersebut, dan berjalanlah menggunakan egrang dengan hati-hati.Permainan melatih keseimbangan ini juga bisa membantu melestarikan budaya dan permainan tradisional Indonesia terhadap generasi muda.

3. Bakiak

Setiap tanggal 17 Agustus, berbagai kalangan masyarakat Indonesia memainkan banyak permainan tradisional untuk memperingati hari kemerdekaan bangsa. Salah satu permainan tradisional Indonesia yang ramai dimainkan ialah bakiak.Ternyata, bakiak juga diyakini sebagai permainan melatih keseimbangan. Selain itu, bakiak juga bisa melatih motorik kasar, kerja sama, dan memperkenalkan anak terhadap peraturan dalam sebuah permainan.Permainan melatih keseimbangan ini dapat dimainkan oleh tiga anak. Ketiga anak tersebut akan menggunakan sebuah bakiak yang sama dan berusaha untuk mencapai garis finis tanpa terjatuh.

4. Twister

Setelah menelusuri berbagai permainan melatih keseimbangan dari Indonesia, kini kita beralih ke mancanegara.Twister adalah salah satu permainan yang cukup populer di dunia. Sering kali permainan ini mengundang gelak tawa karena dimainkan bersama-sama.Tidak hanya melatih keseimbangan, permainan twister ini juga bisa mengasah kemampuan motorik, sosial, dan emosional anak.Permainan ini dilakukan dengan menaruh kaki dan tangan di sebuah karpet khusus. Nantinya, anak Anda akan diminta untuk menaruh kaki dan tangannya di warna tertentu. Dengan begitu, anak akan berusaha untuk tidak terjatuh dengan menyeimbangkan tubuhnya.

5. Yoga binatang

Yoga binatang atau animal yoga adalah sebuah olahraga yang bisa dilakukan untuk melatih keseimbangan dan meraih ketenangan. Namun anak-anak bisa saja menganggapnya sebagai sebuah permainan yang seru.Bagaimana tidak, berbagai pose yoga binatang akan menuntut anak untuk berpura-pura menjadi binatang. Tidak hanya itu, mereka pun akan diminta untuk berjalan layaknya binatang.Selain melatih keseimbangan, yoga binatang ini dapat meningkatkan fokus, konsentrasi, rasa percaya diri, hingga harga diri.

6. Bowling

Tahukah Anda bahwa bowling juga dianggap sebagai permainan melatih keseimbangan yang baik untuk anak-anak?Perlu diketahui, bowling adalah permainan yang mengharuskan pemainnya untuk menggerakkan tubuh, menyeimbangkan tubuhnya, hingga menjaga fleksibilitas tubuhnya saat sedang mengarahkan bola bowling untuk mengenai sasarannya.Ayah dan Bunda bisa mengajak anak-anak untuk langsung datang ke tempat permainan bowling atau membelikannya mainan bowling yang bisa dimainkan di rumah.

7. Berjalan di atas tangga

Berjalan di atas tangga atau ladder bridge adalah permainan anak kecil yang bisa dilakukan di dalam rumah. Anda hanya membutuhkan sebuah tangga yang terbuat dari kayu dan dua buah bantal.Setelah itu, taruhlah kedua bantal tersebut di ujung tangganya. Setelah itu, mintalah anak untuk berjalan di atas tangga itu. Dengan begitu, ia akan belajar untuk menyeimbangkan dirinya.Namun ingat, Ayah dan Bunda harus selalu bersiaga di samping anak. Hal ini dilakukan agar Anda bisa menangkapnya jika ia terjatuh.

8. Berdansa dan diam!

Sebuah lagu diputar, kemudian anak-anak diminta untuk berdansa bersama, kemudian lagu akan dihentikan tiba-tiba dan anak-anak harus berdiam diri sampai lagu diputar kembali.Di acara ulang tahun anak-anak, sering kali pemandu acara memainkan permainan anak kecil ini.Namun, belum banyak orangtua yang tahu bahwa permainan ini dapat melatih keseimbangan anak. Maka dari itu, cobalah untuk memainkan permainan melatih keseimbangan ini di rumah.

Catatan dari SehatQ

Menyeimbangkan tubuh adalah kemampuan penting yang harus dimiliki anak. Untuk mengasahnya, cobalah ajak anak untuk melakukan berbagai permainan melatih keseimbangan di atas.Jika Anda ingin bertanya seputar kesehatan anak, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
tips parentingparenting stressgaya parenting
Western Kids Health. https://westernkidshealth.com/balance-what-is-it-and-why-is-it-important/
Diakses pada 20 April 2021
Child Development. https://childdevelopment.com.au/areas-of-concern/gross-motor-skills/balance-coordination/
Diakses pada 20 April 2021
PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B RA AL HIDAYAH 2 TARIK SIDOARJO. https://core.ac.uk/download/pdf/230637323.pdf
Diakses pada 20 April 2021
Kemenag Sumsel. https://sumsel.kemenag.go.id/berita/view/483446/latih-keseimbangan-melalui-permainan-tradisional
Diakses pada 20 April 2021
Kemdikbud. http://pkbmdaring.kemdikbud.go.id/rma/product/read/166/bakiak.html
Diakses pada 20 April 2021
Extended Notes. https://www.extendednotes.com/after-school-articles/7-fun-games-and-activities-that-promote-balance-and-coordination
Diakses pada 20 April 2021
Mother Natured. https://mothernatured.com/animal-play/animal-yoga-for-kids/
Diakses pada 20 April 2021
Mountain Kids Louisville. https://mountainkidslouisville.com/blog/games-help-toddler-improve-balance/
Diakses pada 20 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait