10 Permainan Anak Laki-laki agar Aktif dan Tidak Tergantung dengan Gawai

0,0
11 May 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Petak umpat menjadi salah satu permainan anak laki-laki yang seru.Petak umpat adalah salah satu permainan anak laki-laki yang seru dan mengacu adrenalin.
Di tengah zaman yang modern ini, mengajak anak laki-laki untuk bermain di luar rumah menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua. Tidak sedikit anak laki-laki yang lebih suka bermain handphone (HP) atau gawai (gadget) lainnya sehingga enggan main di luar rumah. Untuk mengantisipasinya, cobalah untuk mengajak si kecil mencoba berbagai macam permainan anak laki-laki sehingga mereka bisa bergerak aktif.

10 permainan anak laki-laki agar tidak main HP terus

Menggunakan gawai dan HP terlalu sering dapat berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental anak. Dilansir dari World Vision,  anak lebih berisiko memiliki berat badan berlebih, mengalami kejang, dan gangguan penglihatan jika mereka terlalu sering bermain gawai.Maka dari itu, ajak anak memainkan berbagai permainan anak laki-laki berikut supaya mereka bisa bergerak aktif di luar rumah.

1. Petak umpat

Petak umpat adalah permainan anak laki-laki dan perempuan yang sangat populer di dunia. Di dalam permainan ini, ada dua tugas yang bisa dimainkan oleh anak; mencari dan mengumpat.Cobalah luangkan waktu untuk bermain petak umpat dengan anak di luar atau dalam rumah. Keseruan dari permainan anak laki-laki ini akan membuat anak tertarik untuk memainkannya.

2. Layang-layang

Ingin mencoba permainan untuk anak laki-laki yang seru di luar rumah? Cobalah layang-layang.Meski terlihat mudah, permainan menerbangkan laying-layang ke langit ini membutuhkan kesabaran. Anak-anak dapat merasa semangat saat menunggu angin yang bisa membawa layang-layangnya terbang.

3. Egrang

Anda juga bisa mengajak anak bermain egrang sebagai permainan anak laki-laki. Egrang adalah permainan asli Indonesia yang menggunakan bambu.Egrang terbuat dari dua buah bambu panjang yang dilengkapi dengan pijakan. Nantinya, anak harus menapakkan kakinya di kedua pijakan tersebut dan mulai berjalan menggunakan egrang.Namun, Anda perlu lebih waspada karena permainan anak laki-laki ini membutuhkan perhatian lebih. Jagalah anak dengan mendampinginya saat bermain egrang.

4. Balap karung

Balap karung adalah permainan seru anak laki-laki yang memacu adrenalin. Permainan ini mengharuskan anak untuk masuk ke dalam sebuah karung, lalu berlompat-lompat hingga mencapai garis finis.Sama seperti egrang, balap karung adalah permainan yang membutuhkan perhatian lebih dari orangtua. Pastikan Anda selalu berada di samping anak saat ia sedang memainkannya.

5. Engklek

Tidak hanya perempuan, anak laki-laki pun juga boleh memainkan engklek. Engklek adalah permainan seru anak laki-laki yang dapat dilakukan di luar rumah, terutama di jalanan beraspal atau tanah.Nantinya, anak-anak harus membuat kotak-kotak menggunakan kapur kemudian mereka harus melompati kotak-kotak itu.

6. Bentengan

Menurut Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemdikbud), bentengan adalah permainan untuk anak laki-laki yang populer di era 1990-an. Namun, permainan ini masih sering dimainkan di kota-kota besar dan anak perempuan juga ikut memainkannya.Permainan ini harus dimainkan oleh dua kelompok. Masing-masing kelompok berisikan anak dengan jumlah yang sudah ditentukan. Nantinya, anak-anak harus mempersiapkan batu atau batang pohon bambu sebagai benteng mereka.Setelah itu, anak-anak yang terbagi di dalam dua kelompok ini akan saling berlarian di dalam area yang sudah ditentukan agar tidak tersentuh oleh anak dari tim lawan. Jika ada yang tersentuh, maka anak itu akan 'ditahan' di dalam lingkaran benteng lawan.Selain itu, anak Anda juga harus berusaha untuk bisa menyentuh benteng lawan tanpa tersentuh oleh anak-anak yang lain. Seru sekali, bukan?

7. Gasing

Gasing adalah salah satu permainan untuk anak laki laki yang seru
Gasing adalah salah satu permainan untuk anak laki-laki yang seru
Gasing dimainkan dengan cara memutarnya bersama dengan gasing yang lainnya. Gasing mana yang lebih lama berputar, itulah yang jadi pemenangnya. Gasing diputar dengan cara menarik tali yang terikat di bagian atasnya.Gasing umumnya terbuat dari kayu atau batang bambu. Inti dari permainan untuk anak laki-laki ini adalah adu kekuatan dan ketahanan dalam memutar gasing.

8. Dansa dan diam

Beralih ke permainan anak laki-laki modern, Anda bisa mengajak anak bermain dansa dan diam. Bagi Anda yang suka mendengarkan lagu, ini adalah saat yang tepat untuk memainkan permainan ini.Mintalah anak-anak untuk berdansa sambil berjalan. Ketika lagu dihentikan, anak-anak harus berdiam diri. Jika ada anak yang menggerakkan tubuhnya, maka ia harus keluar. Setelah itu, permainan dilanjutkan lagi untuk mencari satu pemenangnya.

9. Gobag sodor

Gobag sodor juga menjadi permainan untuk anak laki-laki yang seru. Permainan ini setidaknya harus dimainkan oleh 8-10 anak.Pertama-tama, ke-8 atau 10 anak dibagi menjadi dua kelompok. Nantinya, kedua kelompok ini akan bergantian peran.Setelah itu, buatlah kotak persegi berukuran besar yang dapat dimasuki oleh semua anak dari dalam kelompok. Kelompok lainnya akan berjaga di ujung garis agar tim lawan tidak bisa keluar dari kotak persegi tersebut.Anak-anak bisa mendapatkan poin jika berhasil keluar dari kotak persegi tersebut.

10. Gatrik

Gatrik adalah permainan untuk anak laki-laki yang cukup seru. Dibutuhkan 8-10 anak untuk bisa memainkannya.Pertama-tama, anak-anak harus mempersiapkan dua buah batang bambu. Batang bambu yang pertama memiliki panjang 30 centimeter, sedangkan yang satunya memiliki panjang 15 centimeter.Nantinya, batang bambu yang lebih pendek ini akan dilempar sejauh mungkin, dan tim lawan akan berusaha untuk menangkap batang bambu tersebut.

Catatan dari SehatQ

Agar anak tidak melulu memainkan HP atau gawainya di rumah, cobalah bangun motivasi mereka agar mau memainkan berbagai permainan anak laki-laki yang seru di atas. Selain bisa memotivasi anak untuk beraktivitas fisik, berbagai permainan ini juga menjadi ajang bagi anak untuk bersosialisasi.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan anak, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
tips parentinggadgetgaya parenting
World Vision. https://www.worldvision.org.ph/stories/keeping-children-away-bad-effects-gadget-overuse/#:~:text=Negative%20effects%20of%20excessive%20gadget,too%20much%20time%20using%20gadgets.
Diakses pada 26 April 2021
Wired. https://www.wired.com/2009/08/simpleoutdoorplay/
Diakses pada 26 April 2021
Kite. https://www.kite.org/about-kites/history-of-kites/
Diakses pada 26 April 2021
Indonesia. https://indonesia.go.id/kategori/keanekaragaman-hayati/1199/egrang-yang-mengubah-desa-buruh-migran
Diakses pada 26 April 2021
Sumsel Kemenag. https://sumsel.kemenag.go.id/berita/view/1205171/makna-kemerdekaan-dalam-lomba-balap-karung
Diakses pada 26 April 2021
Kemdikbud. http://repositori.kemdikbud.go.id/11164/1/Serunya%20Permainan%20Tradisional%20Anak%20Zaman%20Dulu_0.pdf
Diakses pada 26 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait