Pentingnya Moisturizer untuk Kulit Berminyak dengan Cara Memilih yang Tepat


Moisturizer untuk kulit berminyak tetap diperlukan demi menjaga kulit tetap lembap dan sehat. Penting untuk memilih pelembap untuk kulit berminyak dengan bahan-bahan yang tidak menambah kelebihan minyak atau berpotensi menyumbat pori.

(0)
02 Oct 2019|Armita Rahardini
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Moisturizer untuk kulit berminyak tetap dibutuhkan agar kulit tetap lembap dan sehatPilih moisturizer untuk kulit berminyak yang tepat agar kelembapan wajah tetap terjaga
Penggunaan moisturizer untuk kulit berminyak cenderung dihindari pemilik kulit berminyak karena dianggap dapat membuat kulit semakin berminyak. Padahal, pelembap untuk kulit berminyak perlu digunakan guna membantu menjaga kelembapan kulit. Lantas, bagaimana cara memilih kandungan moisturizer yang bagus untuk kulit berminyak dengan tepat?

Tanda dan ciri-ciri kulit berminyak

Kulit berminyak adalah jenis kulit yang terjadi akibat kelenjar sebaceous di kulit terlalu banyak memproduksi sebum. Sebum adalah zat berminyak seperti lilin yang berfungsi melindungi lapisan kulit dan menjaga kelembapannya.Keberadaan sebum sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Akan tetapi, bila produksi sebum terlalu banyak, kulit malah jadi berminyak, pori-pori mudah tersumbat, dan jerawat makin mudah muncul. Adapun beberapa tanda dan ciri-ciri kulit berminyak, meliputi:
  • Penampakan kulit wajah yang berminyak atau mengilap..
  • Pori-pori besar dan tampak jelas telihat.
  • Kulit wajah terlihat tebal dan kasar.
  • Timbul jerawat atau menderita jerawat kronis.
  • Adanya komedo atau titik-titik hitam yang menyumbat pori-pori.
Kondisi kulit berminyak dan masalah akibat kulit berminyak bisa berbeda-beda, tergantung pada tingkat keparahannya. Penyebab kulit berminyak juga bisa dipengaruhi oleh faktor genetik, perubahan hormon, atau kondisi psikologis seperti stres berlebihan. 

Cara memilih moisturizer untuk kulit berminyak 

Moisturizer untuk kulit berminyak penting untuk menjaga kulit lembap
Oleskan pelembap secara rutin setelah mencuci muka
Moisturizer atau pelembap adalah salah satu produk perawatan wajah yang bertujuan untuk menjaga kulit tetap lembap dan sehat.Bagi pemilik kulit berminyak, menggunakan pelembap merupakan cara merawat kulit wajah yang tak kalah penting.Pemilik kulit berminyak mungkin cenderung menghindari penggunaan pelembap karena dianggap dapat membuat kulit semakin berminyak. Faktanya, penggunaan pelembap untuk kulit berminyak yang tepat dapat membantu menjaga kelembapan kulit tanpa membuatnya semakin berminyak. Nah, agar manfaatnya bisa didapat secara maksimal, simak cara memilih moisturizer untuk kulit berminyak berikut ini. 

1. Pilih kandungan bebas minyak

Salah satu cara memilih moisturizer untuk kulit berminyak adalah kandungan bebas minyak atau oil-free. Dengan ini, kulit Anda tidak akan semakin terasa berminyak. Selain itu, pelembap bebas minyak juga mencegah penumpukan minyak berlebih dan pori-pori di area T wajah (dahi, hidung, dan dagu) tersumbat dan tampak lebih besar. 

2. Berbahan dasar air

Cara memilih moisturizer untuk kulit berminyak berikutnya adalah berbahan dasar air. Anda bisa menemukannya dalam bentuk losion, gel, atau krim.Kandungan pelembap untuk kulit berminyak berbahan dasar air biasanya cenderung ringan, mudah diserap kulit, dan tidak terasa lengket atau berminyak. 

3. Cek label noncomedogenic

Pilih label noncomedogenic juga menjadi cara memilih moisturizer untuk kulit berminyak. Ini berarti, kandungan pelembap tidak rentan menyebabkan penyumbatan pori-pori. Baca labelnya dan pilih moisturizer untuk kulit berminyak yang memiliki kandungan gliserin, hyaluronic acid, lidah buaya, dan squalane. Pasalnya, bahan-bahan tersebut tidak akan menjebak kelebihan minyak dalam pori-pori. 

4. Hindari kandungan tertentu

Cara memilih moisturizer untuk kulit berminyak yang tak kalah penting adalah menghindari kandungan minyak mineral, lanolin, petrolatum, dan cocoa butterSebab, berbagai zat tersebut dapat berisiko meningkatkan produksi minyak dan menyumbat pori-pori. Selain itu, utamakan penggunaan pelembap untuk kulit berminyak yang tidak mengandung alkohol. Kandungan alkohol berpotensi membuat kulit jadi iritasi. 

5. Cari yang mengandung SPF

Alangkah baiknya, Anda memilih moisturizer untuk kulit berminyak yang sekaligus berfungsi sebagai tabir surya. Pilihlah pelembap yang mengandung SPF minimal 30 agar kulit tetap terasa lembap tanpa terasa berminyak. 

Rekomendasi kandungan pelembap untuk kulit berminyak yang tepat

Moisturizer untuk kulit berminyak sangatlah penting penggunaannya
Pilihlah pelembap untuk kulit berminyak yang teksturnya ringan
Ada beberapa kandungan pelembap untuk kulit berminyak yang sebaiknya Anda cermati saat membelinya di pasaran. Berikut adalah kandungan yang sebaiknya ada dalam pelembap untuk kulit berminyak selengkapnya. 

1. Hyaluronic acid

Salah satu kandungan pelembap untuk kulit berminyak yang penting adalah hyaluronic acidHyaluronic acid adalah humektan atau zat yang berfungsi mempertahankan kelembapan kulit. Asam hialuronat bekerja dengan menarik partikel air ke lapisan kulit paling atas sekaligus meningkatkan kelembapan kulit. Asam hialuronat merupakan kandungan yang harus ada dalam moisturizer kulit berminyak karena sifatnya ringan dan tidak rentan menyumbat pori-pori. Dengan demikian, kulit Anda akan tampak halus, bersih, dan sehat. 

2. Glycolic acid

Kandungan yang harus ada dalam pelembap untuk kulit berminyak adalah glycolic acid. Terlebih jika Anda memiliki kulit berminyak yang rentan berjerawat. Glycolic acid atau asam glikolat merupakan golongan alpha hydroxy acid (AHA) yang berfungsi mengurangi produksi minyak berlebih dan mencegah pori-pori tersumbat penyebab jerawat muncul. Asam glikolat bekerja dengan mengikis sel-sel kulit mati sehingga membuat tampak lebih bersih dan halus tanpa merusak jaringan kulit sehat yang ada di sekitarnya. 

3. Niacinamide

Niacinamide adalah kandungan yang harus ada dalam pelembap untuk kulit berminyak. Beberapa hasil studi menunjukkan bahwa niacinamide dapat membantu menyerap produksi minyak berlebih pada kulit. Selain itu, niacinamide dapat merangsang produksi ceramide, yakni komponen penting untuk melindungi lapisan kulit Anda. Dengan ini, kulit dapat terjaga kelembapannya. Niacinamide juga memiliki sifat antiradang dan antioksidan yang dapat membantu mencegah dan mengobati jerawat akibat produksi minyak berlebih pada kulit. 

4. Retinol

Kandungan yang harus ada dalam pelembap untuk kulit berminyak berikutnya adalah retinol. Retinol adalah turunan vitamin A yang umum digunakan untuk mengurangi kemunculan tanda-tanda penuaan, seperti garis halus, kerutan, hiperpigmentasi, dan lainnya, Pada pelembap untuk kulit berminyak, retinol berfungsi meningkatkan produksi kolagen dan mengencangkan kulit. Dengan ini, pori-pori kulit tampak lebih kencang dan mengurangi produksi minyak. 

5. Dimethicone

Saat memilih pelembap untuk kulit berminyak, Anda disarankan untuk mencari yang kandungannya bebas minyak. Beberapa produk moisturizer yang bagus untuk kulit berminyak biasanya mengandung dimethicone sebagai komponen utamanya. Dimethicone bermanfaat bagi kulit berminyak karena sifatnya mirip dengan minyak, tetapi tidak membuat kulit semakin berminyak atau terasa berat. Selain itu, dimethicone tidak rentan menyumbat pori-pori sehingga Anda dapat terhindar dari masalah jerawat. 

6. Lidah buaya

Sebuah hasil studi menyimpulkan bahwa aloe vera atau lidah buaya bisa menjadi kandungan pelembab yang cocok untuk kulit berminyak, bahkan kulit berjerawat sekalipun. Senyawa tertentu yang terkandung dalam lidah buaya ternyata mampu memberikan efek dingin pada kulit. Produk yang efektif digunakan sebagai pelembap untuk kulit berminyak sebaiknya mengandung 100% lidah buaya murni. Anda bisa menggunakan produk gel aloe vera di pasaran sebagai pilihan, tetapi cermatilah kandungan bahan-bahan lainnya. 

Pentingnya moisturizer untuk kulit berminyak

Penggunaan moisturizer kulit berminyak sering dianggap tidak perlu karena dikhawatirkan justru memperparah kondisi kulit dan menimbulkan jerawat. Padahal, melembapkan kulit berminyak tetaplah penting. Berikut adalah alasan pentingnya penggunaan moisturizer untuk kulit berminyak. 

1. Melembapkan bukan berarti menambah minyak

Salah satu pentingnya penggunaan moisturizer untuk kulit berminyak adalah agar kelembapan kulit terjaga dengan baik. Menjaga kelembapan kulit bukan berarti kita harus menambah minyak di kulit. Melembapkan kulit bertujuan meningkatkan dan menjaga kandungan air pada kulit. Kata kuncinya adalah air, dan bukan minyak. Fungsi moisturizer adalah menjaga kondisi kulit tetap lembap walaupun jenisnya berminyak. Sebab, meski jenis kulitnya berminyak, bukan berarti kondisinya selalu terhidrasi dengan baik. Polusi, penggunaan kosmetik, terlalu sering mencuci muka, suhu udara, dan proses penuaan tetap bisa menyebabkan kandungan air di kulit berkurang. Kulit yang kering akan menimbulkan masalah berupa mudah terkena peradangan, kulit lebih cepat menua dan keriput, serta mudah berjerawat. Ketika kulit terlalu kering, tubuh akan merespons dengan memproduksi minyak. Kelebihan minyak akan menyumbat pori-pori sehingga timbul radang dan jerawat. 

2. Mencegah kulit kering akibat penggunaan obat jerawat

Penggunaan moisturizer untuk kulit berminyak tetaplah penting, terutama jika ada masalah jerawat. Saat menjalani pengobatan untuk mengatasi jerawat, kulit yang tadinya berminyak bisa menjadi kering, mengelupas, dan bersisik. Apalagi jika Anda mengobati jerawat  dengan retinoid, seperti Retin-A atau isotretinoinObat jerawat yang mengandung benzoil peroksida untuk membunuh bakteri pun bisa menimbulkan efek samping berupa kulit kering. Penggunaan moisturizer untuk kulit berminyak dapat menjadi salah satu cara untuk menangkal efek samping pengobatan jerawat ini. 

Cara merawat kulit berminyak lainnya

Tak hanya menggunakan moisturizer untuk kulit berminyak, ada beberapa cara merawat kulit berminyak lainnya yang bisa dilakukan. Berikut adalah beberapa cara merawat kulit berminyak yang perlu dilakukan. 

1. Rutin bersihkan wajah

Gunakan moisturizer untuk kulit berminyak setelah cuci muka
Caption
Salah satu cara merawat kulit berminyak adalah dengan rutin membersihkan wajah. Anda bisa mencuci muka pada pagi dan sore hari, serta setelah berolahraga. Sebaiknya, hindari penggunaan sabun cuci muka dengan kandungan wewangian, alkohol, dan kandungan yang terlalu kuat karena bisa membuat kulit kering dan iritasi. Pilihlah pencuci muka untuk kulit berminyak yang kandungannya lembut. 

2. Pakai toner wajah

Cara merawat kulit berminyak berikutnya adalah menggunakan toner wajah. Anda bisa memilih toner untuk kulit berminyak dengan kandungan alkohol untuk membuat kulit wajah sedikit lebih kering. Pada beberapa orang, toner dengan astringent alami dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit wajah dan menghilangkan sisa produk make up yang dapat menyumbat pori-pori. Anda bisa menggunakan toner wajah sesaat setelah mencuci muka dan sebelum menggunakan pelembap untuk kulit berminyak. 

3. Lakukan eksfoliasi

Selain moisturizer untuk kulit berminyak sebaiknya rutin lakukan eksfoliasi
Eksfoliasi bisa mengangkat sel kulit mati penyebab pori tersumbat
Rutin melakukan eksfoliasi wajah juga menjadi cara merawat kulit berminyak yang tepat. Langkah ini bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati di wajah yang menjadi penyebab pori-pori tersumbat. Dengan ini, Anda akan terhindar dari munculnya masalah jerawat. Selain itu, eksfoliasi juga dapat membantu mengecilkan ukuran pori-pori kulit wajah.

4. Pakai masker lumpur

Masker lumpur bisa menjadi cara merawat kulit wajah berminyak. Masker lumpur adalah jenis masker wajah yang mengandung mineral, seperti smectite atau bentonite, yang dapat membantu mengurangi dan mengangkat produksi minyak berlebih di wajah.Dengan demikian, wajah Anda akan terlihat kurang mengkilap, tanpa membuatnya iritasi. Anda bisa menggunakan masker lumpur seminggu sekali dan oleskan pelembap ringan sesudahnya. 

5. Oleskan sunscreen atau tabir surya

American Academy of Dermatology menyarankan agar senantiasa mengoleskan sunscreen atau tabir surya sebagai cara merawat kulit wajah berminyak. Sunscreen bisa membantu mencegah kulit keriput dan flek hitam akibat paparan sinar matahari. Untuk mencegah kemunculan jerawat, Anda bisa memilih sunscreen untuk kulit berminyak yang mengandung zinc oxide dan titanium dioksida. Sebaiknya, hindari penggunaan sunscreen yang mengandung minyak dan wewangian. Gunakan sunscreen dengan SPF 30 secara rutin setelah menggunakan pelembap setiap sebelum pergi beraktivitas di luar rumah.Jika Anda masih merasa kesulitan menemukan moisturizer untuk kulit berminyak, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Dengan ini, dokter bisa memberikan rekomendasi pelembab yang cocok untuk kulit berminyak Anda.Anda pun bisa berkonsultasi dengan dokter lebih lanjut lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mengetahui perawatan kulit berminyak lainnya yang tepat. Pastikan Anda sudah mengunduhnya melalui App Store dan Google Play.Temukan juga produk rekomendasi moisturizer untuk kulit berminyak lainnya di sini
kulit berminyakperawatan kulitperawatan wajah
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321090.php
Diakses pada 2 Oktober 2019  
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/do-i-need-a-moisturizer-if-i-have-oily-skin-15595
Diakses pada 2 Oktober 2019
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/dry/oily-skin
Diakses pada 1 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/skin-care-routine-for-oily-skin-2#cleanse
Diakses pada 1 Desember 2020
Skin Kraft. https://skinkraft.com/blogs/articles/moisturizer-for-oily-skin.
Diakses pada 1 Desember 2020
Derm Collective. https://dermcollective.com/oily-skin-causes/
Diakses pada 1 Desember 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4025519/
Diakses pada 1 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait