Tak Semua Undangan Acara Buka Bersama Perlu Anda Datangi

Anda perlu memilah mana undangan acara buka bersama yang perlu untuk didatangi
Anda perlu memilah mana undangan acara buka bersama yang perlu untuk didatangi

Acara buka bersama seharusnya menjadi sesuatu yang menyenangkan. Menyantap makanan lezat bersama keluarga atau teman sambil saling menanyakan kabar dan menyambung silaturahmi yang mungkin sempat terputus akibat kesibukan.

Namun, terkadang imajinasi akan acara buka bersama yang menyenangkan terpatahkan dengan realita yang ada. Acara buka bersama tidak selalu seindah kedengarannya.

buka bersama sebagai momen puasa

Yakin ingin ikut acara buka bersama?

Banyak hal yang dapat menimbulkan “bencana” saat acara buka bersama. Misalnya saja kritikan dan perbandingan dari anggota keluarga, serta stigma-stigma yang telah ditanam oleh beberapa kerabat yang ingin Anda hindari untuk bertemu.  

Melihat wajah-wajah kerabat dan lingkungan rumah masa kecil, atau dengan kata lain suasana monoton atau datar yang selalu sama saat acara buka bersama dapat memicu kemurungan dalam diri Anda.  

Acara buka bersama di rumah juga dapat memicu memori yang buruk saat kecil. Anda bisa saja terpicu untuk mengingat hal-hal di masa silam yang tidak ingin Anda kenang.  Stres saat acara buka bersama juga dapat dipicu karena rasa kehilangan kontrol.

Anda bisa saja merasa kehilangan kendali karena harus mengikuti tradisi atau merasa tertekan dengan kerabat.  Persiapan untuk acara buka bersama dapat menimbulkan stres karena tanggung jawab yang harus diemban, seperti mempersiapkan makanan, dan sebagainya. 

Acara buka bersama dan kritikan kerabat

Pemikiran negatif yang muncul saat acara buka bersama adalah ketika berkumpul dengan kerabat. Anda khawatir jika ditanyakan berbagai macam hal, seperti apa yang telah dicapai, kapan menikah, jumlah anak, prestasi apa yang telah dilakukan anak, dan sebagainya.

Mengapa hal ini membuat Anda sedemikian cemasnya? Amigdala merupakan bagian otak yang mengatur respon cemas serta menjadi aktif saat Anda merasa takut atau merasakan agresivitas dari lingkungan. Rasa cemas akhirnya muncul sebagai hasil dari reaksi amigdala. 

Kritikan dapat menimbulkan reaksi dari amigdala, serta membuat Anda merasa ditolak, diserang, dan disakiti. Lebih parahnya lagi, kritikan tidak bertujuan untuk mendiskusikan suatu perilaku atau aksi tertentu, tetapi menyerang orang tersebut.

Menghadapi kritikan saat acara berbuka bersama

Perilaku mengkritik adalah perilaku alami manusia untuk mencari penjelasan atas perasaan negatif yang dirasakan dan akhirnya membuat manusia mencari-cari kesalahan dari orang lain untuk menutupi rasa kesal dan kecewa yang dirasakan.  

Namun, Anda tidak perlu membalas kritikan yang diberikan dengan kritikan lainnya. Cobalah untuk langsung menanggapi permasalahan dengan kerabat secara positif. Gunakanlah penyataan “saya” dan bukan “kamu” serta ekspresikan perasaan Anda.  

Contohnya, Anda tidak perlu menanggapi kritikan soal belum menikah dengan “Kamu belum punya pekerjaan kan? Kapan dapat kerja?” Anda perlu menggantinya dengan kalimat yang tidak menyerang kerabat Anda.

Gantilah dengan kalimat “Saya tidak senang dengan cara kamu membahas soal pasangan hidup saya.” Kalimat ini tidak menyerang kerabat Anda, tetapi menegur perilaku yang dilakukan.

stres saat acara buka bersama

Menangani stres acara buka bersama

Acara buka bersama dapat menimbulkan stres, tetapi atasilah dengan melakukan hal yang berbeda dari biasanya. Jika Anda merasa tertekan karena harus menjadi tuan rumah, cobalah untuk mendiskusikannya dengan kerabat Anda dan meminta orang lain menjadi tuan rumahnya. 

Jangan terlalu memaksakan diri Anda karena acara buka bersama. Anda tidak perlu mengikuti acara buka bersama sampai selesai. Rencanakanlah berapa lama Anda ingin berada di acara buka bersama. 

Perasaan stres, sedih, dan kecewa saat acara buka bersama adalah hal yang wajar. Tidak perlu untuk membandingkan keluarga dan kerabat Anda dengan gambaran “keluarga dan kerabat yang sempurna”. Ingatlah bahwa orang lain juga mungkin mengalami hal yang sama. 

Keputusan ada di tangan anda

Acara buka bersama merupakan salah satu ajang untuk kembali mengingat kenangan bersama keluarga dan kerabat, serta membantu untuk menjalin hubungan dengan satu sama lain.  

Semuanya tergantung dari diri Anda. Anda dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti acara buka bersama atau menghindarinya. Namun, tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba untuk mengubah acara buka bersama menjadi lebih baik!

Diskusikan dengan psikolog atau psikiater

Bila permasalahan bersama keluarga sangat menganggu Anda dan mempengaruhi aspek-aspek kehidupan Anda, tidak ada salahnya berkonsultasi ke psikolog atau psikiater mengenai apa yang Anda rasakan dan pikirkan mengenai masalah dengan keluarga Anda.

Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/intl/blog/unfinished-business/201105/go-or-not-go-is-your-school-reunion-worth-the-worry
Diakses pada 02 Mei 2019

Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/intl/blog/live-long-and-prosper/201408/family-reunions-and-reminiscence
Diakses pada 02 Mei 2019

Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/anxiety-zen/201411/holiday-stress-dealing-family-drama-and-dysfunction
Diakses pada 02 Mei 2019

The Gottman Institute. https://www.gottman.com/blog/the-four-horsemen-criticism/
Diakses pada 02 Mei 2019

WebMD. https://www.webmd.com/balance/stress-management/features/home-for-the-holdays-stress-tips#1
Diakses pada 02 Mei 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed