Ketahui Mengenai Cara, Efek Samping, dan Fungsi Operasi Hemangioma pada Bayi

Operasi hemangioma pada bayi hanya diperlukan jika dapat mengganggu kesehatan bayi
Operasi hemangioma pada bayi perlu dilakukan ketika tanda lahir tersebut mengganggu kesehatan bayi

Pernahkah anda melihat bercak merah di kulit bayi anda yang semakin lama semakin besar bahkan menonjol? Ya, inilah tanda lahir yang dinamakan hemangioma. Apakah sampai perlu melakukan operasi hemangioma pada bayi?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai operasi hemangioma pada bayi, mari ketahui fakta-fakta dasar tentang hemangioma.

[[artikel-terkait]]

Hemangioma pada bayi bersifat jinak

Walaupun kelihatannya mengkhawatirkan, sebenarnya hemangioma ini tidak menyebabkan rasa sakit dan tidak berpotensi menjadi tumor ganas atau kanker.

Awalnya mungkin hemangioma dapat membesar dengan cepat, kemudian akan berhenti membesar, dan lama-lama akan mengecil sendiri.

Hemangioma dapat terjadi pada kulit mana saja di tubuh. Namun, hemangioma paling sering muncul pada kulit wajah, leher, belakang telinga, kulit kepala, dada, dan punggung.

Hemangioma pada area tubuh seperti di atas biasanya tidak perlu memerlukan penanganan khusus, kecuali bila hemangioma sampai mengganggu pernapasan dan penglihatan bayi.

Perkembangan hemangioma pada bayi

Hemangioma yang terlihat sejak bayi lahir disebut hemangioma kongenital (bawaan) dan penanganannya berbeda dengan hemangioma yang muncul beberapa saat setelah lahir (hemangioma infantil).

Hemangioma infantil lebih sering terjadi dibandingkan hemangioma kongenital. Hemangioma infantil biasanya mulai terlihat jelas pada bayi berusia empat minggu. Kemudian, hemangioma mulai akan membesar secara cepat ketika bayi berusia 5-7 minggu.

Hemangioma biasanya berhenti tumbuh pada saat bayi berusia 3-5 bulan dan mulai mengecil pada saat bayi berusia 12-15 bulan. Rata-rata hemangioma sudah benar-benar menghilang ketika anak berusia 3-10 tahun.

Jenis-jenis hemangioma pada bayi

Tidak semua hemangioma pada bayi memiliki bentuk yang sama. Ada dua jenis hemangioma pada bayi yaitu:

  • Hemangioma superfisial

    Hemangioma ini terdapat pada permukaan kulit luar dan sering disebut sebagai bercak strawberry karena penampilannya yang merah dan menonjol seperti buah strawberry.
  • Hemangioma dalam

    Hemangioma ini tumbuh di bawah permukaan kulit sehingga permukaannya rata dan menyerupai lebam kebiruan. Beberapa dapat menyebabkan kulit kelihatan bengkak.

3 Alasan apakah operasi hemangioma pada bayi dilakukan?

Seperti fakta di atas, kebanyakan hemangioma dapat menghilang dengan sendirinya. Namun ada beberapa kasus hemangioma yang memerlukan penanganan khusus melalui operasi.

Operasi hemangioma pada bayi dilakukan pada kasus tertentu seperti:

  • Hemangioma yang menyebabkan masalah kesehatan

    Contohnya adalah hemangioma yang tumbuh di dekat mata, hidung, mulut, dan telinga bayi karena dapat menyebabkan masalah penglihatan, kesulitan bernapas, tidak bisa makan, dan gangguan pendengaran.
  • Hemangioma yang menyebabkan kulit terluka

    Pada beberapa kasus, hemangioma dapat menyebabkan luka terbuka atau borok pada kulit yang berisiko menyebabkan infeksi, perdarahan, dan bekas luka.
  • Hemangioma yang meninggalkan bekas luka

    Hal ini terutama mengganggu bila hemangioma tersebut terjadi di wajah bayi.

Tindakan operasi hemangioma pada bayi dapat dilakukan dengan menggunakan pisau bedah atau laser. Jenis operasi hemangioma untuk bayi yang lebih populer sekarang adalah dengan laser karena luka lebih cepat sembuh.

Operasi hemangioma dengan menggunakan pisau bedah sudah jarang dilakukan karena bisa meninggalkan bekas luka yang mengganggu penampilan.

Kapan operasi hemangioma pada bayi dapat dilakukan?

Tidak ada patokan umur tertentu kapan operasi hemangioma pada bayi dapat dilakukan karena berbeda antara satu kasus dengan kasus lainnya.

Oleh sebab itu, penting segera mengkonsultasikan ke dokter bila anda menemukan adanya hemangioma pada bayi anda supaya segera dicari cara terbaik untuk mengatasinya.

Akademi Dokter Anak Amerika (AAP) merekomendasikan untuk sesegera mungkin mengkonsultasikan ke dokter bila anda menemukan bercak merah pada kulit bayi.

Bila memang diperlukan operasi hemangioma pada bayi, dokter akan menimbang waktu terbaik berdasarkan usia, berat badan, dan apakah hemangioma sangat mengganggu.

Contohnya bila bayi mengalami hemangioma pada bagian kelopak mata atas yang dapat mengganggu pengllihatannya maka tindakan operasi harus dilakukan segera.

Sebaliknya untuk hemangioma yang tidak terlalu mengganggu fungsi panca indra namun membekas, biasanya operasi menunggu usia anak lebih besar, yaitu pada usia sekitar 3-5 tahun.

Semoga artikel ini dapat memberikan informasi kepada anda tentang fakta-fakta hemangioma dan kasus hemangioma mana yang perlu penanganan khusus seperti operasi.

Healthline. https://www.healthline.com/health/hemangioma-of-skin
Diakses 9 Mei 2019

Healthy Children. https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/ baby/bathing-skin-care/Pages/Infantile-Hemangiomas-Baby-Birthmarks.aspx
Diakses 9 Mei 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hemangioma/symptoms-causes/syc-20352334
Diakses 9 Mei 2019

Kidshealth. https://kidshealth.org/en/parents/infantile-hemangioma.html
Diakses 9 Mei 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/311871.php
Diakses 9 Mei 2019

Medscape. https://emedicine.medscape.com/article/1083849-treatment#d8
Diakses 9 Mei 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed