Perlukah Anak Mengikuti Kelas Akselerasi? Ini Hal yang Perlu Dipertimbangkan

(0)
31 Mar 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Siswa kelas akselerasi dapat menyelesaikan pendidikan dengan lebih cepatSiswa kelas akselerasi umumnya lebih pintar dari anak-anak seusianya
Kelas akselerasi adalah program atau strategi yang memungkinkan siswa untuk menjalani dan menyelesaikan masa sekolah lebih cepat dari biasanya, dan/atau memulai belajar lebih muda dari usia umumnya. Kelas ini dihadiri oleh siswa akselerasi.Di samping itu, siswa akselerasi adalah siswa yang menjalani percepatan waktu belajar karena memiliki kemampuan memahami pelajaran yang umumnya dimiliki siswa yang lebih tua. Tidak semua sekolah menyediakan kelas akselerasi dan tidak semua orang bisa menjadi siswa akselerasi.Baik pilihan akselerasi sekolah maupun sekolah biasa, memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing bagi anak. Sebagai orangtua, tentunya Anda harus mempertimbangkan dengan matang sehingga anak tidak dirugikan.

Perlukah anak masuk kelas akselerasi?

Untuk menjawab pertanyaan ini, maka Anda harus mengetahui potensi anak dan kemampuan emosionalnya. Beberapa anak dapat memiliki kecerdasan yang lebih tinggi dibandingkan rata-rata. Hal ini memungkinkannya untuk menyerap pelajaran dengan lebih cepat.Motivasi anak untuk menjalani kelas akselerasi juga harus diperhatikan. Pasalnya, saat mengikuti akselerasi sekolah, ia kemungkinan akan mendapatkan jam pelajaran yang lebih banyak atau harus bergaul dengan teman-teman yang berusia lebih tua.Untuk membantu menentukan apakah anak Anda sebaiknya menjadi siswa akselerasi atau tidak, ada sejumlah aspek yang perlu Anda perhatikan.
  • Calon siswa yang dipertimbangkan mengikuti akselerasi sekolah disarankan untuk menjalani penilaian psikologis yang komprehensif dari fungsi intelektual, tingkat keterampilan akademis, dan penyesuaian sosial-emosional oleh psikolog.
  • Secara akademis, siswa kelas akselerasi harus menunjukkan tingkat kemampuan di atas rata-rata kelas yang ingin diikuti.
  • Secara sosial dan emosional, siswa akselerasi harus terbebas dari masalah penyesuaian yang serius.
  • Secara fisik, siswa kelas akselerasi harus berada dalam kondisi yang baik.
  • Siswa yang mengikuti akselerasi sekolah tidak merasa ditekan oleh orangtua atau wali.
  • Siswa yang mengikuti akselerasi sekolah harus bersemangat untuk maju dan memiliki minat yang kuat.
  • Guru penerima harus memiliki sikap positif dan bersedia membantu siswa untuk menyesuaikan diri dengan situasi baru.
  • Siswa yang mengikuti akselerasi sekolah dapat menjalani percobaan setidaknya enam minggu. Jika masa percobaan kelas akselerasi tidak berhasil, ia dapat kembali ke kelas reguler dan tidak boleh dianggap gagal.
  • Siswa kelas akselerasi yang memiliki kemajuan sangat pesat dalam satu tahun, mungkin dapat dipertimbangkan untuk melakukan akselerasi lebih lanjut.

Kelebihan dan kekurangan program akselerasi sekolah

Anak pintar siswa akselerasi
Program akselerasi bisa membawa sejumlah manfaat bagi anak berbakat
Sebelum memutuskan anak Anda akan mengikuti akselerasi sekolah atau tidak, sebaiknya Anda pertimbangkan manfaat dan kerugiannya terlebih dahulu.

Manfaat program akselerasi sekolah

Sejumlah manfaat yang bisa dinikmati siswa yang mengikuti program akselerasi sekolah, yaitu:
  • Dengan mengikuti kelas akselerasi, anak yang lebih berbakat bisa mendapatkan kurikulum yang lebih sesuai dengan kemampuannya. Sehingga, ia akan terhindar dari kebosanan karena belajar dengan kecepatan yang lebih rendah.
  • Penelitian menunjukkan bahwa kelas akselerasi memberikan banyak dampak positif bagi anak yang berbakat.
  • Program akselerasi dengan lompat kelas terbukti dapat membantu hubungan sosial dan prestasi akademis siswa akselerasi, khususnya jika pendaftaran dilakukan bersamaan. Hal ini akan membantu meningkatkan penyesuaian psikologis dengan siswa yang berusia lebih tua.
  • Siswa akselerasi yang masuk sekolah rata-rata memiliki pencapaian belajar enam bulan lebih cepat dibandingkan siswa lain yang seusianya. Selain itu, ada juga sedikit peningkatan dalam kemampuan sosial dan harga dirinya.
  • Beberapa tipe akselerasi sekolah dapat menghasilkan pencapaian akademis yang lebih banyak dalam perkembangan selama satu tahun.
  • Siswa akselerasi mungkin dapat lebih mudah berteman saat siswa yang lebih tua tertarik pada kemampuannya, atau siswa tersebut memang lebih dewasa secara emosional.
  • Lompat kelas tentunya dapat mempercepat penyelesaian studi ketimbang anak-anak lain seusianya.

Kekurangan kelas akselerasi

Di samping kelebihan, ada pula sejumlah kekurangan program akselerasi yang bisa dialami anak.
  • Program akselerasi saja mungkin tidak cukup untuk mengatasi kesulitan-kesulitan sosial bagi beberapa siswa sehingga keterampilan sosialnya perlu ditangani secara terpisah.
  • Siswa akselerasi mungkin saja dikucilkan siswa lain yang tidak suka dengan kelebihannya atau karena ia dianggap lebih kecil dari yang lain.
  • Ada kekhawatiran anak tidak sempat menikmati masa muda atau masa sekolahnya karena mengikuti kelas akselerasi.
  • Jenis kelas akselerasi yang tidak sesuai mungkin tidak akan memberikan hasil yang diharapkan dari siswa berbakat.
  • Lompat kelas akselerasi tunggal mungkin tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan akademis siswa yang sangat berbakat.
  • Beberapa kasus menunjukkan bahwa kelas akselerasi tidak memberikan hasil positif. Namun, sebagian besar kegagalan tersebut mungkin disebabkan oleh metode-metode yang kurang tepat dalam pengelolaan program sekolah akselerasi.
Keputusan untuk mengikuti kelas akselerasi sebaiknya harus dibicarakan dengan baik oleh berbagai pihak, termasuk orangtua, siswa, dan pihak sekolah.Kelas akselerasi juga harus dilihat sebagai sebuah proses yang berkelanjutan. Bukan hanya mengenai penempatan saja, tapi juga memerlukan perencanaan dan pelaksanaan yang matang.Jika Anda punya pertanyaan seputar kesehatan anak, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
sekolahanak sekolah
Davidson Gifted. https://www.davidsongifted.org/search-database/entry/a10487
Diakses 17 Maret 2021
Greats Schools. https://www.greatschools.org/gk/articles/skipping-a-grade-pros-and-cons/
Diakses 17 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait