Perlu Keseimbangan dan Fleksibilitas, Ini 6 Macam-Macam Senam


Saat ini ada banyak macam-macam senam. Setiap jenisnya memiliki manfaat berbeda, namun benang merahnya adalah sangat baik untuk kebugaran tubuh. Apa saja?

0,0
30 Dec 2020|Azelia Trifiana
Berbagai jenis senam menyehatkanSenam trampolin dapat melatih keseimbangan dan membakar kalori
Senam dengan trampolin hingga yang menuntut fleksibilitas tubuh, ada banyak macam-macam senam. Setiap jenisnya memiliki manfaat berbeda, namun benang merahnya adalah sangat baik untuk kebugaran tubuh.Tak hanya bisa dalam kelompok, olahraga ini juga dapat dilakukan sendiri di rumah. Jika sudah tahu manfaat apa yang diinginkan, maka bisa dipilih jenis senam sesuai kebutuhan.

Macam-macam senam

Beberapa jenis olahraga senam adalah:

1. Senam artistik

Jenis senam ini bisa dilakukan baik oleh laki-laki maupun perempuan. Popularitasnya tak terbantahkan, bahkan selalu menjadi salah satu cabang olahraga Olimpiade yang tiketnya paling cepat terjual.Pada gimnastik artistik perempuan, ada 4 peralatan yang digunakan mulai dari vault, uneven bars, balance beam, dan floor exercise. Sementara untuk laki-laki ada tambahan high bars dan pommel horse.

2. Senam ritmik

Sesuai namanya, senam ritmik berisi gerakan seperti melompat, memutar, dan lainnya lewat beragam alat berbeda. Dalam Olimpiade, senam ini hanya dilakukan oleh perempuan. Atlet harus melakukan gerakan lewat peralatan seperti tali, gelang-gelang, bola, palang sejajar, gada, pita, dan lainnya.Seluruh peralatan ini harus terus bergerak, baik itu diayunkan ke udara, diputar ke sekeliling tubuh, dan gerakan lainnya. Satu kali performa atlet individu tidak boleh melewati durasi 90 detik.Untuk melakukan senam ritmik, perlu ketangkasan serta daya tahan pada seluruh anggota tubuh. Biasanya, atlet perlu latihan intens untuk bisa melakukannya karena butuh keterampilan cukup tinggi.

3. Senam trampolin

Dalam senam trampolin, atlet menunjukkan putaran tubuh tinggi serta twist setiap kali melompat di trampolin. Dalam satu tim, umumnya terdapat 6 atlet. Jenis senam ini telah menjadi salah satu cabang olahraga di Olimpiade sejak tahun 2000.Selain itu, ada juga jenis senam trampolin yang menggunakan dua alat sekaligus. Umumnya, ukurannya lebih kecil dan bertingkat dua. Pada jenis senam ini, dua atlet menunjukkan keahlian mereka di saat bersamaan pada trampolin yang berbeda.

4. Senam akrobat

Macam-macam senam selanjutnya adalah akrobat yang sangat menekankan pada keseimbangan. Peralatan yang digunakan mulai dari handstand hingga pegangan untuk menguji keseimbangan. Dalam satu tim yang terdiri dari 2-4 atlet, setiap anggotanya saling melempar dan menangkap rekannya.Senam ini dilakukan di atas mat yang dibentangkan di lantai. Pasangan dalam satu tim bisa perempuan, laki-laki, atau campuran. Bukan hanya dilombakan di level orang dewasa, senam akrobat untuk anak-anak juga kerap masuk dalam ajang kompetisi internasional.

5. Power tumbling

Biasa disebut dengan tumbling saja, ini adalah senam yang fokus pada gerakan cepat serta akrobatik. Rangkaian trek yang digunakan adalah satu garis lurus. Serupa seperti senam akrobat, atlet atau orang yang melakukannya harus memiliki keseimbangan luar biasa.

6. Senam aerobik

Senam aerobik bisa dilakukan oleh individu, tim dua, tiga, hingga enam orang. Gerakan-gerakannya menekankan pada kekuatan, fleksibilitas, serta kebugaran tubuh. Di sisi lain, jenis senam ini tidak terlalu memerlukan kemampuan akrobatik atau keseimbangan.

Manfaat melakukan senam

Siapa saja bisa berlatih senam tak mengenal latar belakang usia. Beberapa manfaat dari melakukan senam di antaranya:
  • Membantu koordinasi tubuh

Jenis senam apapun memerlukan koordinasi yang baik. Semakin rutin berlatih, tubuh akan beradaptasi dengan tuntutan saat melakukan senam. Untuk bisa menuntaskan gerakan yang sulit pun perlu koordinasi yang baik. Dalam jangka panjang, hal ini akan berdampak positif pada tubuh saat melakukan aktivitas sehari-hari.
  • Tubuh semakin fleksibel

Beberapa gerakan senam juga menuntut fleksibilitas tubuh. Semakin terlatih melakukannya, maka tubuh semakin fleksibel. Hal ini dapat mengurangi risiko mengalami cedera sekaligus meningkatkan kemampuan tubuh bergerak leluasa.
  • Membentuk kekuatan

Wajar jika ada yang merasa gerakan-gerakan senam atau gymnastic terasa sulit. Bahkan para atlet juga dulunya merupakan pemula yang memiliki pemikiran serupa. Kabar baiknya, berlatih senam dapat meningkatkan kekuatan otot tubuh bagian atas sekaligus bawah.
  • Menambah kepercayaan diri

Berlatih olahraga seperti macam-macam senam dapat meningkatkan produksi endorfin. Ini dapat membuat seseorang merasa bahagia sekaligus percaya diri. Bonusnya, postur tubuh juga menjadi lebih ideal seiring dengan bertambahnya fleksibilitas tubuh.

Olahraga apapun tentu menyenangkan, termasuk senam. Tak harus menjadi atlet, melakukan gerakan-gerakan senam bisa dilakukan sendiri. Namun pastikan jika melakukan gerakan yang sulit, selalu di bawah supervisi pakarnya untuk menghindari cedera.Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang jenis olahraga yang cocok Anda, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
olahragamenjaga kesehatanhidup sehat
Health Sport. https://healthsport.com/10-benefits-of-gymnastics-training/
Diakses pada 13 Desember 2020
Wise Geek. https://www.wisegeek.com/what-are-different-types-of-gymnastic-exercises.htm
Diakses pada 13 Desember 2020
Sports Rec. https://www.sportsrec.com/136951-what-is-meaning-gymnastics.html
Diakses pada 13 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait