Daftar Perlengkapan yang Penting Dimiliki ibu Hamil Sepanjang Trimester Kehamilan

(0)
22 Mar 2019|Aby Rachman
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Test pack adalah salah satu perlengkapan yang wajib dimiliki calon ibu hamilMempersiapkan perlengkapan esensial sejak awal membantu ibu hamil nyaman menjalani kehamilan
Setelah mengecek tanda awal kehamilan dengan test pack dan konsultasi ke dokter kandungan, perjalanan kehamilan Anda resmi dimulai. KAehamilan itu sendiri merupakan masa membahagiakan yang terkadang terasa sulit dan melelahkan. Nah agar memudahkan aktivitas Anda sebagai ibu hamil selama 9 bulan ke depan, berikt daftar perlengkapan yang perlu dimiliki di tiap trimester kehamilan.

Perlengkapan ibu hamil di trimester pertama

Persiapan untuk masa kehamilan harus dimulai bahkan sebelum Anda positif hamil. Persiapan ini berfokus pada persiapan fisik dan mental ibu dalam menghadapi masa kehamilan. Selain itu, Anda mungkin akan memerlukan krim untuk stretchmark.

1. Sediaan suplemen asam folat

Kebutuhan akan asam folat harus dipenuhi untuk mendukung tahap perkembangan janin di trimester pertama.Asupan asam folat harus terpenuhi dengan baik untuk mencegah risiko cacat tabung saraf pada bayi di trimester pertama pertumbuhannya dalam kandungan.Dengan kata lain, Anda harus mulai mengonsumsi vitamin prenatal yang mengandung asam folat bahkan sebelum Anda hamil dan terus mengonsumsinya selama kehamilan.Ibu hamil untuk mengonsumsi asam folat sebanyak 400 mcg setiap hari sebelum dan selama trimester pertama kehamilan.

2. Pereda mual

Untuk kebanyakan wanita, mual dan muntah merupakan gejala awal terjadinya kehamilan. Jika mual membuat Anda lemas, Anda mungkin dapat mengemut permen jahe.Jahe telah terbukti dapat mengatasi mual dan muntah selama kehamilan. Penelitian menyarankan batas maksimal konsumsi dalam sehari adalah sebanyak 1000 mg.Jika permen jahe tidak cukup ampuh meredakan mual saat hamil, konsultasi ke dokter kandungan mengenai obat pereda mual yang aman.

3. Krim kulit

Seiring membesarnya perut, kondisi kulit juga akan terus mengalami perubahan selama kehamilan.Sejak awal kehamilan, ada baiknya untuk segera mencari rekomendasi pelembap kulit yang cocok untuk mengatasi kulit kering, gatal, dan mencegah terjadinya stretchmark pada kulit.Catatan: hindari losion penghilang stretchmark yang mengandung retinoid. Pastikan pilih produk penghilang stretch mark yang sudah terdaftar di BPOM. 

Perlengkapan ibu hamil di trimester kedua

Memasuki trimester kedua kehamilan, tepatnya di bulan keempat, Anda akan merasakan semakin banyak perubahan pada tubuh. Mulai dari perut yang semakin membesar, tubuh yang sering merasa gerah, kaki yang mudah pegal, dan lain sebagainya.Itulah sebabnya di periode ini ibu hamil sangat disarankan untuk mempersiapkan diri dengan perlengkapan yang dapat menunjang kenyamanan beraktivitas.

1. Sabuk kehamilan

Sabuk ini berupa tali elastis tebal yang digunakan di bawah perut untuk membantu menopang berat perut. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir perut tertekan karena pakaian atau barang bawaan lain yang Anda bawa.

2. Sepatu nyaman

Hindari sepatu dengan hak tinggi karena dapat berisiko ada kehamilan Anda. Apalagi mengingat sepatu dengan hak dapat meningkatkan risiko Anda untuk terjatuh, sebaiknya segera dihindari.

3. Bra khusus untuk ibu hamil

Di toko khusus pakaian dalam wanita, mintalah saran pramuniaga untuk memilihkan bra khusus ibu hamil yang nyaman.Dengan begitu, Anda tidak perlu bolak-balik membeli bra baru karena perubahan bentuk payudara secara terus menerus.

4. Pakaian hamil yang nyaman dan longgar

Jika Anda tidak memiliki banyak pakaian dengan model seperti ini, ada baiknya untuk segera menyicil memilikinya dari sekarang.Pakaian khusus ibu hamil merupakan perlengkapan kehamilan yang penting, mengingat bentuk tubuh akan terus berubah secara signifikan.Selain itu, disarankan untuk mencari pakaian yang juga memudahkan Anda untuk menyusui jika Anda berniat untuk memberikan ASI eksklusif langsung pada buah hati.

5. Bantal tidur ibu hamil

Saat perut sudah mulai membesar, ibu hamil akan mulai kesulitan untuk dapat tidur dengan nyaman. Itulah sebabnya, keberadaan bantal khusus akan sangat membantu meningkatkan kenyamanan dan kualitas tidur para ibu hamil.

Perlengkapan kehamilan di trimester ketiga

Trimester ketiga merupakan periode mulai munculnya tanda-tanda persalinan.Perlengkapan yang perlu ibu hamil persiapkan di masa ini cukup beragam, dan kebanyakan sudah berfokus pada kebutuhan bayi. Mulai dari tempat tidur bayi, keranjang bayi, mainan bayi, hingga perlengkapan lainnya seperti pakaian dan alat-alat mandi bayi.Pada dasarnya, semua hal tersebut dapat Anda sesuaikan bergantung pada kemampuan dan kondisi Anda.Akan tetapi, ada beberapa perlengkapan kehamilan yang harus Anda siapkan menjelang persalinan. Pastikan barang-barang ini sudah tersedia dalam tas yang siap dibawa kapan pun kontraksi terjadi. Beberapa di antaranya adalah popok, pakaian bayi, dan perlengkapan menyusui.

1. Popok

Pertimbangkan pemilihan popok yang Anda inginkan, apakah itu popok sekali pakai atau popok kain.Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yang pasti Anda perlu mulai menyiapkannya setidaknya saat memasuki bulan kedelapan kehamilan.

2. Pakaian bayi

Beli dan cuci beberapa pakaian yang baru lahir dan barang-barang lainnya termasuk selimut, sepatu, kaos kaki, topi, handuk, dan lap mandi.

3. Perlengkapan menyusui

Jika Anda berencana untuk menyusui, Anda tidak memerlukan peralatan apa pun. Namun, jika Anda merupakan seorang ibu bekerja, mempersiapkan alat pompa dan botol susu, perlu Anda lakukan sejak dini.Selain perlengkapan yang disebutkan di atas, ada baiknya Anda mempersiapkan sarung, kain panjang, handuk, dan gurita menjelang persalinan. Untuk Si Kecil, Anda juga bisa menyiapkan selimut, waslap, dan handuk.Ada banyak mitos yang mengatakan bahwa membeli perlengkapan bayi sebaiknya dilakukan saat sudah mendekati persalinan.Namun, ibu hamil sebetulnya sudah dapat mulai mempersiapkan segala perlengkapan bayi dan kebutuhan lainnya saat sudah memasuki trimester ketiga kehamilan.
perlengkapan kehamilanbedah mitosmitosmelahirkanbayi & menyusuipersalinan
WebMD. https://www.webmd.com/baby/features/pregnancy-gear-101
Diakses pada November 2018
Kementerian Kesehatan RI.
http://promkes.kemkes.go.id/wp-content/uploads/pdf/buku_pedoman/Buku%20Saku%20Kader%20Desa%20Siaga.pdf
Diakses pada 22 Maret 2019
The Journal of Alternative and Complementary Medicine. https://www.liebertpub.com/doi/abs/10.1089/acm.2008.0406
Diakses pada 19 Februari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait