Ini Perlengkapan Ibu Hamil yang Penting, Selain Bantal Ibu Hamil

Asupan asam folat harus terpenuhi saat trimester pertama kehamilan
Ada banyak perlengkapan kehamilan, yang akan membantu Anda menjalani masa-masa kehamilan

Sebelum melalui beragam pengalaman unik dan spesial sepanjang periode kehamilan, Anda perlu mengetahui, bahwa akan ada banyak sekali perlengkapan ibu hamil yang dapat membantu melalui masa-masa kehamilan. Sebab, kehamilan terkadang menjadi masa yang sulit dan melelahkan. Berikut ini adalah daftar perlengkapan kehamilan yang perlu Anda persiapkan di tiap trimester kehamilan.

Perlengkapan Ibu Hamil: Trimester Pertama

Persiapan untuk masa kehamilan harus dimulai bahkan sebelum Anda positif hamil. Persiapan ini berfokus pada persiapan fisik dan mental ibu dalam menghadapi masa kehamilan. Kebutuhan akan asam folat harus dipenuhi. Selain itu, Anda mungkin akan memerlukan krim untuk stretchmark.

1. Asam Folat

Misalnya, pastikan asupan asam folat sudah terpenuhi dengan baik untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi di trimester pertama pertumbuhannya dalam kandungan. Dengan kata lain, Anda harus mulai mengonsumsi vitamin pranatal yang mengandung asam folat bahkan sebelum Anda hamil dan terus mengonsumsinya selama kehamilan. Disarankan untuk mengonsumsi asam folat sebanyak 400 mcg setiap hari sebelum kehamilan dan selama awal kehamilan.

2. Krim Kulit

Selain itu, perhatikan pula kondisi kulit yang akan terus mengalami perubahan selama proses kehamilan. Sejak awal kehamilan, ada baiknya untuk segera mencari rekomendasi pelembap kulit yang cocok untuk mengatasi kulit kering, gatal, dan mencegah terjadinya stretchmark pada kulit.

Perlengkapan Ibu Hamil: Trimester Kedua

Memasuki trimester kedua kehamilan, tepatnya di bulan keempat, Anda akan merasakan banyak perubahan tubuh yang signifikan. Mulai dari perut yang semakin membesar, tubuh yang sering merasa gerah, kaki yang mudah pegal, dan lain sebagainya.

Itulah sebabnya di periode ini, Anda sangat disarankan untuk mempersiapkan diri dengan perlengkapan harian yang dapat menunjang kenyamanan dalam beraktivitas, misalnya sabuk kehamilan, sepatu yang nyaman, bra khusus, pakaian longgar, serta bantal ibu hamil.

1. Sabuk Kehamilan

Berupa tali elastis tebal yang diigunakan di bawah perut untuk penopang perut ekstra. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir perut tertekan karena pakaian atau barang bawaan lain yang Anda bawa.

2. Sepatu Nyaman

Hindari sepatu dengan hak tinggi karena dapat berisiko ada kehamilan Anda. Apalagi mengingat sepatu dengan hak dapat meningkatkan risiko Anda untuk terjatuh, sebaiknya segera dihindari.

3. Bra Khusus untuk Ibu Hamil

Pergilah ke toko khusus pakaian dalam, dan mintalah pramuniaga untuk membantu Anda memilih bra untuk ibu hamil sehingga Anda tidak perlu bolak-balik mencari bra karena perubahan bentuk tubuh secara terus menerus.

4. Pakaian Hamil yang Nyaman dan Longgar

Jika Anda tidak memiliki banyak pakaian dengan model seperti ini, ada baiknya untuk segera menyicil memilikinya dari sekarang. Pakaian ini penting untuk digunakan selama hamil mengingat tubuh ibu hamil yang akan berubah secara signifikan. Selain itu, disarankan untuk mencari pakaian yang juga memudahkan Anda untuk menyusui jika Anda berniat untuk memberikan ASI eksklusif langsung pada buah hati.

5. Bantal Tidur Ibu Hamil

Saat perut sudah mulai membesar, ibu hamil akan mulai kesulitan untuk dapat tidur dengan nyaman. Itulah sebabnya, keberadaan bantal khusus ibu hamil akan sangat membantu meningkatkan kenyamanan dan kualitas tidur para ibu hamil.

Perlengkapan Kehamilan: Trimester Ketiga

Perlengkapan bayi yang perlu Anda persiapkan cukup beragam, mulai dari tempat tidur bayi, keranjang bayi, mainan bayi, hingga perlengkapan bayi lainnya seperti pakaian dan lain sebagainya. Pada dasarnya, semua hal tersebut dapat Anda sesuaikan bergantung pada kemampuan dan kondisi Anda.

Akan tetapi, ada beberapa perlengkapan kehamilan yang harus Anda siapkan menjelang persalinan. Pastikan barang-barang ini sudah tersedia dalam tas yang siap dibawa kapan pun kontraksi terjadi. Beberapa di antaranya adalah popok, pakaian bayi, dan perlengkapan menyusui.

1. Popok

Pertimbangkan pemilihan popok yang Anda inginkan, apakah itu popok sekali pakai atau popok kain. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yang pasti Anda perlu mulai menyiapkannya setidaknya saat memasuki bulan kedelapan kehamilan.

2. Pakaian bayi

Beli dan cuci beberapa pakaian yang baru lahir dan barang-barang lainnya termasuk selimut, sepatu, kaos kaki, topi, handuk, dan lap mandi.

3. Perlengkapan Menyusui

Jika Anda berencana untuk menyusui, Anda tidak memerlukan peralatan apa pun. Namun, jika Anda merupakan seorang ibu bekerja, mempersiapkan alat pompa dan botol susu, perlu Anda lakukan sejak dini.

Selain perlengkapan yang disebutkan di atas, ada baiknya Anda mempersiapkan sarung, kain panjang, handuk, dan gurita menjelang persalinan. Untuk Si Kecil, Anda juga bisa menyiapkan selimut, waslap, dan handuk.

Ada banyak mitos yang mengatakan bahwa membeli perlengkapan bayi sebaiknya dilakukan saat sudah mendekati persalinan. Jika Anda mempercayai hal ini, Anda dapat mulai mempersiapkan segala perlengkapan bayi dan kebutuhan pascapersalinan, saat sudah memasuki trimester ketiga kehamilan.

WebMD. https://www.webmd.com/baby/features/pregnancy-gear-101
Diakses pada November 2018

Kementerian Kesehatan RI.
http://promkes.kemkes.go.id/wp-content/uploads/pdf/buku_pedoman/Buku%20Saku%20Kader%20Desa%20Siaga.pdf
Diakses pada 22 Maret 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed