Cara Memilih Raket dan Perlengkapan Bulu Tangkis Lainnya


Salah satu perlengkapan yang penting untuk bermain bulu tangkis alias badminton adalah raket. Untuk mendapatkan yang sesuai, periksa terlebih dahulu beratnya, ukuran dan bahan pegangan, serta setelan senar.

(0)
04 Mar 2021|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Perlengkapan bulutangkis yang penting antara lain raket dan kokRaket dan kok adalah perlengkapan bulu tangkis yang penting untuk dimiliki
Dalam bermain olahraga bulu tangkis, jangan dulu berpikir tentang cara melatih skill atau teknik melakukan smash kencang atau servis flick yang mengecoh lawan. Anda harus terlebih dahulu memilih perlengkapan bulu tangkis yang tepat demi memastikan teknik berjalan sesuai rencana Anda.Perlengkapan bulu tangkis yang utama tentu adalah raket yang akan Anda gunakan untuk melakukan berbagai pukulan dalam olahraga ini, mulai dari servis, smash, lob, hingga netting. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih raket yang pas, sesuai dengan rekomendasi.Selain raket, pastikan memilih shuttle kok berkualitas baik. Untuk melengkapinya, Anda juga dianjurkan untuk mengenakan sepatu dan pakaian khusus yang tidak akan membatasi gerakan maupun meningkatkan risiko mengalami cedera.

Perlengkapan bulu tangkis termasuk raket, ini cara memilihnya

Tidak diragukan lagi bahwa raket adalah perlengkapan bulu tangkis Anda yang utama. Bagi pemula, semua jenis raket mungkin akan terlihat sama saja. Namun untuk atlet profesional, jenis raket sangat beragam, mulai dari raket yang setelannya pas untuk bertahan, ada pula yang akan menambah daya ledak pada pemain bertipe menyerang.Ada banyak merek raket yang beredar di Indonesia, seperti Yonex, Lining, Victor, Astec, dan sebagainya. Untuk pemula, Anda boleh memilih raket dengan harga yang lebih terjangkau, tapi sebisa mungkin memenuhi aspek-aspek berikut ini.
  • Terasa ringan

    Raket teringan memang tidak setara dengan raket terbaik. Namun, raket yang lebih ringan akan meningkatkan kemampuan manuver dan ayunan sehingga memudahkan pemula dalam melakukan pukulan-pukulan.
  • Pegangan sesuai ukuran tangan

    Ukuran pegangan dilambangkan dengan huruf ‘G’ dan diikuti oleh angka. Angka yang lebih besar berarti ukuran pegangan yang lebih kecil. Untuk pemula, pilihlah pegangan yang sesuai ukuran tangan, artinya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.
  • Bahan pegangan sesuai pilihan

    Pada posisi pegangan, ada raket yang menggunakan handuk (menyerap keringan, tapi menimbun kuman). Ada pula yang terbuat dari bahan sintetis (lebih kokoh, tapi tidak menyerap keringat). Pilih yang sesuai dengan preferensi Anda.
  • Setelan senar 19-20

    Semakin kencang setelan senar, semakin kencang pula pukulan yang akan Anda hasilkan. Namun, para pemula disarankan menyetel senar di nomor 19-20 (maksimal 25+) agar pukulan lebih terkontrol.

Rekomendasi perlengkapan bulu tangkis lainnya

Selain raket, perlengkapan bulu tangkis lainnya yang juga sebaiknya Anda miliki adalah:

1. Kok bulu tangkis

Kok bulu tangkis, atau lengkapnya disebut shuttlecock, adalah ‘bola’ dalam olahraga bulu tangkis. Kok yang digunakan di pertandingan resmi terbuat dari bulu angsa buatan pabrik dan memiliki berat sekitar 5,67 gram (sesuai standar Federasi Bulu Tangkis Dunia atau BWF).Bulu angsa ini berjumlah antara 14-16 helai dan ditancapkan di gabus yang dibungkus kulit berwarna putih serta diikat dua tali agar tidak mudah lepas. Ada pula kok dari bahan karet, baik untuk gabus maupun bulunya, dengan bentuk, ukuran, dan besar yang sama dengan kok bulu angsa. Hanya saja, kok plastik dipakai sebatas untuk latihan.

2. Sepatu bulu tangkis

Sepatu bulu tangkis sebagai peralatan olahraga haruslah ringan, tapi ‘menggigit’ di lapangan agar Anda dapat bergerak maju maupun mundur dengan cepat dan tanpa terpeleset. Oleh karena itu, pastikan membeli sepatu dengan karet sol yang baik.Sementara itu, kaus kaki tidak wajib digunakan, tapi sebaiknya Anda tetap mengenakan kaus kaki yang memiliki daya serap keringat tinggi. Pilihlah bahan yang agak tebal supaya empuk dan mengurangi kemungkinan terjadinya iritasi kulit akibat pergesekan kulit dengan sepatu.

3. Baju olahraga

Pilih pakaian yang ringan dan tidak membatasi gerakan, terutama gerakan tangan agar pukulan yang Anda lontarkan bisa lebih keras dan terarah. Sementara itu untuk bawahan, pilih celana pendek atau rok dengan celana ketat sebagai dalaman, karena memudahkan pergerakan kaki.Perlu diingat juga bahwa bermain bulu tangkis akan membuat Anda banyak berkeringat. Jadi, gunakan pakaian yang dapat menyerap keringat dengan baik. Pastikan Anda memilih pakaian yang nyaman untuk diri sendiri.Memiliki perlengkapan bulu tangkis yang bagus memang tidak lantas menjadikan Anda sebagai atlet kelas dunia seperti Liliyana Natsir ataupun Taufik Hidayat. Akan tetapi, tanpa perlengkapan yang baik, skill dan teknik dalam memainkan olahraga tepok bulu ini juga tidak akan maksimal.
olahragatips olahragahidup sehatpola hidup sehat
The Sport Guide. http://thesportguide.com/guide-to-badminton-equipments-shuttlecock-rackets-shoes-string-and-clothing/
Diakses pada 22 Februari 2021
Universitas Atma Jaya Yogyakarta. http://e-journal.uajy.ac.id/1649/3/2TA12444.pdf
Diakses pada 22 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait