Perlengkapan Bersepeda yang Perlu Anda Siapkan Sebelum Gowes

0,0
22 May 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Perlengkapan bersepeda yang bisa Anda siapkan meliputi helm, sepatu, kacamata, hingga pakaian bersepedaPerlengkapan bersepeda dapat membantu melindungi Anda saat berkendara
Supaya berlangsung dengan lancar, aktivitas gowes memerlukan persiapan yang tepat. Satu hal yang paling penting adalah mempersiapkan perlengkapan bersepeda dengan baik. Perlengkapan gowes ini diperlukan untuk menghindari berbagai risiko yang tidak dikehendaki, misalnya cedera karena terjatuh.

Pentingnya mempersiapkan perlengkapan bersepeda

Bersepeda merupakan aktivitas luar ruang yang memiliki berbagai risiko. Baik bagi pesepeda baru atau lama, aktivitas bersepeda selalu memiliki risiko terjatuh atau cedera.  Khususnya, jika Anda gemar bersepeda dalam waktu, tempat, atau keadaan yang cukup berisiko, seperti:
  • Bersepeda ke area perbukitan atau pegunungan
  • Bersepeda di malam hari
  • Bersepeda jarak jauh
  • Bersepeda di rute baru atau yang masih asing
  • Menggunakan sepeda secara rutin sebagai sarana transportasi.
Banyak yang menganggap bahwa perlengkapan bersepeda hanya diperlukan pemula, sedangkan pesepeda yang berpengalaman tidak lagi memerlukannya.Padahal, tidak peduli berapa lama Anda telah menggunakan sepeda, perlengkapan gowes tidak boleh diabaikan karena risiko bersepeda bisa terjadi pada siapa saja tanpa diduga.

Macam-macam perlengkapan bersepeda

Berikut adalah macam-macam perlengkapan bersepeda yang perlu Anda siapkan dan manfaatnya dalam melindungi diri Anda.

1. Helm

Helm sepeda
Helm memiliki fungsi vital dalam melindungi kepala Anda
Helm merupakan salah satu perlengkapan gowes pemula atau pesepeda lama yang tidak boleh terlewatkan. Ada banyak sekali alasan dan penyebab seseorang bisa jatuh dari sepeda.Cedera kepala adalah salah satu kemungkinan cedera yang bisa terjadi saat bersepeda. Oleh karena itu, kepala merupakan bagian vital yang harus dilindungi. Menggunakan helm dengan benar dapat melindungi kepala dari cedera.Selain itu, helm juga membantu menghalangi sinar matahari sehingga Anda tidak akan terganggu oleh silau. Hal paling penting dalam memilih helm sebagai perlengkapan bersepeda santai adalah memastikan helm terasa nyaman di kepala.Sebaiknya Anda coba dulu sebelum membeli helm. Jangan memilih helm yang terlalu longgar atau terlalu ketat karena kemungkinan tidak bisa memberikan perlindungan maksimal bagi kepala Anda.

2. Sepatu

Sepatu sepeda
Sepatu sepeda dapat membantu Anda mengayuh pedal dengan kuat
Sepatu merupakan salah satu perlengkapan bersepeda yang tak kalah penting. Salah memilih sepatu bisa berakibat fatal. Misalnya, sepatu dengan alas yang licin selain mengganggu kenyamanan dan bisa meningkatkan risiko kecelakaan.Selain itu, tidak semua jenis sepatu olahraga dapat digunakan bersepeda. Sebab, sejumlah sepatu olahraga memiliki bagian depan sol yang terlalu fleksibel sehingga tidak dapat membantu mengayuh pedal dengan kuat dan hanya membuat kaki lebih lelah.Gunakan perlengkapan gowes berupa sepatu khusus untuk bersepeda sehingga Anda bisa merasakan perbedaannya. Sepatu ini akan membantu Anda mengayuh sepeda lebih nyaman dan tidak mudah tergelincir dari pedal.

3. Kacamata

Kacamata sepeda
Kacamata dapat melindungi mata Anda dari benda-benda asing
Kacamata juga termasuk peralatan bersepeda yang sebaiknya Anda siapkan. Sebab, keamanan mata berkaitan dengan keamanan bersepeda secara keseluruhan.Kacamata dapat melindungi Anda dari berbagai benda yang berisiko masuk atau menusuk mata Anda, seperti debu, kotoran, serangga, atau benda asing lainnya.  Selain itu, kacamata juga dapat membantu Anda melihat lebih jelas dalam bayangan gelap dan melindungi dari sinar matahari yang silau.

4. Pakaian khusus bersepeda

Jersey sepeda
Pakaian sepeda dapat meningkatkan kenyamanan aktivitas gowes Anda
Pakaian bersepeda dapat membuat aktivitas gowes Anda lebih aman dan nyaman. Berikut adalah beberapa pertimbangan dalam memilihnya.
  • Pilih baju khusus untuk bersepeda yang lebih pas di badan karena pakaian longgar dapat memerangkap angin (udara), menyebabkan kebisingan, dan membuat Anda merasa lembap karena keringat.
  • Pilih bahan yang paling nyaman dan warna yang lebih cerah. Warna yang cerah dapat membantu Anda terlihat oleh pengendara sepeda atau pengguna jalan lainnya saat sedang bersepeda.
  • Pilih celana bersepeda yang memiliki bantalan khusus sehingga membuat posisi duduk Anda lebih nyaman walaupun bersepeda dalam waktu yang lama.

5. Pelindung siku dan lutut

Pelindung lutut
Pelindung lutut (paling kiri) dapat mengurangi risiko cedera di lutut
Siku dan lutut merupakan bagian tubuh yang rawan mengalami cedera saat bersepeda. Sebab, keduanya sering digunakan untuk menahan tubuh saat terjatuh.Oleh karena itu, penggunaan peralatan bersepeda berupa pelindung siku dan lutut juga diperlukan untuk mengurangi risiko cedera di kedua area tersebut.Itulah beberapa perlengkapan bersepeda yang sebaiknya Anda siapkan sebelum mulai gowes. Pastikan Anda menggunakan berbagai perlengkapan tersebut dengan bahan dan ukuran yang nyaman.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
tips bersepedatips olahraga
National Bicycle Dealers Association. https://nbda.com/bicycle-accessories/
Diakses 10 Mei 2021
Road. https://road.cc/content/feature/6-essentials-all-new-road-cyclists-need-189632
Diakses 10 Mei 2021
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/mountain-biking-gear-and-equipment-3120191
Diakses 10 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait