Perkembangan Mata Bayi Sejak Lahir Hingga Dua Tahun


Pada awal kehadirannya di dunia, si kecil bisa sangat penasaran akan banyak hal di sekitarnya. Terkadang, mata bayi sering melihat ke atas dan ini merupakan bagian dari perkembangan kemampuan kognitifnya.

0,0
12 Sep 2021|Azelia Trifiana
Mata bayi terus berkembang semenjak kelahirannyaMata bayi terus berkembang semenjak kelahirannya
Pada awal kehadirannya di dunia, si kecil bisa sangat penasaran akan banyak hal di sekitarnya. Terkadang, mata bayi sering melihat ke atas dan ini merupakan bagian dari perkembangan kemampuan kognitifnya. Terlebih, segala sesuatu di sekitarnya benar-benar hal baru.Namun kadang, orangtua ragu apakah arah pandangan mata bayi yang sering ke atas ini normal atau tidak? Ini wajar sebab perkembangan mata bayi di bulan-bulan awal masih beradaptasi dengan benda di sekitarnya.

Perkembangan mata bayi

Terkait perkembangan mata bayi, berikut tahapannya:
  • 0-2 bulan

Bayi newborn biasanya baru melihat sejauh 15-22 centimeter di depannya. Bahkan, beberapa kali mungkin mata bayi tampak juling mengingat otot matanya masih lemah. Ketika matanya terbuka, mereka belum bisa mengikuti objek yang bergerak.Orangtua bisa membantu memberi stimulasi dengan mengubah posisi crib atau posisi tidurnya. Kemudian, beri alternatif sisi kiri dan kanan ketika menyusui. Tujuannya untuk membantu perkembangan mata bayi pada usia awal.
  • 2-3 bulan

Ketika usianya menginjak dua bulan, kontak mata dengan orang lain sudah mulai lebih fokus. Mereka bisa fokus lebih lama pada mata di wajah orangtua atau siapapun yang ada di dekatnya. Meski demikian, penglihatannya masih sedikit kabur.Di saat yang sama, bayi mulai mengenali warna sedikit demi sedikit. Hanya saja, belum diketahui pasti berapa dan apa saja warna yang mereka kenali.
  • 3-4 bulan

Pada usia ini, perkembangan mata bayi bisa melihat lebih jauh. Ketika menginjak empat bulan, bayi juga bisa melihat objek yang bergerak cepat. Menariknya lagi, kedua mata mulai bisa bergerak bersamaan.Bahkan, mereka mulai bisa melihat perbedaan warna terutama merah dan hijau. Jangan heran ketika mereka mulai menunjukkan ekspresi girang saat melihat warna tertentu.
  • 12 bulan

Di ulang tahunnya yang pertama, bayi sudah bisa melihat seperti halnya orang dewasa. Makin banyak stimulasi yang mereka lihat, ini akan membantu memberikan jejak pengalaman sensori pada penglihatan mereka.Orangtua bisa memberikan stimulasi dengan bermain hide and seek. Ini dapat membantu melatih daya ingat visual si kecil. Kemudian, jangan lupa untuk memberi nama objek saat berbicara dengan si kecil. Tujuannya untuk mengembangkan pula kemampuan berbahasa mereka.
  • 12-24 bulan

Ketika usia bayi berada di antara satu sampai dua tahun, koordinasi mata dan tangannya semakin berkembang. Persepsi terhadap objek di sekitarnya juga berkembang dengan baik.Selain itu, anak di rentang usia ini sangat tertarik dalam menjelajahi lingkungan sekitar mereka, terutama dengan cara melihat dan mendengar. Mereka bisa mengenali objek familiar dan juga gambar-gambar yang ada di dalam buku cerita.Tak hanya itu, anak berusia 12-24 bulan sudah bisa menggambar secara acak menggunakan pensil atau krayon karena kemampuan koordinasi mata dan tangannya kian berkembang.

Kapan menjadi tidak normal?

Sangatlah normal ketika mata bayi sering melihat ke atas. Otot matanya yaitu otot ekstraokular masih belum benar-benar kuat untuk mempertahankan fokus ke arah yang tidak sejajar dengan posisi tubuhnya.Terlebih, bayi baru lahir biasanya belum bisa duduk. Jadi, mereka sering berada di posisi berbaring. Jelas, arah pandangannya akan lurus ke arah langit-langit.Apalagi jika di langit-langit terdapat bayangan atau kontras tertentu yang menonjol. Contohnya semburat cahaya matahari atau sudut jendela, itu bisa menjadi hal yang menarik perhatian bayi newborn.Tak hanya itu, orangtua boleh curiga apabila tidak pernah berhasil menarik perhatian bayi. Contohnya dengan membunyikan mainan dari arah lain, memanggil, atau stimulasi lain selain dari arah atas.Idealnya, bayi ketika berusia empat bulan sudah bisa mendeteksi wajah-wajah yang muncul terus-menerus dan juga konsisten. Orang-orang terdekatnya. Mulai dari ayah, ibu, kakak, pengasuh, dan anggota keluarga lain di rumah.Jika mereka tidak memberikan respons ketika berinteraksi dengan wajah-wajah yang seharusnya sudah familiar, saatnya berkonsultasi dengan dokter spesialis.

Tanda-tanda masalah pada mata bayi

Sebenarnya, sangat langka terjadi masalah pada mata dan penglihatan bayi. Sebagian besar dari mereka memiliki mata yang sehat dan terus berkembang sesuai usianya.Meski demikian, tidak menutup kemungkinan terjadi masalah-masalah seperti:
  • Mata berair karena kelenjar air mata tersumbat
  • Tampak kelainan pada kelopak mata seperti muncul kemerahan sebagai tanda-tanda infeksi, kelopak mata turun (ptosis)
  • Mata sering bergerak tanpa sadar ke arah tertentu (nistagmus) seolah mencari fokus
  • Mata tampak juling
  • Harus memposisikan kepala untuk dapat melihat dengan baik
  • Sensitif terhadap cahaya
  • Tampak pantulan mata seperti mata kucing apabila difoto dengan cahaya flash
  • Muncul pupil berwarna putih (leukokoria) bisa jadi indikasi kanker mata
Apabila orangtua mencurigai adanya masalah pada mata dan penglihatan si kecil, sebaiknya jangan tunda memeriksakan ke dokter spesialis.Catatan dari SehatQKetika mencari di Google tentang fenomena mata bayi sering melihat ke atas, tentu ada banyak artikel yang menghubungkannya dengan spektrum autisme atau attention deficit hyperactivity disorder (ADD). Namun, ini tidak selamanya tepat.Sebab, ada banyak faktor yang membuat mata bayi hanya melihat ke satu arah saja. Terlebih pada awal usia mereka, saat penglihatan belum bisa benar-benar fokus.Jadi, selama si kecil masih merespons terhadap stimulasi lain di sekitarnya, tak perlu terlalu khawatir. Manfaatkan momen emas perkembangannya dengan banyak mengajaknya bicara, memperlihatkan bayangan di kaca, dan mengajak bermain.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar masalah pada mata bayi dan cara mendeteksinya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
klinik tumbuh kembang anakbayi & menyusuitumbuh kembang bayi
Romper. https://www.romper.com/parenting/baby-stares-at-the-ceiling-a-lot-experts-promise-its-normal-19206456
Diakses pada 29 Agustus 2021
What to Expect. https://www.whattoexpect.com/first-year/baby-vision
Diakses pada 29 Agustus 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/baby/why-do-babies-stare#bright-colors
Diakses pada 29 Agustus 2021
AOA. https://www.aoa.org/healthy-eyes/eye-health-for-life/infant-vision?sso=y
Diakses pada 30 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait