Perkembangan Janin 5 Bulan: Saat Wajah Si Kecil Mulai Terbentuk

Perkembangan janin 5 bulan juga ditandai dengan perubahan fisik ibu
Perkembangan janin 5 bulan ditandai dengan pertumbuhan beberapa organ penting si Kecil

Usia kehamilan Anda kini sudah berusia 5 bulan. Sebagian besar dari Anda akan terlepas dari rasa mual, sebaliknya nafsu makan bakal meningkat sehingga berat badan Anda juga akan meroket. Lalu, bagaimana dengan perkembangan janin 5 bulan itu sendiri?

Saat usia kehamilan 5 bulan, atau dimulai sejak minggu ke-21, bayi Anda akan memiliki berat sekitar 350 gram. Bayi Anda juga mulai memiliki waktu tidur atau beraktivitas yang tidak sama dengan ibunya sehingga tidak aneh jika Anda merasakan ia menendang dan bergerak sangat aktif di dalam perut justru saat Anda bersiap tidur malam.

Bagi Anda yang mengalami persalinan prematur, bayi Anda sudah memiliki kemungkinan untuk bertahan hidup meski paru-parunya belum berkembang sempurna. Hanya saja, ia harus dirawat sangat intensif di NICU. Untuk itu, menjaga kehamilan dengan rutin memeriksakan diri ke dokter kandungan sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu dan janin.

Apa saja perkembangan janin 5 bulan yang perlu Anda ketahui?

Dalam usia kehamilan 5 bulan ke atas, bukan hanya janin yang akan mengalami perkembangan signifikan, perut Anda pun mulai membesar disertai perubahan lain, baik secara fisik maupun perilaku. Berikut perkembangan janin 5 bulan (21-24 minggu) yang dapat Anda perhatikan:

1. Usia kehamilan 21 minggu

  • Pembuluh kapiler mulai tumbuh di bawah kulit janin sehingga kulitnya berubah dari pink menjadi merah.
  • Alis bayi akan menebal, sedangkan bibirnya semakin berbentuk jelas.
  • Pergerakan bayi akan makin aktif, sedangkan pola tidurnya semakin teratur.
  • Pada ibu hamil, perkembangan janin 5 bulan (21 minggu) akan membuatnya kurang seimbang karena pusat gravitasi baginya berubah.
  • Ibu hamil mungkin akan mengalami pandangan kabur serta kaki dan tangan bengkak. Itu bisa normal, bisa juga merupakan gejala preeklampsia. Konsultasikan kepada bidan atau dokter yang menangani Anda untuk diagnosis lebih akurat.

2. Usia kehamilan 22 minggu

  • Secara fisik, perkembangan janin 5 bulan (22 minggu) sudah mirip dengan bayi baru lahir, namun dalam ukuran yang jauh lebih kecil.
  • Janin juga mulai menumpuk kotoran (feses) di ujung duburnya dan akan keluar ketika dilahirkan berupa kotoran berwarna hitam (mekonium).
  • Pada beberapa kehamilan, kulit ibu hamil akan glowing di masa-masa ini. Rambut Anda juga akan terasa lebih lebat karena pengaruh hormon estrogen berlebih.

3. Usia kehamilan 23 minggu

  • Sumsum tulang belakang bayi mulai bisa memproduksi sel darah merah.
  • Jantungnya akan memompa darah lebih kencang untuk dialirkan ke seluruh tubuhnya.
  • Perkembangan janin 5 bulan cukup signifikan dalam hal pendengaran. Ia mulai bisa merespons suara Anda sehingga ini adalah saat yang tepat mengajaknya berbicara atau bernyanyi.
  • Pada ibu hamil, Anda mungkin akan mulai mengalami sembelit karena perkembangan bayi akan makin menekan rektum yang sekaligus memperlambat sistem pencernaan.

4. Usia kehamilan 24 minggu

  • Anda dapat melakukan pemeriksaan ultrasonografi (USG) 3D atau 4D untuk melihat bentuk wajah sekaligus memantau perkembangannya.
  • Janin sudah bisa melakukan beberapa ekspresi muka karena otot wajahnya mulai terbentuk dan bisa difungsikan.
  • Pada ibu hamil, Anda mungkin akan mengalami stretchmark pada usia ini yang bisa ditandai dengan munculnya garis merah dan terasa gatal.

Di penghujung usia kehamilan 24 minggu, janin Anda kemungkinan akan memiliki berat 600 gram. Sementara perkiraan panjangnya dapat mencapai 30 cm yang diukur dari ujung kepala hingga tumit.

Hal yang harus diperhatikan ibu hamil di usia kehamilan 5 bulan

Perkembangan janin 5 bulan bisa dibilang sebagai masa-masa indah antara ibu dan janin. Tidak ada salahnya jika Anda merencanakan untuk bepergian atau melakukan babymoon di usia ini, namun tentunya dengan persetujuan dokter kandungan Anda.

Meski demikian, terdapat beberapa hal yang tetap harus Anda perhatikan, antara lain:

  • Anda mungkin akan mengalami naiknya asam lambung hingga mengalami Cobalah makan dengan porsi yang lebih sedikit, namun rutin dilakukan sepanjang hari untuk meringankan rasa tidak nyaman.
  • Bagi sebagian ibu hamil, payudara akan mulai memproduksi susu sehingga Anda akan merasakan ada cairan menetes dari puting. Tidak perlu panik karena ini normal.

  • Beberapa ibu hamil mengeluhkan sakit di punggung bagian belakang seiring dengan perkembangan janin 5 bulan. Kondisi ini biasanya tidak serius dan akan hilang setelah persalinan.

  • Jika terdapat bercak darah atau vagina terasa gatal, segera periksakan kondisi Anda ke bidan atau dokter karena bisa jadi itu pertanda infeksi saluran kemih.

Selalu pantau kondisi kesehatan Anda, termasuk kadar gula darah maupun tekanan darah untuk menghindari kemungkinan terjadinya diabetes gestasional atau preeklampsia. Pada akhirnya, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter maupun bidan yang menangani Anda setiap ada keluhan sekecil apa pun.

Pregnancy, Birth, and Baby Australia. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/pregnancy-21-to-24-weeks
Diakses pada 29 November 2019

Baby Center UK. https://www.babycentre.co.uk/5-months-pregnant
Diakses pada 29 November 2019

Baby Center UK. https://www.babycentre.co.uk/s1001618/your-pregnancy-at-21-weeks
Diakses pada 29 November 2019

Baby Center UK. https://www.babycentre.co.uk/s1001619/your-pregnancy-at-22-weeks
Diakses pada 29 November 2019

Baby Center UK. https://www.babycentre.co.uk/s1001620/your-pregnancy-at-23-weeks
Diakses pada 29 November 2019

Baby Center UK. https://www.babycentre.co.uk/s1001621/your-pregnancy-at-24-weeks
Diakses pada 29 November 2019

American Pregnancy. https://americanpregnancy.org/week-by-week/24-weeks-pregnant/
Diakses pada 29 November 2019

Planned Parenthood. https://www.plannedparenthood.org/learn/pregnancy/pregnancy-month-by-month/what-happens-fifth-month-pregnancy
Diakses pada 8 Juni 2020

Artikel Terkait