Bayi 2 bulan mulai memiliki kontrol terhadap tubuhnya seperti menahan kepalanya.
Bayi 2 bulan sudah memiliki kontrol tubuh yang lebih baik

Tak terasa si Kecil sudah menginjak usia 2 bulan. Ayah dan Bunda pun mungkin sudah mulai mengerti dan terbiasa dalam merawat buah hatinya.

Ada banyak hal baru yang bisa orangtua lihat dalam perkembangan bayi 2 bulan. Bahkan di usia ini, bayi sudah bisa tersenyum dengan gemas dan mengeluarkan suara-suara unik.

Perkembangan bayi 2 bulan

Bayi yang berusia 2 bulan biasanya minum ASI sebanyak 350-7perbayi10 mL dalam sehari. Sementara, bayi yang diberi susu formula menghabiskan 470-945 mL per harinya. Pada usia 2 bulan, bayi akan tidur sekitar 15-16 jam sehari.

Pola tidurnya masih tidak teratur dan belum bisa tidur sepanjang malam. Bayi pun masih sering terbangun untuk menyusu setiap 3 jam sekali atau lebih. Selain itu, beberapa hal yang terjadi dalam perkembangan bayi 2 bulan, di antaranya:

  • Berat dan tinggi badan meningkat

Terjadi peningkatan berat badan pada bayi berusia 2 bulan. Biasanya bayi akan terlihat lebih bulat dan gemuk.

Rata-rata berat bayi perempuan berusia 2 bulan sebesar 5 kg dengan tinggi 57 cm, sementara bayi laki-laki memiliki berat 5,5 kg dengan tinggi 58 cm. Akan tetapi, setiap bayi dapat memiliki berat badan dan tinggi yang berbeda-beda.

  • Mulai memiliki kontrol tubuh

Bayi berusia 2 bulan lebih memiliki kontrol terhadap tubuhnya. Bayi pun mulai dapat menahan kepalanya sedikit lebih tegak saat melakukan tengkurap atau ketika digendong dengan tegak. Pada bulan kedua, bayi juga memiliki refleks mengisap yang kuat.

Anda juga mungkin melihat bayi mengisap jari-jarinya. Ini merupakan salah satu cara bayi untuk menenangkan diri. Namun, pada usia ini bayi belum memiliki koordinasi untuk memainkan mainan.

Hanya saja bayi dapat memegang sebentar mainan yang Anda letakan di tangannya atau memukul kerincing warna-warni yang ada di depannya.

  • Penglihatan meningkat

Pada usia 2 bulan, bayi dapat melihat orang dan benda dari jarak yang cukup jauh hingga sekitar 45 cm. Bayi pun dapat melihat wajah Anda dengan cukup baik ketika menyusu.

Penglihatan bayi pun mulai dapat mengikuti gerakan Anda saat berjalan di dekatnya. Selain itu, pendengaran bayi berusia 2 bulan juga meningkat, dan senang mendengar suara Anda.

  • Mengeluarkan suara unik dan tersenyum

Sama seperti bayi berusia 1 bulan, kemampuan komunikasi bayi 2 bulan juga sebagian besar masih berupa tangisan. Namun, Anda mungkin sesekali mendengar bayi menggeram, mendengus, atau mengeluarkan suara lain.

Bayi juga dapat mengenali wajah dan suara Anda dengan memberi respons tersenyum. Ajaklah bayi berbicara untuk mulai membentuk kata-kata pertama yang akan diucapkannya dalam beberapa bulan kemudian.

  • Lebih sedikit refleks kaget

Bayi berusia 2 bulan mulai melakukan gerakan yang lebih halus dan terarah dengan tangan dan kakinya. Anda pun hanya melihat lebih sedikit gerakan refleks kaget yang sebelumnya sering mereka tunjukkan.

Mendorong perkembangan bayi 2 bulan

Memiliki bayi yang tumbuh dengan cepat dan menunjukkan keterampilan baru tentunya menjadi keinginan setiap orangtua.

Meski perkembangan setiap bayi berbeda-beda, namun Anda dapat mendorong perkembangan bayi dengan melakukan beberapa hal berikut:

  • Luangkan banyak waktu untuk membaca, bernyanyi, dan mengobrol dengan bayi. Bayi pun akan terbiasa dengan suara dan kata-kata yang Anda keluarkan sehingga keterampilan bahasa dan komunikasinya akan berkembang.

  • Seringlah tersenyum kepada bayi. Hal sederhana ini dapat membuat bayi bahagia, serta membantunya merasa nyaman dan aman. Selain itu, Anda juga dapat memijat bayi setelah mandi untuk menenangkannya.

  • Biasakan bayi melakukan tummy time untuk menguatkan leher dan tubuh bagian atasnya. Ini dapat membantu mengembangkan otot yang dibutuhkannya untuk duduk dan merangkak nanti.

  • Beri bayi mainan plastik yang aman untuk anak seusianya. Biarkan bayi melihat, dan merasakan mainan yang memiliki desain unik dengan warna yang cerah untuk mendorong keaktifannya.

Sayangnya, sebagian bayi akan mengalami perkembangan yang lebih lambat. Hal ini dapat disebabkan oleh kondisi tertentu atau masalah medis. Segera konsultasikan pada dokter jika bayi berusia 2 bulan mengalami hal berikut:

  • Tidak tersenyum di usia 8 minggu
  • Terus rewel bahkan ketika Anda berusaha menenangkannya
  • Satu sisi tubuhnya lebih kuat dari yang lain
  • Tangannya masih terkepal dengan erat dan tidak dapat membukanya
  • Suara yang muncul tiba-tiba tidak mengejutkan bayi
  • Tidak menyusu dengan benar
  • Tubuh bayi kaku.

Sangat penting bagi orangtua untuk memerhatikan apa pun yang terjadi pada bayinya. Jangan sampai adanya masalah pada bayi yang tidak terdeteksi dengan cepat.

WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-2-month-old#1
Diakses pada 15 November 2019

Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/your-2-month-old-baby-development-and-milestones-4171959
Diakses pada 15 November 2019

What to Expect. https://www.whattoexpect.com/first-year/month-by-month/month-2.aspx
Diakses pada 15 November 2019

Pregnancy Birth Baby. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/babys-growth-and-development-2-months-old
Diakses pada 15 November 2019

Artikel Terkait