logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Bayi & Menyusui

Seputar Perkembangan Bayi 15 Bulan, Si Kecil Sudah Bisa Apa Saja?

open-summary

Perkembangan bayi 15 bulan di antaranya sudah mau duduk di kursi dengan tenang, sudah bisa meniru kegiatan yang lebih spesifik, bisa menyampaikan keinginan dengan jelas, bisa bersosialisasi, dan memahami kegunaan suatu benda.


close-summary

2023-03-24 12:21:45

| Nenti Resna

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Perkembangan bayi 15 bulan di antaranya udah bisa meniru kegiatan yang lebih spesifik dan bisa bersosialisasi

Perkembangan bayi 15 bulan salah satunya si kecil sudah memahami fungsi suatu benda

Table of Content

  • Perkembangan Bayi 15 Bulan
  • Cara orangtua untuk mendukung perkembangan bayi 15 bulan

Untuk memastikan tumbuh kembang si Kecil telah sesuai dengan usianya, orang tua perlu tahu perkembangan yang umumnya sudah dicapai mayoritas anak di usia tersebut. Mengetahui perkembangan bayi usia 15 bulan dapat membuat orang tua lebih awas dengan kemungkinan hambatan apa yang dialami saat anak belum memiliki keterampilan seperti yang seharusnya.

Advertisement

Perkembangan Bayi 15 Bulan

Bayi 15 bulan sudah bisa berjalan dengan baik
Bayi 15 bulan sudah bisa berjalan dengan baik

Capaian perkembangan bayi 15 bulan dikatakan normal apabila anak menguasai keterampilan yang sudah dicapai mayoritas anak seusianya. Meskipun demikian, ada berbagai hal yang dianggap normal saat anak menguasai keterampilan lebih awal atau lebih lambat dari yang lainnya.

Beberapa perkembangan bayi 15 bulan yang mungkin dilakukan oleh si Kecil meliputi:

1. Perkembangan kemampuan fisik

Perkembangan bayi 15 bulan yang pertama dapat diamati adalah pada perkembangan fisiknya. Berikut ini beberapa perkembangan yang biasanya sudah dicapai anak di usia ini:

• Sudah bisa berjalan

Sekitar 90 persen bayi berusia 15 bulan umumnya sudah bisa berjalan di usia ini dan mungkin akan terlihat seperti sudah bukan bayi lagi. Sebagian mungkin masih terlihat goyah sementara yang lain sudah bisa berjalan dengan percaya diri. Ini merupakan hal yang wajar.

• Sudah mau duduk di kursi

Di usia 15 bulan, anak mungkin akan mulai ingin duduk di kursi meja makan dengan baik. Mereka juga bisa mulai mengerti aktivitas yang lebih menantang, misalnya berdiri di atas meja, melompat, memanjat, berlari dan sebagainya.

• Sudah meniru kegiatan yang lebih spesifik

Tidak hanya itu, perkembangan kemampuan fisik 15 bulan juga dapat membuatnya terlihat aktif beraktivitas dengan berbagai hal di sekelilingnya. Misalnya ingin bicara di telepon, menyapu, meniru gerakan olahraga atau aktivitas apa saja yang Anda lakukan.

2. Keterampilan komunikasi dan bahasa

Perkembangan bayi 15 bulan dalam keterampilan komunikasi dan bahasa juga sudah cukup banyak, seperti:

• Bisa menyampaikan keinginan dengan jelas

Di usia 15 bulan, sebagian besar anak biasanya sudah bisa memahami yang Anda katakan dan dapat menunjukkan yang mereka inginkan dengan menarik, menunjuk, atau merengek.

• Bisa mengerti perbincangan lebih jelas dan merangkai kata-kata

Si Kecil akan bisa menunjuk ke bagian tubuh ketika ditanya, “mana hidung?” serta mulai mengucapkan 3-6 kata yang bermakna dan menggunakannya dengan benar.

Ia juga mungkin akan menggabungkan suara dan kata-kata dalam pola seperti ucapan. Ia juga sudah bisa mengangguk, menggelengkan kepala, menjawab pertanyaan atau gambar yang disebutkan orang lain.

3. Perkembangan sosial dan emosional

Perkembangan bayi 15 bulan juga bisa terlihat dari keterampilan sosial dan emosionalnya, seperti berikut ini:

• Mulai jelas menunjukkan kasih sayang

Bayi 15 bulan mungkin mulai dapat menunjukkan kasih sayang kepada pengasuh dengan pelukan dan ciuman serta terlihat sedih saat harus berpisah dengan orang yang dekat dengannya. Si Kecil juga sudah bisa menunjukkan empati seperti terlihat gelisah saat ada orang yang menangis.

• Bisa bersosialisasi

Perkembangan bayi 15 bulan juga bisa dilihat dari kemampuan bersosialisasinya. Saat bermain dengan temannya, si Kecil biasanya sudah dapat meniru yang dilakukan temannya, serta mengulangi tindakan yang mendapatkan reaksi positif. Sebagian anak juga sudah mulai bertindak lebih mandiri sesuai dengan yang diinginkannya.

4. Keterampilan kognitif

Perkembangan bayi 15 bulan juga bisa terlihat jelas dari kemampuan kognitifnya yang semakin meningkat. Di usia ini, buah hati Anda biasanya sudah bisa:

• Memahami kegunaan suatu benda

Bayi usia 15 tahun juga sudah mulai memahami apa kegunaan suatu benda. Dia akan mulai menggunakan sendok untuk makan atau menggunakan sisir untuk menyisir rambutnya. Jangan heran jika anak tampak berusaha menyapu lantai dengan sapu yang dibawanya.

• Memahami dan mengikuti perintah sederhana

Mereka akan mulai dapat memahami dan mengikuti perintah sederhana. Anak juga akan mulai meniru apa yang Anda lakukan seperti memakai baju atau lipstik Anda. Selain itu, bayi 15 bulan juga sudah bisa mulai terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah, seperti teka-teki sederhana.

BACA JUGA: Perkembangan Balita Usia 1-5 Tahun yang Perlu Diketahui Orang Tua

Cara orangtua untuk mendukung perkembangan bayi 15 bulan

Membacakan buku untuk anak bisa membantu perkembangan bayi 15 bulan
Mengenalkan anak pada buku bisa membantu perkembangan bayi 15 bulan

Orangtua adalah guru pertama bagi anak. Anda bisa melakukan beberapa cara untuk mendukung perkembangan bayi 15 bulan, seperti:

1. Membantu belajar bicara

Di masa awal berbicara, bayi mungkin belum bisa mengucapkan kata dengan benar. Anda dapat membantu memperbaiki ucapan si Kecil dengan mengulangi dan mengoreksi apa yang dikatakannya sebagai cara untuk melatihnya belajar bicara.

2. Memperkenalkan nama benda

Saat si Kecil menunjuk suatu benda, Anda bisa memberitahunya nama benda tersebut, dan tunggu si kecil mengulanginya. Anda dapat mengonfirmasi dan membenarkan perkataannya. Ini dapat membantu anak mengenal lebih banyak nama benda di sekelilingnya.

3. Meminta membantu dalam kegiatan sehari-hari

Untuk mendorong perkembangan bayi 15 bulan mulailah memintanya membantu dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Misalnya, memintanya membawa barang yang ringan, membuang sampah, atau memasukkan kaus kaki ke keranjang baju kotor.

Ini merupakan hal yang baik untuk meningkatkan harga diri atau self esteem balita dan mengajarkan mereka untuk beraktivitas di sekitar rumah.

4. Perkenalkan pada buku

Bayi usia 15 bulan juga sudah bisa diperkenalkan dengan buku. Seiring waktu anak akan senang duduk sambil mendengarkan cerita. Dalam jangka panjang, membaca mungkin menjadi salah satu kegiatan paling bermanfaat.

Membaca secara nyaring akan memperluas kosakata bayi 15 bulan dan memupuk kesenangan untuk bercerita dan mendengar cerita. Buku juga mengajarkan anak bagaimana dunia di sekelilingnya bekerja dan membantu mengembangkan kecintaan belajar.

5. Membuat jadwal makan dan tidur rutin

Menjaga kesehatan fisik anak yang tengah aktif merupakan bagian penting dalam perkembangan bayi 15 bulan. Anak berusia 1-2 tahun membutuhkan waktu tidur 11-14 jam sehari. Buatkan rutinitas tidur yang baik agar anak dapat tidur dengan nyenyak dan berkualitas. Demikian juga dengan waktu makan yang sebaiknya terjadwal.

Baca Juga

  • Ketahui Penyebab, Gejala, hingga Cara Mengatasi Cerebral Palsy pada Bayi
  • Penyebab Katarak pada Bayi, Ini Gejala dan Tindakan yang Harus Diambil Orangtua
  • Ketahui, Inilah Pengaruh Kelahiran Prematur pada Tahap Tumbuh Kembang Anak

Itulah berbagai perkembangan bayi 15 bulan yang dapat Anda jadikan tolok ukur perkembangan Si Kecil. Jika bayi sudah berusia 15 bulan dan belum menunjukkan perkembangan yang setara anak usianya, Anda bisa mulai berkonsultasi dengan dokter.

Tentu, ini bukan berarti pasti ada yang salah dengan kesehatannya, namun bisa dijadikan sebagai langkah pencegahan ataupun deteksi dini apabila memang ada yang perlu diperbaiki untuk mendukung perkembangannya.

Orang tua juga disarankan untuk memeriksakan anak ke dokter apabila di usia 15 bulan ia belum bisa menggunakan bunyi konsonan untuk menunjukkan keinginannya, tidak menunjukkan emosi atau terlihat tidak tertarik dengan teman sebayanya, dan jika ada keterampilan yang telah dikuasai tetapi kemudian menghilang.

Advertisement

tumbuh kembang bayiperkembangan bayi

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved