Perkembangan Bayi 11 Bulan, Mulai Aktif Berjalan Hingga Memahami Perkataan


Bayi 11 bulan sudah mulai berjalan, melakukan aktivitas-aktivitas menantang, dan memahami perkataan maupun instruksi sederhana. Supaya perkembangannya optimal, Anda bisa mengajak bayi Anda berbicara, merespons ucapannya, bermain, serta memberi makanan sehat bernutrisi.

(0)
Bayi 11 bulan sudah bisa melihat warna dengan baik sehingga senang dengan mainan berwarna cerahBayi 11 bulan senang menumpuk dan mengumpulkan mainan
Ketika usia bayi 11 bulan, banyak perkembangan yang bisa dilihat oleh para orang tua. Jelang merayakan 1 tahun pertamanya, bayi akan mulai memahami instruksi sederhana yang diberikan oleh orangtua mereka. Meski perkembangan antara satu bayi dengan yang lain dapat berbeda, ada beberapa perilaku yang biasa ditunjukkan oleh bayi umur 11 bulan.

Perkembangan bayi 11 bulan, sudah bisa apa aja?

Memasuki usia 11 bulan, buah hati Anda akan mulai aktif untuk mencoba berjalan. Umumnya, bayi akan berpegangan pada tangan orang lain atau benda-benda kokoh di sekitarnya ketika dirinya berjalan.Sebagian bayi 11 bulan juga akan mulai melakukan aktivitas menantang seperti memanjat ke tempat yang lebih tinggi hingga melewati pagar boks tempat mereka tidur atau bermain. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya jauhkan bayi dari kursi maupun meja supaya tidak tertimpa benda yang ada di atasnya.Pada usia ini, bayi Anda seharusnya sudah mulai belajar makan sendiri dan mengeksplorasi penggunaan sendok. Indra perasa bayi juga akan mulai berkembang, jadi Anda disarankan untuk memberikan makanan dengan variasi berbeda tiap harinya.Baca juga: Seperti Apa Makanan Bayi 11 Bulan yang Dapat Diberikan?
Bayi 11 bulan biasanya sudah bisa berjalan
Bayi 11 bulan mulai lancar berjalan
Dikutip dari webMD, berikut ini sejumlah perkembangan perilaku yang biasa ditunjukkan oleh bayi umur 11 bulan:
  • Berjalan
  • Merayap
  • Melambaikan tangan
  • Berdiri tanpa bantuan
  • Mengoceh dan meniru kata-kata
  • Menumpuk benda seperti mainan
  • Bergerak di lantai dengan menggeser pantat
  • Pergi untuk mengambil benda yang diinginkan
  • Meraih makanan dengan tangannya dan makan sendiri
  • Mengucapkan kata-kata sederhana seperti “Mama” dan “Dada”
Selain perilaku, otak bayi 11 bulan juga sudah menunjukkan banyak perkembangan. Tumbuh kembang otak yang umumnya terjadi pada bayi umur 11 bulan, meliputi:
  • Melihat warna dengan baik
  • Menunjukkan ciri-ciri kepribadian
  • Suka mendengar musik dan melakukan tarian
  • Mulai mengerti dan memahami perkataan atau instruksi sederhana
  • Mulai memiliki preferensi rasa dan tekstur dalam memilih makanan
  • Mengekspresikan kecemasan ketika hendak berpisah dengan orang lain
  • Menunjukkan rasa ingin tahu dengan mengeksplorasi cara kerja suatu benda
  • Sudah belajar untuk menggunakan emosi agar mendapatkan hal yang dia inginkan
Perlu Anda ingat, tumbuh kembang setiap bayi mungkin saja berbeda. Perkembangan sensorik dan perkembangan motoriknya bisa saja lebih lambat, namun juga tidak menutup kemungkinan melebihi apa yang telah disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran atau pertanyaan, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk memantau perkembangan si Kecil dari waktu ke waktu.Baca juga: Tahap Perkembangan Bayi Usia 0-12 Bulan dan Faktor yang Memengaruhinya

Berat dan panjang ideal bayi umur 11 bulan

Pada usia 11 bulan, panjang dan berat badan bayi akan mengalami penambahan, namun tidak terlalu signifikan. Idealnya, bayi umur 11 bulan akan mempunyai panjang 72,8 cm hingga 74,5 cm dan berat 8,7 kg hingga 9,4 kg.Meskipun begitu, angka tersebut tidak dapat dijadikan sebagai patokan pasti. Perkembangan fisik masing-masing bayi dapat berbeda satu sama lain dan bergantung pada jenis kelamin, kondisi, serta asupan gizi yang mereka terima.

Tips mengoptimalkan tumbuh kembang bayi 11 bulan

Berbagai macam tindakan dapat dilakukan oleh para orangtua untuk mengoptimalkan tumbuh kembang bayi 11 bulan. Beberapa tindakan sederhana untuk membantu perkembangan bayi Anda berjalan dengan optimal, antara lain:

1. Mengajaknya berbicara

Mengajak bayi Anda berbicara dapat membantunya untuk memahami kata-kata dan meningkatkan kemampuan bicara. Oleh sebab itu, jangan lupa meluangkan waktu untuk mengobrol dengan bayi Anda. Semakin banyak berbicara, maka akan semakin baik juga untuk tumbuh kembangnya.

2. Merespons apa yang dikatakan

Ketika bayi mulai aktif berbicara dengan mengucapkan kata-kata seperti “mama” atau “papa”, jangan lupa untuk membalasnya. Merespons apa yang dikatakan oleh anak Anda mendorong percakapan dua arah dan membangun keterampilan berkomunikasinya.

3. Bermain bersama

Mengajak bayi 11 bulan bermain bersama akan menstimulasi tumbuh kembangnya
Mengajak bayi 11 bulan bermain lego akan menstimulasi kreativitasnya
Bermain bersama bayi Anda bisa membantu membuatnya merasa aman dan dicintai. Ketika bermain, ajaklah bayi Anda melakukan permainan yang mendorong imajinasi dan kreativitas, misalnya menyusun balok atau menggambar menggunakan cat air. 

4. Membacakan cerita

Membacakan cerita untuk bayi Anda dapat menstimulasi kemampuan berbicara. Anda juga bisa membiarkan bayi untuk membaca bukunya sendiri meskipun hanya dengan celotehan. Ini merupakan salah satu cara yang berguna untuk mengembangkan imajinasinya. Tidak hanya membaca cerita, Anda bisa mengajak si Kecil untuk menyanyi bersama atau melantunkan lagu anak-anak untuknya.

5. Memberikan dorongan supaya aktif bergerak

Mendorong bayi Anda aktif bergerak dan mengeksplorasi lingkungan sekitar dapat membantu membangun kekuatan ototnya. Supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, singkirkan benda-benda yang dapat membahayakan keselamatan bayi Anda dari jangkauannya.

6. Memberi makanan sehat bernutrisi

Memberikan bayi Anda makanan sehat dan bernutrisi sangat tepat untuk menunjang tumbuh kembangnya. Beri kesempatan si Kecil untuk makan dengan menggunakan kedua tangannya sendiri. Pastikan bayi Anda dalam posisi duduk ketika makan untuk mencegah tersedak.

Catatan dari SehatQ

Memasuki usia 11 bulan, bayi Anda akan mulai mencoba berjalan dalam melakukan aktivitas-aktivitas yang menantang. Selain itu, si Kecil juga mulai memahami perkataan atau instruksi sederhana yang diucapkan oleh orangtuanya.Supaya perkembangannya terpantau dengan baik, periksakan kondisi bayi Anda secara rutin ke dokter anak. Mengetahui hal yang menghambat tumbuh kembang anak sedini mungkin dapat mencegah kemunculan masalah di kemudian hari.Untuk berdiskusi lebih lanjut soal perkembangan bayi di usia 11 bulan dan tips untuk mengoptimalkan pertumbuhannya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
bayi & menyusuitumbuh kembang bayiperkembangan anakperkembangan bayi
Raisingchildren.net.au. https://raisingchildren.net.au/babies/development/development-tracker-3-12-months/11-12-months
Diakses pada 19 November 2020
WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-11-month-old
Diakses pada 20 November 2020
Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/first-year-infant-growth-431721
Diakses pada 20 November 2020
Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/your-11-month-old-baby-development-and-milestones-4172881
Diakses pada 20 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait