logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Bayi & Menyusui

Bayi 1 Bulan Sudah Mulai Melihat dan Mengepalkan Tangan, Apa Lagi Perkembangannya?

open-summary

Bayi 1 bulan sudah mampu menunjukkan banyak kemampuan baru meski baru dilahirkan. Bayi di umur ini sudah bisa menangis saat lapar dan melekat pada payudara ibu untuk menyusui.


close-summary

4.83

(12)

14 Nov 2019

| Dina Rahmawati

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Bayi 1 bulan mengalami banyak perkembangan panca indera dan motorik

Bayi 1 bulan menangis sebagai cara berkomunikasi

Table of Content

  • Perkembangan berat dan panjang badan bayi 1 bulan
  • Perkembangan bayi usia 1 bulan
  • Tanda bayi 1 bulan harus dibawa ke dokter
  • Cara membantu tumbuh kembang bayi 1 bulan
  • Catatan dari SehatQ

Bayi 1 bulan pertama mengalami tahapan perkembangan (milestone) yang cukup berbeda dari ketika baru dilahirkan. Kebanyakan dari perkembangan yang terjadi pada periode ini berhubungan dengan indera-indera Si Kecil.

Advertisement

Orang tua perlu mengetahui hal apa saja yang terjadi dalam perkembangan bayi 1 umur bulan. Hal ini dapat membantu Anda untuk memantau dan mengevaluasi sejauh mana perkembangan anak.

Perkembangan berat dan panjang badan bayi 1 bulan

no caption
Berat bayi satu bulan bertambah 14-28 gram per hari

Pada minggu pertama setelah dilahirkan, bayi akan kehilangan berat badan. Hal ini wajar karena bayi dilahirkan dengan cairan tubuh berlebih.

Proses pengurangan cairan ini mampu membuat bayi umur 1 bulan kehilangan berat lahirnya hingga 10 persen sebelum berat badannya menjadi stabil dan bertambah seiring waktu.

Berat lahir bayi rata-rata bisa dicapai kembali ketika bayi berusia 2 minggu. Berat badan bayi akan bertambah dengan cepat sekitar 14-28 gram per hari pada rentang waktu ini. Namun, tumbuh kembang bayi memang memiliki kecepatan yang berbeda-beda.

Rata-rata, berat badan bayi umur 1 bulan bertambah 0,7-0,9 kg, tingginya bertambah 2,5-4 cm, dan lingkar kepalanya bertambah 1,25 cm pada setiap bulannya.

Perkembangan bayi usia 1 bulan

Di usia ini, orang tua perlu memahami, bayi 1 bulan mungkin lebih sering tidur. Rata-rata, bayi berusia 1 bulan tidur selama 15-16 jam per hari. Jam tidur bayi pun tidak menentu karena mereka belum mampu menyesuaikan siklus siang dan malam.

Bayi umur 1 bulan juga cenderung kurang nyenyak ketika tidur. Sebab, mungkin belum merasa nyaman sehingga mudah terbangun. Selain tidur, bayi yang baru lahir sebulan biasanya juga mulai menunjukkan berbagai perkembangan.

Adapun kemampuan dalam perkembangan keterampilan motorik bayi 1 bulan, di antaranya:

1. Menunjukkan refleks gerak

no caption
Bayi satu bulan sudah mampu mengisap payudara ibu

Sistem saraf bayi usia 1 bulan memang masih berada dalam proses pematangan. Namun, bayi umur 1 bulan juga dilahirkan dengan beberapa naluri yang dilakukan secara alami, seperti mengisap payudara. Bayi pun dapat menempel pada payudara dan menyusu segera setelah lahir.

Selain itu, salah satu perkembangan yang bisa dilihat adalah gerakan tangannya. Jika Anda meletakan jari telunjuk di telapak tangan bayi, ia bisa refleks mengepalkan tangannya. Ketika kaget, bayi juga dapat menunjukkan gerakan-gerakan refleks yang disebut refleks moro.

Namun, pada usia 1 bulan, bayi belum memiliki kekuatan otot leher untuk menopang kepala dengan tegak. Oleh sebab itu, letakkan tangan Anda di bawah kepala bayi setiap kali akan menggendongnya.

Meski demikian, pada bayi umur 1 bulan, mereka sudah siap belajar tengkurap. Ini diperlukan untuk melatih otot leher. Jika otot leher kuat, bayi lebih siap untuk belajar merangkak dan duduk. Selain itu, bayi usia satu bulan juga mampu menggerakkan kepalanya saat tengkurap.

Baca juga: Sudah Terlatih Sejak dalam Kandungan, Ini 12 Macam Reflek pada Bayi Baru Lahir

2. Melihat jarak dekat

Bayi lahir dengan penglihatan yang kabur dan rabun jauh. Namun, bayi dapat melihat dengan baik pada jarak dekat. Jarak penglihatan bayi yang sangat jelas untuk melihat benda-benda dan orang-orang, yaitu sekitar 20-30 cm.

Ketika mencoba untuk fokus, mata bayi dapat menyilang karena kontrol matanya belum berkembang sepenuhnya.

Akan tetapi, jika mata bayi tetap menyilang ketika berusia 3-4 bulan, sebaiknya periksakan ke dokter karena bayi bisa saja mengalami juling.

Secara alami, bayi lebih tertarik melihat wajah manusia ketimbang boneka ataupun benda lainnya. Selain itu, bayi umur 1 bulan juga lebih menyukai objek yang sangat kontras atau berwarna cerah karena mudah dilihat. 

3. Mengenali suara

no caption
Bayi 1 bulan mengenali suara ibunya

Tumbuh kembang bayi umur 1 bulan bisa diamati pada kemampuan pendengarannya. Meski pendengaran bayi belum berkembang sepenuhnya, bayi dapat mengenali suara, terutama orang tua, yang biasa didengarnya ketika berada dalam rahim.

Satu hal yang menarik dari riset terbitan jurnal Developmental Psychobiology menunjukkan, bayi rupanya lebih menyukai suara perempuan daripada suara laki-laki. 

Sebab, bayi baru lahir cenderung lebih sering mendengar suara perempuan daripada suara laki-laki. Spesifiknya, suara perempuan yang lebih cepat direspon oleh bayi adalah suara ibu kandungnya.

Selain suara ibu kandungnya, bayi juga mendengar suara perawat maupun bidan yang sebagian besar perempuan saat baru lahir.

Bayi juga menyukai suara bernada tinggi. Namun, pastikan tidak terlalu keras hingga menyakiti pendengaran mereka. Anda pun dapat mencoba mengeluarkan suara unik untuk mendapat respon bayi. 

Baca juga: Kapan Bayi Bisa Melihat? Ketahui Tahap Penglihatan Bayi Ini

4. Indera penciuman baik

Dalam perkembangan bayi usia 1 bulan, indra penciuman telah berkembang dengan baik. Dalam beberapa hari pertama kehidupannya, bayi sudah dapat merasakan aroma ASI dan puting payudara ibu. Ini merupakan kemampuan bayi yang luar biasa.

5. Berkomunikasi dengan cara menangis

no caption
Bayi usia satu bulan berkomunikasi dengan menangis

Bayi 1 bulan hanya memiliki satu cara berkomunikasi, yaitu dengan menangis. Menangis merupakan cara bayi mengatakan dirinya lapar, popoknya basah, sangat lelah, atau berbagai hal lainnya.

Pada bayi umur 1 bulan, bayi akan menyusu ASI sekitar 8 kali sehari atau setiap 2-3 jam sekali. Sementara, bayi yang diberi susu formula biasanya lebih jarang minum susu, kira-kira setiap 3-4 jam sekali.

Beberapa bayi yang terlalu sering menangis juga bisa saja menandakan sakit perut maupun masalah medis lainnya. 

Tanda bayi 1 bulan harus dibawa ke dokter

no caption
Bayi tidur di atas 16 jam harus diperiksa ke dokter

Wajar bagi orangtua jika masih belajar tentang bayi dan apa yang si Kecil butuhkan ketika masih berusia 1 bulan. Akan tetapi, konsultasikan atau periksakan bayi ke dokter jika memiliki kondisi berikut:

  • Tidak menyusu dengan baik
  • Tidak menggerakan tangan atau kaki
  • Matanya tidak mengikuti wajah Anda atau tidak memberi respon ketika melihat Anda
  • Tidak pernah kaget atau seperti tidak mendengar
  • Sering tidur sangat lama lebih dari 16 jam sehari.

Baca Juga

  • Bayi 4 Bulan Belum Bisa Tengkurap Apakah Normal? Ini yang Harus Dilakukan Orang Tua
  • Grey Baby Syndrome, Saat Kulit Bayi Menjadi Keabuan Akibat Antibiotik
  • 10 Tahapan Wonder Week Bayi dan Cara Mengatasinya

Cara membantu tumbuh kembang bayi 1 bulan

no caption
Tummy time pada bayi kuatkan otot leher

Perlu diingat, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mendorong perkembangan bayi, di antaranya:

  • Memerhatikan bayi, memandangi dan tersenyum pada bayi bisa semakin mendekatkan hubungan Anda bersamanya, serta membuat bayi merasa aman dan terlindungi.
  • Membaca dan bernyanyi untuk bayi, meski bayi tidak mengerti apa arti ucapan Anda ketika membaca, ia akan merasa senang mendengar suara Anda. Selain itu, memainkan musik dan bernyanyi juga dapat membantu merangsang indra bayi serta membuatnya terhibur.
  • Membantunya tummy time, membantu bayi melakukan tummy time selama 1-5 menit dapat meningkatkan kekuatan otot leher. Akan tetapi, pastikan Anda mengawasi bayi dengan baik dan jika bayi tertidur, selalu posisikan ia untuk tidur terlentang.
  • Lakukan kontak skin-to-skin, berikan kontak kulit dari orang tua ke bayi 1 bulan. Ada beragam manfaat yang didapat bayi 1 bulan, yaitu menjaga detak jantung dan pernapasan bayi, mengontrol temperatur tubuh bayi, memberikan kasih sayang berupa perlindungan bagi bayi.

Baca juga: Bayi 2 Bulan, Bagaimana Tumbuh Kembang Buah Hati Anda?

Catatan dari SehatQ

Kehidupan pada usia 1 bulan cukup penting. Sebab, hal ini mampu memengaruhi tumbuh kembangnya pada usia selanjutnya.

Meski baru lahir, perkembangan bayi amat berarti. Sebab, pada fase ini, kemajuan yang ditunjukkan berkaitan dengan pancaindranya.

Jika tumbuh kembang bayi 1 bulan menunjukkan kelainan atau perbedaan dari bayi pada umumnya, konsultasi lebih lanjut ke dokter anak melalui chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.

Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.

Advertisement

perkembangan bayitumbuh kembang bayimerawat bayiberat badan bayibayi baru lahir

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved