Tahapan Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan, Sudah Bisa Menoleh dan Tersenyum


Pada perkembangan bayi usia 1 bulan, otaknya akan berkembang semakin cepat saat berinteraksi dengan orang lain. Tidak ada salahnya untuk mengajak ia berbicara, tersenyum, atau tertawa bersama.

0,0
24 Sep 2021|Atifa Adlina
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
perkembangan bayi 1 bulanPada perkembangan bayi 1 bulan ia sudah belajar beradaptasi dengan lingkungan
Perkembangan bayi sudah dimulai sejak ia baru lahir. Maka dari itu, orangtua perlu mempersiapkan diri untuk mengetahui perkembangannya dari minggu ke minggu atau sejak usia bayi 1 bulan. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai tahapan perkembangan bayi 1 bulan.

Tahapan perkembangan bayi baru lahir hingga usia 1 bulan

Perkembangan bayi dari minggu ke minggu umumnya terjadi begitu cepat karena bayi baru lahir belajar untuk beradaptasi.Namun, tak jarang sebagian orangtua merasa bingung, khawatir, serta bertanya-tanya dengan perilaku si kecil.

Mengutip dari Pregnancy, Birth, and Baby, kebiasaan seperti tidur, menyusui, serta pelukan adalah hal yang sangat penting bagi perkembangan bayi usia 0-1 bulan. Berikut adalah penjelasannya. Apa yang sudah bisa dilakukan bayi umur seminggu?

Beradaptasi dengan lingkungan baru adalah inti dari perkembangan bayi baru lahir. Apalagi, suasana di dalam rahim dengan dunia luar cukup berbeda.Umumnya, aktivitas bayi baru lahir adalah tidur sepanjang waktu, bangun setiap beberapa jam untuk menyusu, serta belum bisa tidur sepanjang malam.Namun, apabila tidurnya begitu nyenyak sebaiknya Anda berusaha membangunkannya untuk mencegah dehidrasi dan kulit yang menjadi kuning.Selain itu, berikut adalah beberapa aktivitas bayi baru lahir yang termasuk ke dalam perkembangan bayi 1 minggu, di antaranya adalah:
  • Belajar mendengar, mencium, dan merasakan lingkungan sekitar.
  • Refleks terkejut saat tidur.
  • Tangan menggenggam.
  • Masih sulit membuka mata secara penuh.
  • Menangis karena lapar, buang air besar atau kecil, kepanasan, serta kedinginan.

Apa yang sudah bisa dilakukan bayi umur 2 minggu?

Pada perkembangan bayi usia 2 minggu, kemungkinan ia akan mengalami percepatan pertumbuhan (growth spurt) yang pertama kali.Maka dari itu, Anda jangan heran saat ia lebih lapar dari sebelumnya. Apalagi, berat badannya juga akan kembali seperti saat ia baru lahir.Tak hanya itu saja, kebiasaannya pun masih sama, seperti menyusu, tidur, serta buang air besar dan kecil.Selain itu, berikut adalah beberapa hal yang umumnya sudah bisa dilakukan bayi usia 2 minggu:
  • Tidur sekitar 16 – 20 jam.
  • Mulai mencoba mengangkat dan menggerakkan kepala.
  • Mencoba melakukan kontak mata.
  • Mengenali suara. Maka, sebaiknya orangtua sering mengajak berbicara.
  • Berkedip, sebagai tanda refleks saat melihat cahaya.
Walaupun ia sudah mulai beradaptasi dengan lingkungan sekitar, kemungkinan besar bayi masih lebih sering tertidur. Pada perkembangan bayi 2 minggu ini Anda pun sudah bisa menggunakan gendongan karena tubuh yang lebih kuat.

Apa yang sudah bisa dilakukan bayi umur 3 minggu?

Kemungkinan besar, bayi usia 3 minggu sudah bisa melakukan banyak hal karena ini menjadi awal perkembangan yang lebih besar bagi si Kecil. Di usianya kini, bayi menjadi lebih waspada dan cukup aktif.Selain itu, pertumbuhannya kemungkinan akan terlihat lebih signifikan. Sebagai contoh, berat badan bertambah sekitar 20–30 gram serta tinggi yang juga bertambah sekitar 4,5 – 5 cm.Tak hanya itu saja. Berikut adalah beberapa hal yang sudah bisa dilakukan bayi di usia 3 minggu:
  • Mulai berusaha untuk mengangkat kepala ke atas, terutama saat melakukan tummy time.
  • Semakin sering mengubah posisi kepala ke kiri dan kanan.
  • Memperhatikan dan memberi respon terhadap ekspresi wajah orangtua.
  • Mendengarkan percakapan di sekitar.
Sejak baru lahir hingga usia 3 minggu, menangis adalah cara si kecil berkomunikasi. Namun, orangtua juga perlu memperhatikan apakah ia sedang mengalami kolik.Ketika bayi mengalami kolik, ia akan memperlihatkan kerewelan serta tangisan yang lebih lama dari biasanya serta tanpa alasan yang jelas.

Apa yang bayi umur 1 bulan sudah bisa lakukan?

Setiap bayi mempunyai cara tersendiri dalam perkembangannya sehingga tidak bisa disamaratakan.Akan tetapi, ada pula beberapa aspek perkembangan yang bisa menjadi acuan orangtua di usia bayi 1 bulan.Sebagai contoh, umumnya bayi baru lahir kehilangan berat badan. Seiring berjalannya waktu, rata-rata bayi usia 1 bulan bertambah berat badannya dalam kisaran 1 kilogram dari berat badan lahirnya.Begitu juga dengan pergerakan bayi, yaitu karena adanya refleks seperti mengisap, menelan, mencari susu, meluruskan kaki, serta menggenggam sesuatu.

Kemampuan motorik bayi umur 1 bulan

  • Gerakan refleks semakin kuat.
  • Mengepalkan tangan dengan erat.
  • Kepala menoleh ke arah kanan dan kiri.
  • Menyentak atau mendorong kaki.
  • Membawa tangan ke area mata dan mulut.

Kemampuan komunikasi dan bahasa bayi umur 1 bulan

  • Mulai mengenali adanya suara di sekitar.
  • Pendengaran sudah mulai matang.
  • Mata belum fokus secara sempurna, tapi sudah dapat mengikuti gerak benda.
  • Menangis sebagai tanda menginginkan sesuatu.

Kemampuan sosial dan emosional bayi umur 1 bulan

  • Merespon yang dikatakan orangtua.
  • Sudah bisa tersenyum dan mengernyitkan dahi.
Menarik, bukan, melihat proses tumbuh kembang si Kecil dari minggu ke minggu? Nah, untuk bantu merangsang perkembangan bayi di usia 0–1 bulan, orangtua juga perlu menghabiskan waktu sebanyak mungkin dengannya.Mengajaknya berbicara, tersenyum, atau tertawa bersama dapat membuat bayi merasa aman sekaligus menambah ikatan. Coba juga untuk bernyanyi atau menceritakan sesuatu untuk membantu merangsang indera.Apabila Anda ingin tahu lebih banyak mengenai perkembangan bayi lainnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi Kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App store dan Google Play.
bayi & menyusuitumbuh kembang bayibayibayi baru lahir
Pregnancy, Birth, and Baby. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/babys-growth-and-development-1-month-old. Diakses pada September 2021Raising Children. https://raisingchildren.net.au/newborns/development/development-tracker/1-2-months. Diakses pada September 2021Raising Children. https://raisingchildren.net.au/pregnancy/labour-birth/first-week-of-life/newborns-first-week.  Diakses pada September 2021Healthy Children. https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/Pages/Developmental-Milestones-1-Month.aspx. Diakses pada September 2021What to Expect. https://www.whattoexpect.com/first-year/month-by-month/week-3.aspx. Diakses pada September 2021What to Expect. https://www.whattoexpect.com/first-year/month-by-month/week-2.aspx. Diakses pada September 2021Riley Children’s Health. https://www.rileychildrens.org/health-info/growth-development-2-weeks. Diakses pada September 2021Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/your-2-week-old-baby-development-and-milestones-4169757. Diakses pada September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait