Bagaimana Perkembangan Anak Usia 2 Tahun yang Ideal?

Kemampuan berbicara anak usia 2 tahun biasanya sudah dapat menyebutkan nama benda dan nama anggota keluarga
Perkembangan anak usia 2 tahun meliputi kemampuan berbicara yang lebih baik

Momen perkembangan anak usia 2 tahun adalah masa anak sedang lucu-lucunya dan menggemaskan. Di usia ini, karakter anak mulai terbentuk dan berkembang menjadi dirinya sendiri.

Tak jarang, di usia ini, anak mulai kerap meniru kebiasaan orangtua mulai dari gerakan, cara berbicara, hobi dan lain-lain. Memasuki perkembangan anak usia 2 tahun, ada beberapa keterampilan si kecil yang harus diperhatikan orangtua.

Keterampilan Motorik

Dari segi keterampilan gerakan, dapat dilihat perkembangan anak usia 2 tahun seharusnya sudah dapat melakukan: menendang bola, berdiri, berjinjit, naik turun tangga sambil berpegangan, melempar bola atau bisa membawa mainan yang berukuran besar.

Secara alami, anak akan meningkatkan keterampilan motorik dengan bermain, berlari, memanjat, melompat dan lain-lain. Sebaiknya, Anda mendampingi si kecil untuk bermain di luar rumah untuk memaksimalkan keterampilan gerakan.

Kemampuan Berbicara

Selanjutnya, perkembangan anak usia 2 tahun yang ideal dapat dilihat dari kemampuan berbicara. Anak Anda seharusnya sudah bisa: menyebutkan nama benda, mengenali nama-nama anggota keluarga, mengucapkan 2-4 kata, atau melakukan perintah yang sederhana. Selain itu, pada usia 2 tahun anak juga umumnya sudah bisa menirukan ucapan orang lain. 

Akan tetapi, jika anak belum menguasai beberapa keterampilan tersebut tidak perlu khawatir. Karena umumnya kemampuan berbicara anak berbeda-beda. Selain itu, anak laki-laki cenderung mulai berbicara lebih lambat ketimbang anak perempuan. Yang dapat Anda lakukan adalah sering berbicara kepadanya, membacakan buku, atau menceritakan dongeng sebelum tidur.

Keterampilan Sosial/Emosional

Anak usia 2 tahun umumnya belum mengenal konsep berbagi. Jadi, jika anak usia 2 tahun tidak mau berbagi mainan, hal ini sangat normal.

Keterampilan sosial yang meliputi perkembangan anak usia 2 tahun, di antaranya: menunjukkan sikap kemandirian, senang bermain dengan anak lain, suka meniru orangtua, dan sudah bisa menolak jika tidak mau.

Tidak hanya itu, tantrum juga menjadi bagian dari perkembangan anak usia 2 tahun secara emosional. Pada usia ini, tantrum merupakan hal yang wajar terjadi sebagai bagian dari cara Si Buah Hati untuk mecoba menjadi lebih mandiri dan melihat sejauh mana batasan-batasan yang berlaku untuknya.

Keterampilan Belajar/Berpikir

Melatih perkembangan anak usia 2 tahun dari segi keterampilan berpikir atau belajar bisa dilihat dari berbagai kegiatan atau aktivitas sehari-hari. Anak seharusnya sudah bisa mulai mengenal bentuk dan warna, menemukan benda-benda yang tersembunyi, melengkapi kalimat atau frasa sederhana, dan mampu melakukan dua instruksi dalam waktu hampir bersamaan. Misalnya, “Minum susu dulu, nanti adik boleh bermain lagi”.

Meningkatnya keterampilan bahasa anak dapat dilihat dari perbendaharaan kosa kata yang semakin banyak dan anak sudah mulai mampu memecahkan masalah sendiri. Anak juga mulai memahami konsep waktu, misalnya, “Ibu akan membacakan buku cerita, setelah kita menyikat gigi ya..”

Keterampilan berhitung juga mulai berkembang, mulailah untuk memperkenalkan angka 1-5 terlebih dahulu, kemudian 6-10.

Apakah anak Anda sudah menunjukkan tanda-tanda perkembangan anak usia 2 tahun seperti di atas? Semoga si kecil dapat tumbuh berkembang secara optimal. 

WebMD. https://www.webmd.com/parenting/guide/child-at-2-milestones
Diakses pada November 2018

Parents. https://www.parents.com/toddlers-preschoolers/development/growth/developmental-milestones-age-two/
Diakses pada 20 Maret 2019

CDC. https://www.cdc.gov/ncbddd/actearly/milestones/milestones-2yr.html
Diakses pada 20 Maret 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed