logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Pria

Jenis Basic Skincare untuk Laki-Laki Beserta Tips Memilihnya

open-summary

Produk skincare dasar (basic) untuk laki-laki biasanya berupa pembersih, pelembap, serum, dan sunscreen. Ada baiknya pemakaian produk-produk tersebut disesuaikan dengan karakteristik kulit wajah agar manfaatnya terasa maksimal.


close-summary

12 Nov 2019

| Asni Harismi

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

skincare untuk laki-laki

Skincare untuk laki-laki umumnya terdiri dari pembersih, pelembap, toner, dan sunscreen

Table of Content

  • Tips menggunakan produk skincare untuk laki-laki
  • Catatan dari SehatQ

Merawat kulit tentu bukan lagi terbatas pada kegiatan kaum hawa. Para pria juga perlu melakukannya demi menjaga kesehatan kulit. Banyaknya produk skincare yang beredar di pasaran bisa jadi membuat Anda bingung. Akan tetapi, ada beberapa jenis basic skincare yang perlu digunakan oleh laki-laki.

Advertisement

Basic skincare untuk laki-laki agar kulit sehat

skincare untuk laki-laki
Produk skincare untuk laki-laki agar kulit cerah, bersih, dan sehat

Banyak pria hanya memiliki krim cukur sebagai satu-satunya produk perawatan kulit. Padahal, yang namanya kesehatan kulit tetap perlu diperhatikan, entah itu wanita ataupun pria.

Karakteristik kulit wajah pria dan wanita memiliki beberapa perbedaan. Kulit pria umumnya lebih tebal dan cenderung berminyak.

Akan tetapi, tak perlu terlalu terpaku pada label 'For Men'. Pasalnya, skincare biasanya dapat digunakan oleh siapa pun sesuai permasalahan kulit. Pasalnya, kandungan bahan aktifnya memang bisa untuk laki-laki ataupun perempuan.

Tak perlu sebanyak produk yang digunakan wanita, ada beberapa basic skincare yang wajib hukumnya buat para pria agar kulit senantiasa sehat.

1. Pembersih wajah

Pembersih wajah pria (facial wash) berfungsi untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk setelah seharian beraktivitas. Dengan begitu, wajah Anda akan senantiasa terlihat cerah dan segar.

Beberapa produk pembersih wajah pria bahkan tidak hanya bekerja untuk mengangkat debu dan kotoran pada kulit, tapi juga menutrisi kulit dengan berbagai kandungan nutrisi agar tetap sehat dan mengontrol minyak berlebih (oil control).

Gunakan produk sabun muka setiap kali Anda mandi sehabis melakukan aktivitas harian, terutama aktivitas di luar ruangan, agar kuliit kusam kembali bersinar. 

2. Pelembap wajah

Sesuai dengan namanya, pelembap wajah pria berfungsi untuk menjaga agar kulit Anda tetap lembap dan terhindar dari kekeringan yang diakibatkan oleh dehidrasi.

Kulit yang lembap dapat mencegah kerutan, kulit kering, dan bahkan mengelupas.

4. Sunscreen

skincare untuk laki-laki
Sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit pria dari sengatan sinar matahari

Basic skincare wajib untuk pria selanjutnya adalah krim tabir surya, alias sunscreen. Bahkan, produk satu ini bisa jadi produk praktis bagi Anda yang tidak mau repot.

Paparan sinar ultraviolet diketahui dapat berdampak buruk. Itu sebabnya, penting untuk menggunakan tabir surya saat keluar rumah.

Pilih sunscreen yang memiliki proteksi dari radiasi UVA dan UVB. Kadar SPF yang dimiliki biasanya menjadi penunjuk ketahanan produk dalam melindungi kulit dari radiasi UVB. Sunscreen yang direkomendasikan, setidaknya memiliki kadar SPF minimal 30 untuk semua tipe kulit.

Jika berhasil menemukan sunscreen yang sekaligus dapat melembapkan, Anda mungkin dapat melewati tahap pelembap. Jadi, tak perlu banyak produk yang digunakan.

Baca Juga

  • Dari Tebal hingga Bulat, Bagaimana Bentuk Bibir Ideal yang Disukai Orang?
  • Manfaat Lulur Alami dan Cara Membuatnya Sendiri di Rumah
  • Cara Membuat Wajah Glowing yang Murah dan Mudah Dilakukan

Perhatikan hal ini dalam memilih produk skincare untuk laki-laki

Sebelum memilih produk perawatan wajah pria yang tepat, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Pertama, Anda harus mengenali jenis kulit Anda sendiri. Beda jenis kulit, maka beda juga jenis produk yang Anda butuhkan.

Kedua, kenali etnis Anda karena terdapat perbedaan karakteristik kulit wajah pada setiap etnis. Orang Asia, misalnya, lebih rentan mengalami perubahan warna kulit (menghitam) sehingga ada baiknya Anda juga memilih pelembap wajah pria yang mengandung pemutih yang aman.

Tahukah Anda bahwa kelenjar minyak pada pria lebih banyak daripada wanita? Sebuah penelitian telah membuktikan hal tersebut, jadi tidak heran jika wajah pria lebih sering berjerawat, berminyak, dan berpori-pori besar. Dengan demikian, para pria diharapkan untuk tidak malas membersihkan wajah.

Tips menggunakan produk skincare untuk laki-laki

skincare untuk laki-laki
Baca kandungan skincare untuk laki-laki terlebih dahulu sebelum menggunakannya

Untuk menjaga kulit wajah pria tetap sehat, berikut tips penggunaan produk perawatan wajah pria yang disarankan oleh para dermatologis:

  • Baca kandungan produk dengan saksama. Jika Anda memiliki masalah jerawat, pilih pembersih dan pelembap wajah pria yang tidak mengandung minyak atau menyumbat pori-pori. Jika kulit Anda sensitif, pilih produk tanpa pewangi dan formulanya lembut.
  • Cuci wajah Anda setiap hari dan setelah beraktivitas.
  • Jangan gunakan produk yang bukan untuk wajah (misalnya sabun badan) karena bisa membuat kulit wajah Anda menjadi kering.
  • Perhatikan teknik mencukur Anda. Jika Anda sering mengalami luka akibat bercukur, pilih alat cukur dengan mata pisau tunggal atau ganda dan jangan menarik kulit wajah ketika bercukur. Gunakan produk berupa krim cukur dan ganti pisau cukur setelah 5-7 kali dipakai untuk meminimalisir iritasi.
  • Gunakan pelembap wajah pria setiap hari sehabis mandi atau mencuci muka.
  • Gunakan tabir surya setiap Anda keluar rumah dengan SPF 30 atau lebih.

Catatan dari SehatQ

Ingat, tidak ada produk perawatan wajah pria yang cocok bagi semua orang. Anda pun tidak jarang harus bereksperimen sebelum menemukan produk yang tepat bagi kulit Anda.

Tidak ada salahnya memeriksakan kondisi kesehatan kulit Anda dengan sesekali ke dokter kulit. Apalagi jika Anda memiliki masalah pada kulit wajah, seperti jerawat, gatal, kemerahan, maupun benjolan yang berdarah karena itu mungkin menandakan masalah kulit yang harus segera ditangani.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar produk skincare untuk laki-laki beserta tips memilih dan menggunakannya, Anda bisa hubungi dokter secara langsung dari smartphone melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.

Download aplikasi SehatQ sekarang juga di App Store dan Google Play

Advertisement

perawatan kulitperawatan wajahkesehatan pria

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved