Perhatikan Hal Ini Sebelum Memilih Produk Perawatan Wajah Pria

Perawatan wajah pria tidak hanya dilakukan dengan cuci muka saja
Perawatan wajah pria tidak hanya sebatas mencuci muka saja

Produk perawatan wajah pria yang beredar di pasaran memang tidak sebanyak produk kecantikan bagi wanita, tapi bukan berarti merawat diri itu tidak penting bagi kaum adam. Bahkan, para dokter kulit alias dermatologis mengeluarkan rekomendasi pemilihan produk pembersih maupun pelembap wajah pria yang aman digunakan.

Ketika bicara soal produk perawatan wajah, pria biasanya memilih produk yang sederhana dan praktis sesuai fungsinya. Namun, tidak sedikit pula pria masa kini yang lebih menyadari pentingnya memiliki kulit wajah yang sehat, awet muda, dan bahkan glowing sehingga enak dilihat dan meningkatkan kepercayaan diri mereka.

Karakteristik kulit wajah pria dan wanita memang memiliki beberapa perbedaan, salah satu yang paling mendasar adalah kulit wajah pria biasanya lebih tebal dan berminyak. Tetapi, Anda dapat menggunakan produk apa pun, bahkan yang berlabel khusus wanita, karena efektif atau tidaknya produk tersebut ditentukan oleh komposisi bahan yang diperlukan kulit Anda.

Perhatikan hal ini dalam memilih produk perawatan wajah pria

Sebelum memilih produk perawatan wajah pria yang tepat, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Pertama, Anda harus mengenali jenis kulit Anda sendiri. Beda jenis kulit, maka beda juga jenis produk yang Anda butuhkan.

Secara garis besar, jenis kulit pria dikelompokkan menjadi lima jenis, yakni:

  • Kulit sensitif: ditandai dengan sering merasa perih atau terbakar ketika menggunakan produk tertentu.
  • Kulit normal: biasanya tidak tampak berminyak, tidak terlalu kering, dan tidak gampang iritasi.
  • Kulit kering: kulit wajah teraba kasar, gatal, mengelupas, dan mungkin bersisik.
  • Kulit berminyak: mengkilap dan seperti ada minyak di wajah, terutama pada daerah T, yaitu dahi, hidung, dan dagu.
  • Kulit kombinasi: berminyak di area tertentu, tapi teraba kasar dan kering di area yang lain.

Kedua, kenali etnis Anda karena terdapat perbedaan karakteristik kulit wajah pada setiap etnis. Orang Asia, misalnya, lebih rentan mengalami perubahan warna kulit (menghitam) sehingga ada baiknya Anda juga memilih pelembap wajah pria yang mengandung pemutih yang aman.

Tahukah Anda bahwa kelenjar minyak pada pria lebih banyak daripada wanita? Sebuah penelitian telah membuktikan hal tersebut, jadi tidak heran jika wajah pria lebih sering berjerawat, berminyak, dan berpori-pori besar. Dengan demikian, para pria diharapkan untuk tidak malas membersihkan wajah.

Jenis perawatan wajah pria yang dapat Anda lakukan

Jangan jadikan krim cukur sebagai satu-satunya senjata Anda dalam merawat diri. Sebaiknya, lengkapi juga skin care Anda dengan tiga produk rekomendasi dari para dermatologis, yakni:

  • Pembersih wajah pria untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk setelah seharian beraktivitas.
  • Serum atau vitamin wajah untuk menghilangkan efek polusi, paparan asap rokok, maupun sinar ultraviolet.
  • Pelembap wajah pria yang dilengkapi dengan tabir surya SPF 30 untuk mencegah kulit kering sekaligus melindungi kulit dari radikal bebas yang menyebabkan kerusakan kulit.

Untuk menjaga kulit wajah pria tetap sehat, berikut tips penggunaan produk perawatan wajah pria yang disarankan oleh para dermatologis:

  • Baca kandungan produk dengan seksama. Jika Anda memiliki wajah berjerawat, pilih pembersih dan pelembab wajah pria yang tidak mengandung minyak atau menyumbat pori-pori. Jika kulit Anda sensitif, pilih produk tanpa pewangi dan formulanya lembut.
  • Cuci wajah Anda setiap hari dan setelah beraktivitas.
  • Jangan gunakan produk yang bukan untuk wajah (misalnya sabun badan) karena bisa membuat kulit wajah Anda menjadi kering.
  • Perhatikan teknik mencukur Anda. Jika Anda sering mengalami luka akibat bercukur, pilih alat cukur dengan mata pisau tunggal atau ganda dan jangan menarik kulit wajah ketika bercukur. Gunakan produk perawatan wajah berupa krim cukur dan ganti pisau cukur setelah 5-7 kali dipakai untuk meminimalisir iritasi.
  • Gunakan pelembap wajah pria setiap hari sehabis mandi atau mencuci muka.
  • Gunakan tabir surya setiap Anda keluar rumah dengan SPF 30 atau lebih.

Ingat, tidak ada produk perawatan wajah pria yang cocok bagi semua orang. Anda pun tidak jarang harus bereksperimen sebelum menemukan produk yang tepat bagi kulit Anda.

Tidak ada salahnya memeriksakan kondisi kesehatan kulit Anda dengan sesekali ke dokter kulit. Apalagi jika Anda memiliki masalah pada kulit wajah, seperti jerawat, gatal, kemerahan, maupun benjolan yang berdarah karena itu mungkin menandakan masalah kulit yang harus segera ditangani.

American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/skin-care-basics/skin-care-for-men
Diakses pada 11 November 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/male-skin-care-guide
Diakses pada 11 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed